Tiket dan Wahana COBAN RAIS - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Wahana COBAN RAIS

Harga tiket masuk Coban Rais : Rp 12.500 Jam Buka : 08:00 – 15:30 No. Telepon: – Alamat: Lkr Line. Batang. No.8, Oro-Oro Ombo, Batu, Batu, Jawa Timur, Indonesia, 65316

Coba Rais identik dengan air terjun yang jatuh dari sisi bongkahan bebatuan hingga setinggi 70 meter. Air terjun ini berada di lereng Gunung Panderman dengan ketinggian sekitar 1.150 mdpl. Terletak di desa Oro-oro Ombo, kota Batu, sekitar 25 km dari kota Malang.

Air terjun ini menawarkan panorama pegunungan dan udara segar alami. Dahulu tempat ini bernama Coban Sabragan yang artinya jika ingin menuju air terjun ini harus melewati 14 sungai. Wisata ini telah berkembang dan dilengkapi dengan berbagai wahana seru dan menarik.

Harga Tiket Masuk Coban Rais

Untuk memasuki kawasan wisata air terjun, pengunjung perlu membayar tiket. Harga tiketnya relatif murah dan masih terjangkau.

Harga Tiket Masuk Coban Rais
Tiket masuk Rp 12.500

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Coban Putri Batu

Jam buka Coban Rais

Kawasan wisata air terjun ini dibuka untuk umum setiap hari. Dari pagi hingga malam. Tidak ada perbedaan jam buka antara hari kerja dan akhir pekan.

Waktu operasional
Senin minggu 08.00 – 15.30

Aktivitas dan wahana

Air Terjun Coban RaisCoban Rais bisa menjadi pilihan wisata alam bagi penyuka wisata air terjun. Foto: Google Maps/Tintonadi Nugroho

Coban Rais yang sejak awal terkenal dengan aksi akrobatnya kini semakin berkembang. Wisatawan seolah selalu menyerbu kawasan ekowisata kota Batu.

Tidak hanya menawarkan air terjun yang eksotis, tetapi juga spotnya instagrammable. Banyaknya tempat yang keren dan unik membuat tempat wisata ini sangat diminati oleh para wisatawan. Lebih dari 35 spot foto bisa dinikmati dengan keunikannya masing-masing.

Baca: Tiket Masuk Coban Talun dan Wana Wisata

Berbagai atraksi menarik juga tersedia. Seperti Sepeda Terbang, Flying Fox, Hammock Tower, Batu Flower Garden dan masih banyak lagi. Setiap lokasi memiliki pemandangan alam yang indah sebagai latar belakang.

Perjalanan santai ke air terjun

Perjalanan santai di wilayah Coban RaisObyek wisata Coban Rais menawarkan berbagai macam kegiatan termasuk jalan-jalan santai di sekitar air terjun. Foto: Google Maps/Arjono PTA

Untuk menuju lokasi Air Terjun Coban Rais, wisatawan harus terlebih dahulu mengikuti jalur trekking. Akses cukup sulit, cocok untuk wisatawan petualang. Dari loket masuk, jaraknya sekitar 1 jam menyusuri perbukitan dan sungai.

Kondisi alamnya masih asri dengan udara yang benar-benar segar. Wisatawan juga melewati Batu Flower Garden yang dipenuhi taman bunga dan berbagai spot foto. Monyet liar sering muncul menempel di dahan pohon.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Taman Selecta Malang

Semak rimbun dan keindahan lanskap pegunungan dipamerkan selama perjalanan. Suara nyaring burung hutan dan serangga memberikan efek relaksasi bagi wisatawan. Mendekati titik zona objek wisata, suara gemericik air terjun sudah terdengar dari jauh.

Menikmati keindahan air terjun

keindahan air terjun Coban PutriDi sekitar Coban Rais, wisatawan juga bisa menikmati keindahan Coban Putri. Foto: Google Maps/Ika Widjaja

Di sebelah kiri jalan menuju air terjun terdapat sebuah bukit yaitu Bukit Gumuk. Dari bukit ini wisatawan bisa menikmati pemandangan indah kota Malang dan sekitarnya. Bukit Gumuk berjarak sekitar 600 meter dari pintu masuk.

Sesampainya di tempat tujuan, wisatawan akan disambut oleh air terjun yang tingginya mencapai 20 meter. Air terjun ini berada di ketinggian sekitar 1.025 mdpl di lereng Gunung Panderman. Panorama alamnya yang indah membuat banyak wisatawan antre untuk berswafoto.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Coban Rondo Malang

Pesona air terjun Coban Rais

Panorama air terjun Coban Rais MalangCoban Rais merupakan wisata alam yang memiliki air terjun dari ketinggian 20 meter.
Foto: Instagram/novtianafisah

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Terletak di daerah perbukitan pada ketinggian kurang lebih 1025m dpl di lereng Gunung Panderman. Aliran airnya mengalir melewati perbukitan hijau yang sejuk.

Awalnya, coban ini bernama Coban Sabragan karena untuk sampai ke sini harus melewati 14 sungai. Udara di sekitar air terjun ini sejuk dan dingin.

bermain di air

Berada di dataran tinggi, air terjun Coban Rais memiliki suhu yang lebih sejuk. Wisatawan bisa berenang dan bermain air di kolam alami yang terbentuk dari air terjun.

