Pantai Watu Kodok, pantai yang indah dan tempat camping yang seru di Gunung Kidul Jogja - WisataHits
wisatahits

Pantai Watu Kodok, pantai yang indah dan tempat camping yang seru di Gunung Kidul Jogja

Sebuah pantai di distrik surgasebuah Wisata Yogyakarta selatan ini memiliki berbagai hal yang membuatnya menarik. Hamparan pasir putih bersih berpadu apik dengan birunya laut.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kelor Kidul, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Berbagai pesona laut ditawarkan oleh wilayah selatan Daerah Istimewa Yogyakarta. Gunung Kidul menyimpan jutaan keindahan laut yang sangat-sangat hilang jika tidak dieksplorasi. Ada berbagai jenis pantai, beberapa di antaranya bahkan cukup simbolis. Seperti Pantai Watu Katak yang sangat indah ini.

Setelah sampai di lokasi wisata bahari, pengunjung akan merasa berada di tempat yang sangat jauh dan asri. Bahkan, ada yang menganggap pantai ini hampir mirip dengan kebanyakan pantai di Pulau Dewata. Hamparan pasir putihnya langsung menyambut semua orang yang datang untuk singgah di sana atau yang ingin berlama-lama menikmati alamnya.

Namun, seperti tempat-tempat lain di daerah ini, pantai ini juga memiliki terumbu karang yang cukup luas di sekitarnya. Karang dengan vegetasi hijau adalah sesuatu yang harus ditemukan ketika mengunjungi objek wisata ini. Berbagai hal juga bisa dilakukan pengunjung untuk lebih memeriahkan suasana.

Atraksi Pantai Watu Kodok

Pantai Watu KatakKredit gambar: Facebook Dicky Irawan

1. Batu karang yang terlihat seperti katak

Banyak batu menutupi daerah itu, beberapa di antaranya berbentuk seperti katak. Itulah mengapa tempat ini disebut Pantai Watu Kodok. Ini adalah bahasa Jawa yang berarti “Pantai Batu Katak”.

Ini adalah daya tarik yang paling penting dari daya tarik wisata. Adanya rangkaian koral yang seolah-olah membentuk satu hal menjadi ciri khas yang akhirnya menjadi predikat tempat tersebut. Banyak orang datang ke sana hanya untuk melihat secara langsung bagaimana penampakan bebatuan yang terlihat seperti amfibi ini.

Batu itu tampak berdiri indah dengan dihiasi berbagai vegetasi hijau di atasnya. Ditambah dengan pasir di sekitarnya yang membuatnya sangat sangat menawan untuk dianggap sesuatu yang menakjubkan.

Inilah sebabnya mengapa banyak orang menjadikannya latar belakang yang sempurna untuk foto yang mereka ambil. Keberadaan Batu Katak memang membuat tempat wisata Gunung Kidul ini menjadi primadona bagi banyak orang.

2. Pasir putih lembut

Pantai Watu Kodok memiliki pasir yang tersebar dengan sangat rapi dan rapi di seluruh areanya. Pemandangan inilah yang sering menarik orang untuk datang langsung ke sana. Banyak faktor yang menjelaskan mengapa hamparan pasir di tempat ini sangat diminati oleh masyarakat.

Salah satu faktornya adalah pasir di sana terlihat bersih, terbukti dengan tidak adanya kotoran atau hanya noda yang menempel di antara pasir berwarna cerah tersebut. Faktor lainnya adalah dengan adanya pasir ini, pengunjung hanya bisa bermain-main dengan media tersebut.

Area pasirnya memang cukup luas bagi wisatawan yang datang untuk bersenang-senang bersama teman atau keluarga yang diundang. Berkunjung ke pantai memang tidak akan lengkap jika tidak mencoba pasirnya tanpa alas kaki. Jika Anda ingin memakai sepatu, kontak pasir dengan kulit akan selalu nyaman.

Pasir di tempat ini begitu lembut. Jarang kita temukan batu tajam kadang berbahaya. Hal inilah yang membuat semua pengunjung sangat nyaman berada di tempat ini. Mereka bisa leluasa menjelajahi pasir dan sekitarnya secara lebih detail yang tak kalah menarik untuk dijelajahi.

