Pulau Bangka Ketawai Tengah, pulau eksotis dengan keindahan biota laut - WisataHits
wisatahits

Pulau Bangka Ketawai Tengah, pulau eksotis dengan keindahan biota laut

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp20.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kurau, Kecamatan. Koba, Kab. Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung; Kasus: Cek lokasi

Anda yang berwisata ke Kepulauan Bangka Belitung tidak perlu khawatir dalam memilih tempat wisata untuk menghabiskan liburan. Pasalnya, gugusan pulau Bangka Belitung sudah tidak diragukan lagi eksotismenya. Seperti Pulau Ketawai ini. Saat berlibur di gugusan kepulauan Bangka Belitung ini, wisatawan akan mendapatkan sensasi liburan yang berbeda.

Pulau Ketawai terletak di tengah Kabupaten Bangka dengan luas sekitar 30 hektar. Memiliki pemandangan pasir putih yang eksotis dan pohon kelapa yang menjulang tinggi dengan suasana hutan mangrove yang asri menjadikan pulau ini favorit sebagai tempat rekreasi keluarga. Hamparan laut biru yang sangat luas dapat dengan mudah ditemukan oleh wisatawan saat berkunjung ke pulau ini.

Tidak hanya itu, wisatawan yang berkunjung juga bisa merasakan liburan layaknya pulau pribadi karena pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Benar-benar menarik bukan? Oleh karena itu tidak heran jika pulau ini mampu menarik banyak wisatawan dari dalam maupun luar daerah. Dengan semua hal yang dimiliki pulau ini, itu membuatnya menjadi favorit. Tertarik?

Atraksi Pulau Ketawai

Atraksi Pulau KetawaiKredit Gambar: Google Maps (nakal nakal)

Pulau Ketawai adalah sebuah pulau kecil nan eksotis yang terletak di Kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni, namun jika ditanya tentang pengunjungnya. Pulau ini mampu menarik wisatawan dari dalam maupun luar daerah. Banyak wisatawan yang rela datang dari luar daerah untuk merasakan daya tarik yang sesungguhnya dari pulau Kepulauan Bangka Belitung ini.

1. Kesan eksotisnya lengket banget

Memiliki hamparan pasir putih yang luas ditambah dengan birunya lautan memberikan nuansa eksotis pada pulau ini. Apalagi sambutan alam berupa deretan pohon kelapa yang menjulang tinggi juga akan menambah kesan eksotisme. Tak hanya itu, wisatawan yang berkunjung juga akan disambut semilir angin yang dibawa oleh ombak laut kecil dan ombak daun kelapa.

2. Kesunyian pulau menciptakan suasana tenang

Pulau Ketawai memiliki suasana yang tenang karena pulau yang terletak di Kepulauan Bangka Belitung ini tidak berpenghuni. Mungkin lokasinya yang sepi menjadi sebuah kekecewaan tersendiri, namun bagi sebagian orang suasana tenang pulau ini menjadikannya daya tarik tersendiri. Wisatawan yang berkunjung akan merasa seperti sedang berlibur di pulau pribadinya sendiri. Tanpa melupakan kesan eksotisme yang ditawarkan.

3. Pemandangan indah kehidupan laut yang tidak boleh Anda lewatkan

Pulau yang memiliki luas sekitar 30 hektar ini juga memiliki pemandangan biota laut yang terkenal indah. Oleh karena itu sangat disayangkan bagi anda yang berwisata ke pulau ini tanpa menyaksikan keindahan biota lautnya. Berbagai jenis terumbu karang tersedia di sini dan merupakan bagian dari konservasi. Menyelam merupakan aktivitas yang sangat tepat jika dilakukan di pulau eksotis ini.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Alamat Pulau KetawaiKredit gambar: Google Maps (Mona Rosalia)

Pulau Ketawai merupakan salah satu destinasi wisata alam berupa pulau kecil nan eksotis yang terletak di Kepulauan Bangka Belitung, tepatnya di Kabupaten Bangka tengah, di desa Kurau. Pulau ini berjarak 54 km dari pusat Provinsi Bangka Belitung. Meski jaraknya cukup jauh, wisatawan tidak akan kecewa saat menginjakkan kaki di sini. Sebab, eksotisme panorama yang disajikan memanjakan mata.

Sebelum mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengunjungi pulau ini, ada baiknya mengetahui rute yang akan ditempuh. Wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau ini dapat menempuh dua jalur perjalanan, yaitu perjalanan darat dan perjalanan laut. Wisatawan juga tidak perlu bosan saat berwisata karena suguhan alam yang disuguhkan Bangka Belitung akan mengabaikan kejenuhan berwisata.

Akses jalan pertama yang akan ditempuh adalah akses jalan yang dapat diakses dari Bandara Depati Amir. Setelah wisatawan berada di Bandara Depati Amir, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan taksi atau angkutan umum menuju Desa Kurau. Jarak dari Bandara Depati Amir ke desa Kurau sekitar 35 km dengan waktu tempuh hanya 30 menit.

Setelah menuju desa Kurau, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan laut menuju pulau tujuan. Wisatawan dapat memanfaatkan jasa sewa perahu nelayan milik masyarakat yang akan mengantar wisatawan ke pulau tujuan. Waktu yang dibutuhkan adalah 1 jam. Wisatawan juga disarankan memulai perjalanan pada pagi hari agar tidak menjumpai ombak besar untuk memudahkan para nelayan.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya ke Pulau KetawaiKredit gambar: Google Maps (M Fajar Pratama)

Pulau Ketawai terletak agak jauh dari provinsi Bangka Belitung. Meski terpencil dan akses jalan yang ditempuh juga memiliki dua jalur, wisatawan yang berkunjung ke pulau eksotis ini tidak pernah sekalipun merasa membuang waktu dan tenaga untuk mengunjunginya. Karena dengan keeksotisan yang disuguhkan pulau ini, sepertinya kamu bisa membayar rasa lelah dan waktu untuk sampai ke tempat tujuan.

