Air Terjun Walet, Air Terjun Tiga Tingkat yang Dikelilingi Sarang Burung Walet di Bogor - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Walet, Air Terjun Tiga Tingkat yang Dikelilingi Sarang Burung Walet di Bogor

Air Terjun Walet, Air Terjun Tiga Tingkat yang Dikelilingi Sarang Burung Walet di Bogor

Anda suka wisata alam yang menyegarkan? Banyak sekali kegiatan seru yang bisa dilakukan di Curug Walet. Lalu apa saja kegiatan yang dimaksud?

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 07.00-16.00 WIB, Alamat: Ciasih, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Curug Walet sering dianggap sebagai tempat wisata tersembunyi yang menakjubkan di kawasan Bogor. Seperti yang sudah banyak orang ketahui, Bogor merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki puluhan tempat wisata menarik, tidak terkecuali wisata air terjun ini. Selain memiliki begitu banyak atraksi, ada juga banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dipilih.

Salah satu keunikan wisata alam ini bisa dilihat pada jalur trekking yang cukup menantang. Oleh karena itu, air terjun cantik ini sering dikunjungi wisatawan wisatawan yang menyukai aktivitas yang merangsang. Meski begitu, tak menyurutkan orang yang jarang melakukan aktivitas menantang untuk berkunjung.

Wisatawan dari kota atau negara manapun bisa berkunjung ke Curug Walet untuk menghabiskan waktu liburan mereka yang berharga. Mulai dari pemandangan yang indah, beragam aktivitas seru, hingga lokasi yang mudah ditemukan adalah beberapa keuntungannya. Untuk lebih jelasnya, simak baik-baik isi artikel ini sampai akhir!

Daya tarik yang ditawarkan oleh Cascade de l’Hirondelle

Atraksi Curug WaletFoto: Google Maps/Rusnadi Saaman

Umumnya orang mencari tahu terlebih dahulu tentang daya tarik suatu destinasi wisata yang akan dituju. Oleh karena itu, sebelum mengunjungi objek wisata alam ini, wisatawan harus mengetahui manfaatnya. Berikut beberapa objek wisata Air Terjun Walet Pamijahan Bogor :

✦ Tiga tingkat air terjun

Ada satu hal yang membuat wisata air terjun ini berbeda dengan wisata air terjun lainnya yaitu terdapat tiga tingkatan air terjun yang berbeda dan dapat diakses dengan menggunakan tangga yang tersedia. Meski tempat ini memiliki tiga tingkatan air terjun yang berbeda, namun ketinggian ketiganya tidak terlalu tinggi.

Dengan keunikannya membuat pemandangan air terjun ini semakin indah. Bahkan, kejernihan air yang mengalir di bawah air terjun terlihat lebih jelas dari bawah. Meski demikian, wisatawan harus selalu berhati-hati saat bermain di kawasan air terjun ini.

✦ Dikelilingi sarang burung walet

Tak sedikit orang yang bertanya-tanya mengapa tempat wisata ini disebut Curug Walet. Sirkuit alam ini memiliki nama seperti itu, karena terdapat banyak sarang burung walet. Biasanya sarang burung walet ini bisa dilihat di dinding tebing yang berada di area pepohonan dan bebatuan.

Karena lokasi sarangnya yang dekat dengan air terjun cantik ini, tak heran jika burung walet sering berterbangan ke kawasan wisata menakjubkan ini. Keberadaan sarang burung walet ini juga bisa menjadi keuntungan yang tak terbantahkan bagi rangkaian alam ini. Memang, wisatawan mungkin lebih tertarik mengunjunginya saat masa liburan.

✦ Pemandangan alam yang indah dan terawat

Salah satu alasan air terjun cantik ini selalu dipadati pengunjung adalah karena pemandangan alam di sekitarnya selalu terjaga dengan baik. Dengan demikian, pemandangan alam di sini bisa terlihat lebih indah dan indah dibandingkan pemandangan perkotaan.

Namun, untuk bisa mencapai air terjun cantik ini, wisatawan harus melewati jalur pendakian yang cukup sulit. Memang jalanan yang akan dilalui masih bercampur pasir yang membuatnya semakin licin. Meski demikian, rasa lelah akibat perjalanan ini bisa langsung terbayar saat melihat panorama alam yang sangat indah yang ditawarkannya.