3. Pemandangan yang sangat indah

Atraksi batu katakKredit Gambar: Facebook Jelajahi Indonesia

Bahkan, hampir seperti kebanyakan tempat di sana, pantai Watu Kodok juga memiliki pemandangan yang sangat indah. Formasi pantai yang mengarah langsung ke Samudera Hindia ini cukup indah untuk menciptakan sudut pandang yang menghasilkan gambar yang menakjubkan.

Ditambah dengan berbagai pemandangan alam yang terlihat cukup menarik dan membuat pemandangan semakin mempesona. Rangkaian pasir putih berpadu apik dengan birunya laut yang mengelilinginya memberikan tampilan yang tak terlupakan. Inilah mengapa sebagian orang menyamakan tempat ini dengan pantai-pantai di Bali.

Semua ini juga menjadi lebih indah dengan hadirnya rangkaian koral. Beberapa karang tampak menjorok ke laut dan seolah menambah keunikan pemandangan laut.Karang di wilayah selatan pulau jawa memang cukup ikonik, namun seringkali menjadi hal yang menambah keindahan pantai. .

Semua keindahan pemandangan menyatu dengan cakrawala biru yang menaungi itu. Terkadang langit yang menaungi itu berubah warna menjadi jingga saat matahari terbenam. Pada saat ini, suasana menjadi damai. Pemandangannya berubah 180 derajat karena terlihat begitu eksotis.

4. Areanya cukup luas

Hal ini juga sering mengundang banyak orang untuk lebih tertarik datang ke Pantai Watu Kodok. Hamparan pasirnya terlihat cukup luas untuk dijadikan sebagai tempat relaksasi para wisatawan. Apalagi mereka juga bisa leluasa melakukan berbagai hal yang akan membuat liburan semakin menyenangkan.

Pantai ini memang relatif lebih luas dari berbagai pantai yang ada di kawasan ini. Makanya banyak yang tertarik mampir ke sana. Tempat ini mampu menampung banyak pengunjung yang ingin menikmati suasana tempat tersebut.

Alamat dan petunjuk arah menuju lokasi pantai Watu Kodok

Alamat Pantai Watu KatakKredit Gambar: Facebook Jelajahi Indonesia

Lokasi pantai ini berada di kawasan Tanjungsari yang merupakan bagian dari Gunung Kidul. Pantai Watu Kodok dekat dengan beberapa pantai lain seperti Drini dan Panjang. Lokasinya juga tidak jauh dari Pantai Sanglen yang berada persis di sebelah barat objek wisata yang memiliki ikon unik berupa batu karang berbentuk katak.

Jarak lokasi dengan ibu kota Yogyakarta kurang lebih 70 kilometer. Total durasi perjalanan yang akan dilakukan kurang lebih dua jam. Rute yang akan ditempuh cukup mudah dan tidak perlu melewati tempat-tempat tertentu. Ikuti jalan menuju Panembahan di salah satu kota besar di Indonesia. Setelah itu, belok ke area Brigjen Katamso setelah melewati perempatan.

Kendarai kendaraan yang melaju ke timur dan mencapai persimpangan dan berbelok ke jalan Kolonel Sugiono. Jika sudah sampai pertigaan, belok kendaraan ke jalan Sisingamangaraja. Ikuti jalan ke barat menuju Imogiri. Dari sana, pengunjung harus melanjutkan perjalanan ke kawasan Gunung Kidul dan tiba di Jalan Pantai Selatan.

Pengunjung cukup mengikuti arah yang sama untuk mencapai Pantai Baron. Namun, jika ada tanda untuk berbelok ke sana, wisatawan harus tetap berkendara di sepanjang jalan utama. Lanjut ke Pantai Indrayanti. Sebelum tiba Anda akan menemukan tanda dan akan cukup jelas untuk mengarahkan Anda ke pantai.