Lokasinya yang eksotis dengan berbagai atraksi akan menarik siapa saja yang berkunjung ke pulau Kepulauan Bangka Belitung ini. Dengan menyiapkan dana sebesar Rp20.000 untuk transportasi darat menggunakan angkutan umum, wisatawan dapat menempuh perjalanan dari bandara menuju desa Kurau. Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi pulau ini?

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Ketawai

Aktivitas di Pulau KetawaiKredit gambar: Instagram.com @maulanaable_3g

1. Bersantai di tengah panorama yang eksotis

Bersantai adalah hal yang paling tepat dilakukan di Pulau Ketawai. Menghadirkan atraksi campuran, pulau ini memiliki pemandangan eksotis yang tentunya sangat menarik bagi wisatawan. Wisatawan yang berkunjung dapat merasa santai di tengah panoramanya yang eksotis sembari ditemani semilir angin lembut yang tercipta dari gulungan ombak kecil dan daun kelapa.

2. Nikmati sunset dalam suasana yang tenang

Jangan pernah mencela sunset yang disuguhkan oleh pulau ini. Karena sajian sunset yang disuguhkan khusus kepada pengunjung pulau ini begitu memesona. Wisatawan bisa merasakan hangatnya mentari sore sambil ditemani suara deburan ombak. Suasana tenang jauh dari hiruk pikuk kota juga akan menambah waktu menikmati sunset di sini.

3. Menyelam di atas kehidupan laut yang indah

Selain bersantai dan menikmati sunset, wisatawan sangat disarankan untuk snorkeling di perairan laut Pulau Ketawai ini. Sajian biota laut yang begitu menawan dari berbagai jenis terumbu karang, sayang untuk dilewatkan. Air laut yang jernih akan menemani pengalaman menyelam wisatawan. Saat menyelam di sini, wisatawan akan memiliki waktu menyelam yang sangat berkesan.

Penginapan murah di sekitar pulau

Akomodasi di Pulau KetawaiKredit gambar: Tripadvisor.co.id

1. Homestay Pantai Batu Merah Emas

Homestay Pantai Batu Merah Emas ini menawarkan akomodasi luas yang dekat dengan Pulau Ketawai. Meski masih dalam masa pembenahan fasilitas, namun daya tariknya dalam menjaring pengunjung sudah tidak diragukan lagi. Wisatawan yang menginap disini akan merasakan pengalaman menginap yang sangat cocok karena lokasinya yang dekat dengan tempat tujuan.

2. Fox Harris Hotel Pangkalpinang

Hotel ini menjadi favorit para pelancong. Dengan pelayanan yang baik didukung oleh staf yang ramah dan makanan yang lezat, Fox Harris Hotel Pangkalpinang dipuja oleh para wisatawan yang menginap di sana. Fasilitas yang disediakan juga beragam mulai dari kolam renang, parkir, Wi-Fi, sarapan hingga resepsionis 24 jam.

3. Bravo Residence

Tidak ada kata lain selain sempurna yang layak didapatkan oleh Bravo Residence. Pelayanannya sangat diapresiasi oleh pengunjung karena karyawannya yang ramah menjadikan Bravo Residence tempat yang tepat untuk bermalam setelah lelah dari destinasi liburan. Hostel ini juga tergolong bersih dengan fasilitas Wi-Fi di kamar ber-AC. Tak heran jika hostel ini disebut Bravo!.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Ketawai

Fasilitas Pulau KetawaiKredit gambar: Google Maps (Onedes Sipahutar)

Letaknya yang agak jauh dari Provinsi Bangka Belitung dan rute yang direncanakan sedikit tidak nyaman, membuat infrastruktur yang tersedia di pulau ini kurang memadai. Luas lahan yang kecil dan minimnya jumlah penduduk menjadi alasan lain minimnya fasilitas di pulau ini. Meski begitu, eksotisme panorama alam yang dihadirkan mampu menarik siapa saja untuk datang.

Fasilitas yang tersedia di sini memang kurang memadai, hanya ada beberapa fasilitas umum seperti toilet umum dan gazebo. Wisatawan dapat menggunakan toilet untuk keperluan pribadi atau berganti pakaian sebelum dan sesudah berenang di perairan pulau. Dengan demikian, wisatawan tidak perlu khawatir dengan keberadaan toilet di sini.

Selain toilet, pulau ini juga memiliki fasilitas gazebo yang bisa digunakan pengunjung. Wisatawan yang datang bisa makan atau piknik keluarga kecil di atas belvedere. Dengan piknik di sini, wisatawan akan merasakan angin sepoi-sepoi yang dibawa oleh ombak dan sejuknya suasana pohon kelapa yang menjulang tinggi. Jadi, gazebo di sini sangat berguna.

Inilah hal-hal menarik tentang Pulau Ketawai di Bangka Tengah. Meski letak pulau ini agak jauh dari Provinsi Bangka Belitung, namun pemandangan alamnya yang eksotis tak kalah indah dengan destinasi wisata lainnya. Pulau ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi liburan untuk Anda dan keluarga. Karena berbagai atraksinya, wisatawan keluarga harus mengunjunginya. Tertarik untuk datang ke sini?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button