Museum Angkut, destinasi wisata museum modern di Batu Malang - WisataHits
wisatahits

Museum Angkut, destinasi wisata museum modern di Batu Malang

Museum Angkut menawarkan hiburan berberbeda dari bulat lainnya di kota Batu Malang. Museum transportasi dengan berbagai koleksi jenis kendaraan dari seluruh dunia dari waktu ke waktu.

Harga tiket: Rp100.000, Jam operasional: 12.00–20.00 WIB, Alamat: Jl.Kanal Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Ketika Anda memutuskan untuk berlibur ke Malang, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak datang ke Kota Batu. Kota Batu mana yang sangat terkenal dengan kawasan wisatanya yang murah dan tiada tara. Salah satu kunjungan yang paling terkenal adalah museum transportasi, di mana Anda akan menemukan berbagai hal menarik jika Anda memasuki destinasi wisata ini.

Museum transportasi sendiri merupakan salah satu museum transportasi modern pertama di Indonesia. Museum itu sendiri mengandung unsur seni dan budaya sekaligus mengusung konsep edukasi dan hiburan bagi pengunjung. Dibuka pada tahun 2014, museum ini rupanya menarik banyak perhatian wisatawan setiap tahunnya.

Bagaimana bisa? Destinasi wisata ini mengusung konsep yang cukup mengagumkan karena wisata ini juga tercatat sebagai museum transportasi pertama di Asia. Anda dan keluarga akan menemukan banyak alat transportasi di dalam dan luar negeri yang tidak akan Anda temukan dimanapun.

Atraksi Wisata Museum Angkut Wisata

Atraksi Museum TransportasiKredit gambar: Google Maps pratomowindu

Adanya daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh destinasi wisata museum ini yang pada akhirnya membuat wisatawan dari luar kota berbondong-bondong untuk mengikuti wisata tersebut. Sebab, daya tarik yang dimiliki destinasi wisata ini tidak terdapat di sirkuit lain. Untuk itu, berikut gambaran daya tarik kunjungan museum pada transportasi:

1. Ada banyak moda transportasi

Seperti namanya, musim ini memiliki banyak moda transportasi dengan koleksi lebih dari 300. Moda transportasinya sendiri juga cukup unik karena ada yang tradisional dan ada juga yang modern, semua dipadupadankan dengan musim. . bangunan dunia yang eksotis seperti Eropa dan Amerika.

2. Adanya daerah Sunda Kelapa dan juga Batavia

Museum transportasi ini memiliki kawasan yang cukup unik dan salah satunya adalah kawasan Sunda Kelapa dan juga Batavia. Kawasan ini sendiri memang sengaja didesain semenarik mungkin dengan era Sunda Kelapa dan Batavia, agar pengunjung bisa merasakan nuansanya.

Dan yang pasti pengunjung ketika datang kesana akan mengetahui ilmunya. Tentang bagaimana proses perkembangan Sunda Kelapa dan Batavia dari masa ke masa.

3. Ada zona Uni Eropa

Daya tarik selanjutnya adalah di kawasan Uni Eropa yang didesain dari 4 negara besar yaitu Jerman, Italia, Perancis dan juga Inggris. Ada yang unik dari kawasan ini karena banyaknya koleksi mobil-mobil vintage yang diproduksi di Inggris.

Tentunya pengunjung bisa melihat mobil-mobil vintage dengan nilai sejarah yang katanya juga pernah digunakan oleh Ratu Elizabeth II. Lalu ada juga land rover yang merupakan mobil parade Ratu Elizabeth II saat berada di Australia.

4. Ada Gangster dan Zona Broadway

Untuk sekuelnya, sebuah kawasan didesain sesuai dengan suasana kota Chicago pada tahun 1920-an, saat itu ada seorang gangster yang sangat terkenal bernama Al Capone. Pengunjung akan mengikuti jejak milik gangster, bahkan pengunjung bisa merasakan sensasi berada di kota asli Chicago.

5. Ada Zona Hollywood

Bagi sebagian orang yang masih bayi film Hollywood, tidak perlu jauh-jauh ke Amerika. Sebab, di museum transportasi ini, Anda bisa merasakan sensasi tiba langsung di tanah air.

Di kawasan ini Anda bisa menemukan banyak replika kendaraan yang sering digunakan di box office Hollywood. Misalnya seperti mobil yang digunakan Batman atau mobil yang digunakan di film Scooby Doo.

Alamat, rute dan harga tiket Museum Angkut

Alamat Museum AngkutKredit Gambar: Google Maps Lili Lie

Destinasi museum ini memiliki alamat yang terletak di Jalan Sultan Agung nomor 2, Ngaglik. Yang selalu termasuk dalam Jatim Park Group Tour. Untuk bisa datang ke destinasi wisata tersebut, rute yang ditempuh cukup mudah, karena kendaraan roda dua atau empat bisa masuk ke kawasan wisata tersebut.

Jika Anda datang dari arah Surabaya, untuk bisa datang ke museum angkut ini dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 30. Tapi mungkin butuh waktu lebih lama jika terjadi kemacetan lalu lintas. Untuk itu, Anda harus bisa memilih hari untuk bisa datang dan mengunjungi objek wisata museum di Kota Batu, Jawa Timur.

Bagi anda yang menggunakan angkutan umum dari Malang, anda dapat mengambil rute dari stasiun Malang, kemudian anda perlu naik angkutan umum dan turun di Terminal Landungsari. Kemudian Anda harus naik bus yang menuju ke Jombang, setelah itu Anda bisa turun di museum Angkut.

Karena harga tiket masuk ke destinasi wisata ini sendiri akan berbeda pada hari biasa dan akhir pekan. Dari Senin hingga Kamis, tarif tiketnya sekitar Rp 70.000, sedangkan dari Jumat hingga Sabtu tarifnya Rp 100.000.

