Bandara YIA untuk penerbangan langsung ke Turki, beroperasi 2 kali seminggu - WisataHits
Yogyakarta

Bandara YIA untuk penerbangan langsung ke Turki, beroperasi 2 kali seminggu

Bandara YIA untuk penerbangan langsung ke Turki beroperasi 2 kali per minggu

Bandara YIA akan menawarkan penerbangan langsung ke Turki dengan Turkish Airlines, dijadwalkan beroperasi dua kali seminggu (Foto: Courtesy)

FAKTA-INDONESIA: Kabar baiknya, New Yogyakarta International Airport (YIA) akan menawarkan penerbangan internasional dengan rute YIA-Turki. Rute tersebut nantinya akan dioperasikan oleh Turkish Airlines. Rute ini dilayani dua kali seminggu.

“Rencananya seminggu dua kali, Jumat dan Minggu,” kata Agus Pandu Purnama, General Manager Bandara YIA, Rabu (14/9/2022).

Namun, Pandu belum bisa memastikan kapan rute penerbangan Turki-YIA resmi dibuka.

“Karena kami masih menunggu persetujuan trayek dari Departemen Perhubungan, kami masih menunggu persetujuan trayek dari Menteri. Jika diizinkan, kami akan siap untuk apa pun,” katanya.

Baca Juga: Dua Maskapai Internasional Siap Jajaki Penerbangan Langsung ke Solo

Kepala Biro Pariwisata Yogyakarta Singgih Raharja mengakui, jumlah penerbangan internasional ke DIY sebenarnya sangat sedikit. Jadi jumlah wisman DIY masih kalah dari Bali.

Dengan rute ini, ia berharap nantinya bisa dimanfaatkan tidak hanya untuk membidik pasar umrah di Indonesia, tapi juga bagaimana pariwisata DIY bisa menarik wisatawan dari Timur Tengah.

Asita Koordinator ASEAN DPP Asita atau Ketua Asita Korwil Jawa Edwin Ismedi Himna mengatakan ini merupakan kebangkitan pariwisata Yogyakarta. Ia percaya pariwisata do-it-yourself dapat kembali ke keadaan sebelum pandemi COVID-19, dan puncaknya terjadi pada tahun 2019.

Meski demikian, diakuinya masih ada kendala dalam pariwisata do-it-yourself yang harus dihadapi oleh para profesional pariwisata. Di antara kendala tersebut adalah minimnya penerbangan ke Yogyakarta. Ia berharap pemerintah DIY mendukung bandara yang sangat besar dan mewah.

Baca Juga: Bali Makin Dikunjungi Wisatawan, Bandara Ngurah Rai Tambah Rute Internasional Istanbul-Bali

“Bandara YIA tidak hanya 8.000 penumpang per orang atau 10.000 per hari, tapi bisa lebih dari hari ini,” katanya saat peluncuran idxchanel, Kamis (15/9/2022).

Perlu dicatat bahwa YIA memiliki beberapa jadwal penerbangan internasional, yaitu rute Kuala Lumpur-YIA dengan Malaysia Airlines dan rute Singapura-YIA dengan Scoot Tiger dan AirAsia.

Sementara itu, penerbangan internasional resmi dioperasikan pada rute Malaysia-YIA. Penerbangan dari negara tetangga dengan Air Asia akan beroperasi empat kali dalam seminggu, yaitu pada hari Senin, Selasa, Jumat dan Sabtu.***

Source: faktualid.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button