Tiket Masuk Pantai Watu Katak Gunung Kidul

Harga Tiket Katak BatuKredit Gambar: Instagram Wahyu Indraswati

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk mendapatkan akses penuh ke lokasi hanya sekitar 5.000 untuk setiap pengunjung. Harganya memang sangat terjangkau. Namun, jika ingin berkemah, akan dikenakan biaya tambahan.

Jika Anda membawa kendaraan sendiri ke lokasi ini, Anda juga harus menambah biaya parkir yang harus dibayarkan. Bagi anda yang membawa mobil harus merogoh kocek sebesar Rp 5.000, namun untuk kendaraan roda dua hanya berkisar Rp 3.000 saja.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Pantai Watu Kodok

Aktivitas di Pantai Watu KatakKredit Gambar: Google Maps Theresia Dew

1. Perkemahan

Tempat ini memang menjadi salah satu pilihan camping di antara sekian banyak pantai selatan Yogyakarta. Tak heran karena dengan area berpasir yang luas, pengunjung bisa menggunakan titik berbeda untuk mendirikan tenda. Liburan jadi makin seru bersama teman-teman.

Berkemah di sana juga menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Pengunjung bisa membuat tenda di area berpasir yang jauh dari pantai, terutama saat bulan purnama saat air laut akan naik lebih tinggi dari sebelumnya.

2. Nikmati saat-saat menenangkan yang indah

Objek wisata bahari selalu memberikan kesan tersendiri bagi setiap orang yang mengunjunginya. Begitu juga dengan Pantai Watu Katak. Perpaduan berbagai bentang alam yang tersebar di seluruh area ini sangat indah dan semakin menyejukkan ketika angin bertiup kemana-mana.

Ada beberapa pohon yang berdiri di tepi pantai. Inilah mengapa istirahat sejenak menikmati panorama yang disuguhkan merupakan sesuatu yang cukup menarik untuk dilakukan. Rekreasi di lokasi akan sangat berkesan di hati sanubari.

3. Melihat matahari terbenam

Saat-saat ketika matahari terbenam adalah sesuatu yang dinanti-nantikan. Tempat ini cukup indah, ditambah dengan semburat cahaya yang akan memukau semua mata di langit yang menaunginya. Warna cakrawala tidak lagi menjadi biru cerah, tetapi akan menjadi oranye kemerahan.

Ini saat yang tepat untuk hunting foto lebih intensif di sana. Berbagai titik memang cocok digunakan sebagai latar belakang foto potret yang diambil. Semua ini menjadi lebih eksotis ketika sektor swasta beroperasi.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi Pantai Watu KatakKredit Gambar: Google Maps Theresia Dew

1. Homestay Sundak Indah

Karena jarak antara kedua objek ini cukup dekat, tempat ini bisa menjadi rekomendasi yang cocok. Dengan tarif yang cukup murah, pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas di sana.

2. Hotel Desa Drini

Ada kurang dari satu mil antara tempat menginap yang cukup murah ini dan lokasi pantai yang indah ini. Beberapa tipe kamar bisa disewa tergantung jumlah orang yang akan bermalam di sana. Meski sederhana, tapi tempat ini cukup cozy.

3. Pondok Sembrodo

Akomodasi ini cocok bagi mereka yang membawa anak kecil karena tersedia area bermain khusus. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati hal-hal lain yang tersedia seperti restoran indoor. Harga sewa per malamnya yang tidak terlalu mahal menjadikannya pilihan yang tepat.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Watu Kodok Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Watu KodokKredit gambar: Twitter satriwan

Pantai Watu Kodok memiliki beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh para pengunjungnya. Meski tidak penuh, setidaknya ada beberapa warung toilet dan mushola bagi yang beragama Islam.

Selain itu, ada juga beberapa tempat pengamatan bagi wisatawan untuk beristirahat. Tempat parkir yang memadai dan beberapa warung makan juga terlihat di area sekitar.

Berkunjung ke Yogyakarta selalu membawa kesan yang tak terlupakan. Di antara sekian banyak pantai di Gunung Kidul, Pantai Watu Kodok dengan berbagai pemandangan unik menghiasi tempat tersebut bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur bersama teman atau kerabat lainnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button