Namun, karena daya tarik museum ini adalah koleksinya. Kemudian pengunjung yang membawa handycam, DSLR, Polaroid, kamera digital, dll. akan dikenakan biaya tambahan. Harganya Rp 30.000 per kamera.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Museum Angkut

Kegiatan Museum TransportasiKredit gambar: Twitter Ibnu

1. Masuk ke kabin VIP pesawat kepresidenan

Museum Angkut menawarkan pengunjung kesempatan untuk melihat seperti apa dari kabin VIP yang sering digunakan oleh Presiden. Meski pesawat tersebut merupakan replika, namun kabin VIP runway 27 didesain agar terlihat seperti aslinya.

Tidak hanya duduk santai di kursi kabin, tapi Anda bisa masuk ke kokpit yang merupakan ruang kemudi. Di sana Anda bisa melihat bagaimana rasanya menjadi pilot.

2. Berkendara dengan pahlawan super

Bagaimana rasanya berada di belakang kemudi Batmobile yang sering digunakan untuk ngebut? Museum ini sendiri menyediakan teknologi VR sehingga pengunjung dapat merasakan bagaimana mengendarai mobil yang digunakan Batman untuk memburu musuhnya.

Anda harus memakai kacamata khusus terlebih dahulu sebelum merasakan serunya mengendarai Batmobile. Setiap kali Anda menabrak sesuatu, Anda merasakan kejutan di dalam mobil.

3. Jalan-jalan di Chinatown dan juga Batavia

Budaya negara Tionghoa sudah melekat di Nusantara sejak lama, sehingga tidak heran jika Museum Angkut juga memiliki kawasan khusus Pecinan. Pengunjung akan dapat berjalan-jalan melalui jalan-jalan kecil yang dihiasi dengan lampion merah khas China. Sehingga memberikan nuansa klasik bagi siapa saja yang datang ke sini.

Dari kawasan Pecinan, Anda bisa langsung berpetualang ke Batavia yang dulunya adalah Jakarta. Stasiun kereta api kota yang menjadi penerima pertama memasuki kawasan Batavia. Dan di sana Anda bisa melihat replika kereta uap hitam di masa lalu.

4. Bernyanyi dan menari dengan pahlawan super

Di museum modern ini, superhero tidak hanya bisa melawan penjahat tapi juga menyelamatkan manusia seperti di film. Namun, mereka memiliki kemampuan lain, yaitu menari dan menyanyi bersama pengunjung Museum Angkut.

Jika Anda datang ke area Broadway pada pukul 16.30, di situlah Anda akan menemukan berbagai superhero dari Superman Spider-man, Batman dan superhero lainnya menari mengikuti irama musik. Tentu saja, Anda akan menemukan kesurupan yang menarik jika Anda datang ke sini.

5. Tonton acara pemetaan 3D

Salah satu aktivitas seru yang bisa Anda nikmati adalah menonton tayangan pemetaan 3D. Jika ingin menonton pertunjukan ini, Anda harus berada di Museum Angkut hingga malam hari. Karena pertunjukan ini akan berlangsung pada pukul 19:45 WIB.

Dimana bangunan museum akan menampilkan gambar 3 dimensi yang sesuai dengan tema yang akan ditampilkan. Tentunya menikmati malam di musim foto ini pasti akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan saat Anda berlibur.

6. Bisa mengenal budaya nusantara lewat koleksi topeng

Jika puas melihat berbagai jenis kendaraan khas negara Indonesia bahkan dari luar negeri. Maka sudah saatnya Anda mengenali betapa pentingnya budaya nusantara melalui koleksi ratusan topeng dari Sabang hingga Merauke.

Jika penasaran dengan koleksi topengnya, Anda bisa masuk ke Museum Pusaka Indonesia. Yang pasti akan memukau Anda dengan keunikan topeng yang terpahat sempurna. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang sangat menyukai seni dan budaya.

Namun, di tempat ini tidak hanya topeng saja yang bisa dilihat, namun ada beberapa koleksi lain yang dikumpulkan dari berbagai daerah di Indonesia. Dan jangan lupa untuk membaca deskripsi untuk mengetahui asal usul daerah tersebut dan sejarahnya.

Fasilitas yang tersedia di Museum Angkut Batu Malang

Fasilitas Museum TransportasiKredit gambar: Google Maps Putri Hapsari

Museum Angkut tentunya memiliki fasilitas yang sangat lengkap karena merupakan destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Dimana hal tersebut juga akan mengedepankan kenyamanan wisatawan yang datang.

Ada tempat parkir yang sangat luas di dekat area pintu masuk. Sehingga pengunjung bisa leluasa mencari tempat parkir untuk kendaraan pribadi. Lalu ada juga tempat makan di area pasar terapung atau foodcourt. Di mana Anda dapat menikmati makanan lezat yang pasti akan memanjakan lidah Anda.

Selain itu, terdapat fasilitas umum seperti toilet, ATM center, dan lift untuk memudahkan pengunjung bersantai di museum satwa ini. Bahkan ada shuttle yang bisa disewa jika Anda bosan berkeliaran di sekitar museum hewan.

Kemudian, di museum hewan ini juga terdapat mushola yang sangat bersih. Dengan demikian, pengunjung muslim tetap bisa beribadah dengan nyaman dan aman saat berekreasi.

Nah, itulah sekilas informasi yang bisa diberikan kepada anda tentang Museum Angkut, tempat wisata modern di kota Batu. Pastikan untuk memasukkan destinasi wisata ini ke dalam itinerary dan rasakan keseruannya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button