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat air terjun waletFoto: Google Maps/Mohammad Irfan

Bagi wisatawan yang datang dari luar kota atau bahkan mancanegara, Curug Walet Bogor tentu akan terasa cukup terpencil. Oleh karena itu, banyak orang yang mengatakan bahwa air terjun cantik ini merupakan tempat wisata tersembunyi di kawasan Bogor. Wisata alam ini terletak di desa Ciasihan, Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Jarak antara sirkuit dengan pusat kota Bogor adalah 38,3 km, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan bisa mencapai 1 jam 45 menit. Biasanya wisatawan lebih memilih menggunakan sepeda motor untuk mencapai lokasi. Pasalnya, medan jalan di sana masih belum cocok untuk mobil.

Nantinya, wisatawan yang datang dari Jakarta bisa memulai perjalanannya dari Tol Jagorawi menuju Bogor. Kemudian ambil jalur kanan setelah keluar dari pintu tol Sentul Selatan dan arahkan kendaraan ke tol Bogor Outer Ring Road, keluar di pintu Yasmin-Dramaga dan masuk ke Jl. Sholeh Iskandar.

Begitu sampai di kawasan tersebut, masuklah ke Jl. KHR Abdullah bin Nuh menuju Jl. Cifor. Setelah itu, belok kiri dua kali dan belok kanan memasuki Jl Raya Dramaga Bogor. Sekitar 12 km kemudian jalan mulai menyempit dan ini menandakan bahwa jalur trekking yang sulit akan segera dihadapi.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Tiket masuk wisata alam dapat dibagi menjadi 3 kategori yang berbeda, yaitu biaya parkir sepeda motor, biaya masuk desa wisata Ciasihan dan tiket masuk air terjun. Sementara biaya parkir sepeda motor di air terjun cantik ini adalah Rp5.000 per sepeda motor, sedangkan biaya masuk desa wisata Ciasihan adalah Rp10.000.

Sedangkan tarif masuk ke kawasan air terjun sama dengan tarif masuk ke kawasan desa wisata, yaitu Rp 10.000 per orang. Jadi, untuk bisa menikmati keindahan alam yang ada disini, orang tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Karena biaya masuknya relatif murah dan terjangkau.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas menelan air terjunFoto: Google Maps/Rvnhkl

Banyak sekali kegiatan seru yang bisa dilakukan saat berlibur di Curug Walet. Dengan banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan di sini, wisatawan tidak akan bosan. Tak perlu membahas apapun lagi, berikut adalah beberapa kegiatan yang dimaksud:

1. Berenang

Baik orang dewasa maupun anak-anak dapat berenang selama berkunjung ke sini. Hal ini terjadi karena arus air di air terjun yang indah ini tidak terlalu deras dan areanya cukup luas. Meski begitu, orang tua harus selalu mengawasi anaknya saat mandi di area air terjun.

2. Selfie di sekitar Curug Walet

Rasanya ada yang kurang saat berlibur tanpa mengambil foto yang bagus di rumah. Suasana yang begitu asri di wisata alam yang indah ini bisa dijadikan sebagai background foto yang akan menjadi kenangan. Selain itu, keberadaan tebing-tebing tinggi di sini juga bisa dijadikan backdrop untuk menghasilkan foto yang estetik.

5. Menikmati keindahan air terjun

Anda sedang tidak ingin melakukan aktivitas yang terlalu berat dan hanya ingin bersantai? Bisa. Pasalnya, di sini telah disediakan beberapa kursi yang bisa digunakan bagi pengunjung yang ingin beristirahat sejenak sambil menikmati keindahan alam yang mengelilinginya. Dengan demikian, wisatawan bisa bersantai sambil ditemani keindahan alam yang memukau.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Instalasi Air Terjun WaletFoto: Google Maps/Josep M Setiadarma

Suatu tempat wisata harus dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, agar wisatawan merasa lebih nyaman saat mengunjunginya. Dalam hal ini, Curug Walet sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum yang sangat memadai. Berikut beberapa fasilitas yang ada di kawasan air terjun:

  • Parkir mobil yang luas
  • Kamar mandi
  • Menjembatani
  • Tangga
  • Kursi
  • Ruang ganti
  • Warung makanan dan minuman

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang tertarik untuk berlibur di Curug Walet. Oleh karena itu, akan lebih bijaksana untuk berkunjung ke sini pada hari kerja. Pasalnya, wisata alam ini tidak pernah sepi pengunjung ketika perayaan akhir tahun telah tiba.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button