Air terjun dengan curahan air yang besar ini sangat jernih namun airnya sangat dingin. Bagi wisatawan yang tidak tahan dengan hawa dingin, nikmati saja panorama sekitar dari pinggir kolam renang.

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan Labirin Coban Rondo

Tempat-tempat wisata tersebut ditujukan untuk kaum milenial yang belakangan ini menekuni hobi berbagi pengalaman berwisata melalui foto yang diunggah melalui media sosial. Tak heran, dalam sekejap kawasan wisata ini mulai digandrungi wisatawan.

Kebun Bunga Batu dan Bukit Bulu Coban Rais Malang

Kebun Bunga Batu Coban RaisKebun Bunga Batu Coban Rais. foto: instagram/batuflowergarden

Selain mengunjungi air terjun, di sini juga ada Bukit Bulu dan Batu Flower Garden. Lokasinya masih dalam kawasan ekowisata ini dengan jarak tempuh sekitar 30 menit dari tempat parkir dengan berjalan kaki.

Seperti namanya, Taman Bunga Batu merupakan sebuah taman yang dipenuhi dengan bunga-bunga indah berwarna-warni. Hal inilah yang menarik wisatawan untuk berfoto di taman ini.

Baca: Tiket dan Wahana Batu Flower Garden

Di sini banyak spot foto kekinian. Seperti wahana Bukit Bunga, Pinus, Swing, Love dan I Love U. Ada juga sepeda gantung, hammock dan masih banyak tempat menarik lainnya.

Tempat Foto Aku mencintaimu

Sejak awal tahun 2017, kawasan wisata ini mulai memuluskan dengan menciptakan beberapa tempat wisata yang ramah kamera. Daerah ini menampilkan serangkaian pemandangan yang agak romantis.

Salah satunya spot foto ‘I Love U’ yang menjadi ikon wisata Coban Rais. Lokasinya berada di atas lembah yang berdekatan dengan Taman Bukit Bulu. Selain romantis, wisatawan juga bisa menikmati sensasi menikmati segarnya udara pegunungan khas Bukit Bulu.

Tempat ini menjadi spot selfie favorit para wisatawan yang datang ke sini. Banyak wisatawan yang rela antre untuk foto unik di tempat ini.

Salju yg turun

berjalan di hutan bersaljuRaining Snow menawarkan area khusus dengan ornamen pendukung untuk mendapatkan gambar foto berkualitas di Coba Rais Malang.
Foto: Instagram/emiy_maiy02

Coban Rais memiliki area khusus yang merupakan area salju putih. Meski berada di kawasan hutan hujan, khususnya untuk ‘Hujan Salju’, wisatawan serasa berada di luar negeri. Di spot foto ini juga terdapat rumah Eskimo dengan halaman yang dipenuhi tumpukan salju.

Pihak pengelola telah menyiapkan pakaian pelindung, sarung tangan, dan topi bagi wisatawan. Dengan ornamen yang ada, foto yang diambil di lokasi ini menghasilkan gambar yang berkualitas.

Naik sepeda udara

naik sepeda udara atau sky-bikeWisatawan bisa mencoba high-rise bike dengan menaiki sepeda gantung.
Foto: Instagram/my_name_is_rew_part_2

Mengayuh sepeda di tengah terpaan angin sambil menikmati pemandangan perbukitan menghadirkan tantangan tersendiri. Wahana Air Bike menjadi salah satu tempat kegiatan tamasya yang memacu adrenalin di tempat wisata ini.

Sepeda udara ini juga bisa digunakan berdampingan. Ini mendukung pengambilan foto bagi wisatawan secara berpasangan.

taman tempat tidur gantung

tempat tidur gantung kamp yang disebut Garden Hammock menyediakan penerbangan tempat tidur gantung dengan Taman Bunga di latar belakang. Di sini wisatawan akan dipandu oleh tim BFG Hammock dengan perlengkapan berstandar internasional.

Ada berbagai pilihan wahana hammock yang tersedia bagi wisatawan. Seperti menara tempat tidur gantung, taman tempat tidur gantung, tempat tidur gantung terbang, tempat tidur gantung laba-laba dan menara tempat tidur gantung segitiga.

Jalan-jalan di taman tempat tidur gantungWahana Hammock Park menawarkan berbagai pilihan bagi wisatawan.
Foto: Instagram/batuflowergarden.cobanrais

Berkemah

Coban Rais merupakan destinasi wisata alam yang juga dilengkapi dengan area camping. Karena menawarkan panorama alam yang menantang, kawasan ini juga kerap menjadi tempat favorit untuk berkemah. Ini adalah daya tarik utama bagi wisatawan petualangan alam terbuka.

Di kawasan ini juga terdapat jalur pendakian hingga puncak Panderman yang cocok untuk pendaki pemula. Kawasan ini diselimuti udara dingin dengan suasana sejuk alami.

Meredakan

Di lokasi wisata Coba Rais sudah terdapat beberapa fasilitas umum untuk wisatawan. Seperti toilet, area parkir dan warung yang menyediakan makanan dan minuman.

Di sekitar pintu masuk banyak dijual oleh-oleh dan makanan khas Jawa Timur. Banyak masakan yang direkomendasikan, seperti Rawon, Bakso Malang dan Tahu Campur.

Tempat Wisata Coban Rais

Kawasan wisata ini berada di kaki Gunung Panderman, masih satu lokasi dengan kantor siaran BatuTV dan TVRI. Tepatnya di Jalan Lingkar Barat No. 8, Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur 65316.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button