Pulau Ketawai, surga laut tersembunyi yang eksotis di tengah Bangka - WisataHits
wisatahits

Pulau Ketawai, surga laut tersembunyi yang eksotis di tengah Bangka

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp50.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kurau, Kecamatan. Koba, Kab. Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung; Kasus: Cek lokasi

Pulau Ketawai adalah sebuah pulau indah di Kabupaten Bangka tengah yang tidak berpenghuni. Hanya ada satu orang yang menjaga pulau dengan luas sekitar 28 hektar. Ada banyak pohon kelapa di sepanjang pulau yang ditanam oleh masyarakat desa Karau. Jumlahnya hampir ratusan dan menjadi sangat subur.

Pulau ini tidak terlalu populer di kalangan wisatawan lokal, sehingga hanya sedikit pengunjung yang pergi ke sana. Namun, area ini sebenarnya kondusif untuk menenangkan dan bersantai. Meski belum diketahui wisatawan lokal, pantai pulau ini nyatanya terkenal hingga mancanegara, terutama untuk perahu layar kelas dunia karena merupakan persinggahan.

Menjadi destinasi wisata bahari yang sangat indah, kawasan ini juga menjadi tempat memancing para nelayan. Oleh karena itu, kawasan ini memiliki ekosistem laut yang terjaga dengan baik. Untuk membantu perekonomian masyarakat sekitar, pemerintah berupaya mengembangkan biota laut agar banyak pengunjung yang tertarik datang dan pemancing mendapatkan hasil yang maksimal.

Atraksi Pulau Ketawai

Atraksi Pulau KetawaiKredit gambar: Google Maps Iwan Dimas

1. Pulau yang tenang dan indah

Pulau ini tidak memiliki banyak pengunjung sehingga sangat tenang jauh dari keramaian dan hiruk pikuk. Karena tidak berpenghuni, pengunjung tidak akan banyak mendengar aktivitas orang atau kendaraan. Dengan ketenangannya, pulau ini menjadi daya tarik bagi pengunjung yang mencari tempat untuk menenangkan diri dan bersantai dari hiruk pikuk kota.

Selain itu, wilayahnya yang jauh dari aktivitas manusia membuat kawasan ini sangat asri. Tidak ada polusi udara, sehingga pengunjung bisa menghirup udara bersih dengan leluasa. Apalagi kawasan Pulau Ketawai juga masih terjaga keindahannya, tidak rusak oleh tangan manusia. Tidak hanya di sekitar pantai, keindahan bawah lautnya juga terjaga dengan baik.

2. Terumbu karang

Pulau ini juga memiliki terumbu karang yang indah, sehingga sangat cocok bagi pecinta aktivitas menyelam. Ekosistem laut juga sangat terjaga dengan baik guna meningkatkan perekonomian masyarakat, baik nelayan maupun sektor pariwisata. Terumbu karang ini menarik banyak pengunjung untuk melihat secara langsung keindahan alam bawah laut.

Bahkan untuk menunjang pariwisata, ribuan knalpot racing telah disita polisi untuk ditenggelamkan dalam bentuk rumpon di perairan Pulau Ketawai. Diharapkan dalam beberapa bulan ke depan rumpon ini akan menjadi terumbu karang yang menampung hewan laut untuk menciptakan ekosistem baru yang akan menambah keanekaragaman dasar laut di kawasan ini.

3. Pemandangan pantai

Tak hanya bawah laut, keindahan pantai pulau ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Pasir di pantai ini berwarna putih dan sangat halus. Pengunjung bahkan bisa berjalan tanpa alas kaki untuk merasakan manisnya. Sedangkan air lautnya sangat jernih dengan nuansa biru tua, muda dan hijau yang sangat enak dipandang mata.

Pantai pulau ini juga dipenuhi pepohonan, terutama pohon kelapa. Kehadiran pepohonan tersebut membuat kawasan ini semakin sejuk. Bahkan di siang hari, pantai ini selalu teduh. Pemandangan hijau khas pantai pesisir ini tidak akan membuat pengunjung yang menghabiskan waktu di kawasan ini bosan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau Ketawai BangkaKredit gambar: Google Maps Ridwan Fabas

Pulau Ketawai adalah sebuah pulau kecil yang merupakan bagian dari wilayah administrasi Kabupaten Koba, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Untuk menuju ke sana, Anda harus terlebih dahulu menuju dermaga di desa Kurau yang berjarak sekitar 30 kilometer dari Pangkalpinang atau sekitar satu jam perjalanan. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum seperti bus atau angkot

Di dermaga, banyak nelayan yang akan mengantar Anda ke pulau tujuan dengan tarif yang berbeda-beda. Perjalanan dari dermaga ke pulau tujuan kurang lebih 45 menit. Disarankan datang pada pagi hari karena saat ini ombak masih tenang. Anda juga harus memperhatikan pasang surut karena mempengaruhi perjalanan Anda.

Perkiraan biaya untuk pulau

Perkiraan Biaya untuk Pulau KetawaiKredit gambar: Google Maps Bang Opick

Sebagai pulau tak berpenghuni, tidak ada penarikan tiket untuk memasuki kawasan ini. Anda hanya perlu mempersiapkan perjalanan. Jika menggunakan kendaraan umum untuk menuju desa Karau biasanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 20.000. Anda juga dapat menyewa kendaraan seperti mobil dengan harga sewa sekitar Rp 150.000.

