Teknologi dan kesadaran masyarakat mendorong peningkatan kawasan pariwisata Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

Teknologi dan kesadaran masyarakat mendorong peningkatan kawasan pariwisata Jawa Timur

Teknologi dan kesadaran masyarakat mendorong peningkatan kawasan pariwisata Jawa Timur

Surabaya (beritajatim.com) – Himpunan Mahasiswa Pariwisata Fakultas Vokasi (Himapar) Universitas Airlangga (Unair) menggelar seminar nasional bertajuk “How To Build Smart Tourism In Era 5.0” di Aula Cendrawasih Universitas Airlangga, Surabaya, Sabtu (26/11/2022). ). menjauh.

Pada kesempatan tersebut hadir sejumlah narasumber diantaranya Kepala Destinasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Susiati, Dosen Unair Yuniawan Heru Santoso dan Tourism Content Creator Ilham Fitriyanto.

Susiati mengungkapkan dalam pemaparannya bahwa hal ini terkait dengan peningkatan kawasan wisata, termasuk desa wisata di Jawa Timur. Menurutnya, peningkatan kawasan wisata salah satunya terbantu dengan kemajuan teknologi saat ini.

“Peningkatan ini didasari oleh kemajuan era digital dan juga keinginan masyarakat desa wisata untuk lebih berkembang lagi,” kata Susiati.

Sementara itu, Yuniawan menjelaskan, Big Data IoT, AI dan robotika dibutuhkan untuk mendekati Society 5.0. Di sana, Yuniawan menyampaikan bahwa smartization merupakan konsep smart tourism city yang muncul dari perpaduan antara smart city dan smart tourism.

“Bagian dari segalanya adalah teknologi cerdas, yang menjadi dasar dari Society 5.0. Untuk menuju society 5.0, dibutuhkan big data, IoT, AI dan robotika,” jelasnya.

Sementara itu, Ilham Fitriyanto mengatakan, aplikasi digital berdampak pada suatu destinasi perjalanan atau objek wisata di Indonesia.

“Ada pengaruh aplikasi digital untuk tujuan perjalanan atau objek wisata di Indonesia, khususnya di Jawa Timur,” ujarnya. [ipl/beq]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button