Ganjar Temui 45 Kepala Desa NTB Bahas Pengembangan Program Kampung Kembar - WisataHits
Jawa Tengah

Ganjar Temui 45 Kepala Desa NTB Bahas Pengembangan Program Kampung Kembar

jakarta

Sebanyak 45 kepala desa, lurah, dan camat Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Puri Gedeh, Semarang, Kamis malam (01/08). Pertemuan tersebut membahas program studi banding yang dilakukan oleh 45 kepala desa di Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah.

“Ini Kantor Permades Kabupaten Dompu, NTB, Kepala Desa dan Camat. Mereka masih bersekolah di desa Ponggok, Klaten. Banyak hal yang ingin mereka pelajari bersama, terutama tentang tata kelola, dana desa yang transparan, akuntabel dan bermanfaat,” kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/3/2022).

Desa Ponggok dikenal sebagai salah satu desa yang dulunya merupakan salah satu desa terkaya di Indonesia. Desa ini juga memaksimalkan potensi desa sehingga berkembang dari desa berpenghasilan rendah menjadi desa berpenghasilan sangat tinggi.

Selain itu, Ganjar mengatakan pencapaian ini tidak lepas dari pemanfaatan ruang iklan digital. Oleh karena itu, Ganjar menghimbau kepada masyarakat untuk mengkaji program desa guna mengoptimalkan potensi desa, pengelolaan keuangan dan inovasi yang akan dilakukan oleh masing-masing kepala daerah. Menurutnya, hal ini penting untuk menarik wisatawan ke daerah tersebut.

“Kita punya masalah dengan lingkungan, dan sangat penting untuk mempromosikan desa wisata di dunia digital,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Ganjar juga menawarkan program desa kembar di Klaten sehingga bisa menjadi program percontohan untuk diulangi di desa-desa di Dompu, NTB.

“Jadi saya menawarkan, mari kita pelajari apa yang saya sebut desa kembar. Jadi kita bisa belajar tentang desa wisata, pengelolaan keuangan dan inovasi. Dengan cara ini, kami berharap dapat maju bersama,” kata Ganjar.

Di sisi lain, Saifuddin Zuhri, salah satu Kepala Desa Calabai, Kecamatan Petak, Kabupaten Dompu, mengatakan banyak kesamaan antara desa-desa di Jawa Tengah dan di Dompu. Oleh karena itu, program desa kembar Ganjar cocok untuk dikembangkan di wilayah tersebut.

“Hasil kajian kita di desa Ponggok juga akan sejalan dengan arahan gubernur, insya Allah kita jadikan prioritas. Karena banyak kesamaan karakter desa, maka desa kembar ini bisa menjadi solusi yang bisa kita kembangkan di Dompu,” pungkas Zuhri.

Tonton video “Banyubiru Jadi Desa Percontohan Anti Korupsi, Ganjar: 7.808 Jawa Tengah akan menyusul”.
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button