Tarif sewa perahu 10 orang ke Pulau Ketawai juga bervariasi. Biasanya sekitar Rp 800.000 hingga Rp 1.200.000. Namun harga yang ditarik bukan per ekor melainkan per perahu. Oleh karena itu akan jauh lebih murah jika Anda datang dalam kelompok. Jika Anda datang sendiri, Anda bisa datang bersama wisatawan lain untuk berbagi biaya sewa perahu.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Ketawai

Aktivitas Menarik di Pulau KetawaiKredit gambar: Twitter Indonesia.Perjalanan

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat mengunjungi pulau eksotis ini. Tentunya kegiatan tersebut akan membuat liburan Anda semakin seru dan berkesan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan jika berkunjung ke kawasan pulau ini.

1. Nikmati pemandangannya

Pulau Ketawai menawarkan pemandangan yang sangat indah. Hamparan pasir putih dengan air laut yang memiliki gradasi indah akan memanjakan mata Anda. Ketenangan yang ditawarkan pulau ini juga sangat cocok bagi pengunjung yang memang ingin rehat sejenak dari hiruk pikuk kota. Adanya gazebo-gazebo yang tersedia bisa menjadi tempat untuk bersantai atau berekreasi bersama rombongan.

Pantai ini juga ditumbuhi pohon kelapa yang buahnya tidak pernah diambil oleh warga. Pengunjung hanya perlu meminta izin kepada penjaga pulau untuk menikmati kesejukan kelapa sambil menikmati pemandangan pantai. Kelapa dapat dipetik langsung dari ratusan pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang pantai.

2. Berenang

Pantai Pulau Ketawai memiliki ombak yang sangat tenang dan bersahabat. Jika ingin merasakan kesegaran air laut, Anda bisa berenang di perairan dangkal. Jika tidak ingin berenang, Anda juga bisa bermain air di pantai saja. Kegiatan ini juga sangat seru dan sering dilakukan oleh pengunjung lain.

3. Snorkeling

Aktivitas Menarik di Pulau KetawaiKredit gambar: Google Maps Hengki Lie Hailai

Snorkeling merupakan kegiatan yang tidak boleh dilewatkan, terutama bagi Anda yang menyukai olahraga air ini. Ada banyak spot diving yang sangat menarik untuk diving. Pemandangan bawah laut yang luar biasa dan ikan-ikan yang akan menemani penyelaman akan sayang untuk dilewatkan.

Sayangnya, tidak ada persewaan alat snorkeling di sekitar pulau. Oleh karena itu, Anda harus membawa peralatan snorkeling sendiri. Selain itu, untuk melakukan aktivitas ini Anda harus didampingi oleh tenaga profesional agar lebih aman.

4. Perkemahan

Jika kamu datang bersama teman-teman, kegiatan camping di Pulau Ketawai akan sangat seru dan menyenangkan. Pulau ini memiliki pasir yang landai, sehingga mudah untuk membangun tenda. Anda dapat melakukan aktivitas ini secara gratis, tetapi Anda harus membawa semua peralatan sendiri. Selain itu, Anda juga harus menjaga kebersihan.

Akomodasi termurah yang paling dekat dengan pulau

Penginapan Murah Terdekat Pulau KetawaiKredit Gambar: Instagram Satrio Dwi Wiratomo

1. Resor Balitong

Hostel ini terletak di Pangkalpinang. Jaraknya sekitar 24 kilometer dari pulau. Sewa per malamnya sekitar Rp 500.000 per malam dengan kamar yang sangat nyaman. Hostel ini juga terletak tidak jauh dari pantai, sehingga memiliki pemandangan yang bagus. Fasilitasnya juga memadai, antara lain Wi-Fi gratis dan TV.

2. Balai Kota Bangka

Biaya akomodasi di Pangkalpinang hanya berkisar Rp 300.000 per malam. Fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap, antara lain WiFi, AC, parkir dan sarapan. Kamar sangat bersih dan nyaman untuk beristirahat.

3. OYO 3438 Pasir Padi Inn

Terletak di Pangkalpinang, hostel ini hanya seharga Rp 200.000 per malam. Kamar bersih dan nyaman. Fasilitas di dalamnya juga cukup lengkap, antara lain televisi, AC, dan kamar mandi dengan shower. Ruangannya juga luas sehingga pengunjung bisa leluasa melakukan aktivitasnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pulau KetawaiKredit Gambar: Google Maps angga prasetya

Meski tidak berpenghuni, Pulau Ketawai memiliki fasilitas umum seperti mushola dan kamar mandi yang didesain khusus untuk pengunjung malam hari. Di beberapa sudut pantai juga terdapat gazebo-gazebo kecil yang bisa digunakan untuk beristirahat. Bangku kayu tersedia untuk duduk dan menikmati pemandangan.

Terkadang ada pedagang yang datang ke pulau ini. Anda bisa membeli makanan atau minuman untuk mengisi perut atau bekal untuk bermalam. Sayangnya, para pedagang tidak tinggal di pulau itu, sehingga penjual makanan hanya sesekali berkeliling.

Daerah ini juga bebas dari sampah. Anda bisa melihatnya dari pulau dan pantainya yang sangat bersih dan enak dipandang. Pengunjung dilarang membuang sampah sembarangan. Pepohonan juga banyak tumbuh yang membuat kawasan ini sejuk. Meski pohon induknya ditanam warga, kelapa yang tumbang bisa dipetik pengunjung untuk dinikmati.

Pulau Ketawai mungkin terkesan asing, namun keindahan alamnya patut untuk dikunjungi. Surga tersembunyi di Pulau Bangka ini menawarkan wisata bahari yang akan meninggalkan kesan tersendiri bagi para pengunjung yang datang. Ketenangan yang ditawarkan juga sangat cocok sebagai tempat bersantai dari aktivitas sehari-hari yang melelahkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button