EMBUNG BANSARI Tiket Terjangkau Panorama Sempurna - WisataHits
wisatahits

EMBUNG BANSARI Tiket Terjangkau Panorama Sempurna

EMBUNG BANSARI Tiket Terjangkau Panorama Sempurna

Harga tiket masuk Embung Bansari: Rp 5.000 hingga Rp 15.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: +62 822-2587-0910. Alamat/Lokasi: Desa Bansari, Bansari, Temanggung, Jawa Tengah, Indonesia, 56265.

Temanggung yang berada di kaki Gunung Sindoro dan Sumbing ini menawarkan sejumlah wisata menarik. Terletak di ujung timur kota Temanggung, ada destinasi wisata baru bernama Waduk Bansari. Sebuah kolam penyimpanan air hujan yang berada di atas ketinggian. Awalnya, kolam ini dibangun untuk mengairi sawah dan kebun milik penduduk setempat. Namun karena memiliki potensi, tempat ini pada akhirnya akan diresmikan sebagai tempat wisata pada akhir tahun 2020.

Berada di ketinggian 1.300 mdpl dengan pesona alam yang luar biasa. Dari atas, wisatawan bisa melihat sebuah kolam besar dengan Gunung Sindoro menjulang gagah di belakangnya. Bahkan di hari yang cerah, Anda juga bisa melihat delapan gunung di Jawa Tengah. Gunung Sumbing, Merbabu, Merapi, Telomoyo, Prau, Andong, Ungaran di Muria. Bahkan di malam hari, wisatawan bisa melihat kelap-kelip lampu kapal Laut Utara Jawa dari jauh.

Harga Tiket Masuk Waduk Bansari

Meski baru, Wisata Embung Bansari telah menetapkan harga tiket untuk setiap wisatawan. Tidak perlu khawatir karena harga tiketnya sangat murah. Bahkan di hari-hari tertentu, wisatawan juga akan mendapat pelet. Pelet ini bisa digunakan untuk memberi makan ikan di area tambak.

Harga Tiket Masuk Waduk Bansari
Tiket masuk Rp5.000
Tiket perkemahan Rp 15.000
Paket berkemah Rp325.000-Rp625.000
Tempat parkir mobil
Sepeda motor Rp5.000
Mobil Rp 10.000
bus Rp 20.000
Mobil motor Rp 75.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas EMBUNG KLEDUNG Temanggung

Jam Buka Waduk Bansari

Wisatawan dapat mengunjungi Embung Bansari kapan saja. Tempat wisata ini selalu buka 24 jam sehari tanpa henti. Waktu terbaik untuk datang adalah pagi atau sore hari saat cuaca cerah. Pada malam hari, kawasan ini juga ramai dikunjungi pengunjung camping.

Jam buka
Berkemah 24 jam
Kunjungan rutin 07.00 – 17.00

Waduk di kaki Gunung Sindoro

Waduk dengan pemandangan indahKeindahan Embung yang berada 1.300 mdpl di kaki Gunung Sindoro. Foto: Gmaps/Soepiti Hatta

Yang membuat Embung Bansari unik adalah lokasinya yang berada di puncak bukit. Berada di atas ketinggian 1.300 mdpl dengan pemandangan yang menakjubkan. Berdiri sejak 2019 dan menjelma menjadi destinasi wisata pada 2021, tempat ini langsung menjadi primadona. Pesona Gunung Sindoro yang terlihat gagah menjadi sajian utama. Ditambah lagi dengan pemandangan sawah dan perkebunan penduduk sekitar semakin meramaikan keindahannya.

Suasana segar khas pedesaan di lereng gunung sangat terasa di tempat ini. Embung Bansari bisa menjadi tempat yang tepat untuk menyegarkan pikiran. Bahkan di pagi hari, wisatawan bisa merasakan sensasi berada di atas awan. Melihat lautan awan di bawah kaki Anda tentu merupakan pemandangan alam yang sangat mempesona. Selain itu, wisatawan juga dapat melakukan aktivitas alam, termasuk berkemah.

Baca: TOUR POSONG Tiket Masuk dan Aktifitas

Pemandangan panorama Embung Bansari

Jika Anda membutuhkan penyegaran mata, Embung Bansari adalah pilihan yang tepat. Suasana segar pedesaan dengan perkebunan langsung menyapa saat memasuki desa Bansari. Tips sebelum memutuskan untuk mengunjungi tempat ini, pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Karena tempat parkir wisata ini berada di atas dan persis di samping waduk. Namun keuntungannya adalah wisatawan tidak perlu berjalan kaki.

Begitu sampai di atas, Anda akan disambut oleh pemandangan yang menakjubkan. Kolam renang seluas 2453m² ini memiliki bentuk yang indah. Apalagi dipadukan dengan pesona pegunungan yang mengelilinginya. Saat cuaca cerah, total ada sembilan gunung yang terlihat dari lokasi ini. Yang paling terlihat tentu saja Gunung Sindoro yang letaknya persis di sebelah timur.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas di Pikatan Water Park

lautan awan di pagi hari

Pesona waduk dengan lautan awanDi pagi hari, wisatawan berkesempatan menyaksikan lautan awan di tempat ini. Foto: Gmaps/Sonny Gouw

Jika ingin menikmati pemandangan yang lebih indah lagi, wisatawan bisa datang saat subuh. Terletak lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut, Embung Bansari memiliki pesona yang luar biasa di pagi hari. Selain menikmati sunrise, wisatawan juga bisa merasakan sensasi berada di atas awan.

Di pagi hari, lautan awan di bawah bukit Embung Bansari akan memeriahkan suasana. Saat ini, panorama di sekitar kawasan wisata sangat memukau. Salah satu momen yang harus dilihat di sini.

Baca: Green Canyon Sibajag: Tiket Masuk dan Aneka Kegiatan

Memberi makan ikan

Memberi makan ikan di kolamDi tempat ini wisatawan juga bisa memberi makan ikan-ikan yang hidup di waduk. Foto: Gmaps/Agus Susanto

Bagi yang mengajak anak-anak, ada kegiatan menarik. Itu memberi makan ikan yang hidup di kolam. Berbagai jenis ikan hidup di kolam ini. Bagi anak-anak, kegiatan seperti ini tentu sangat mengasyikkan.

Nikmati matahari terbenam

Meski sulit untuk datang di pagi hari dan menikmati matahari terbit, wisatawan bisa menikmati matahari terbenam. Momen sunset dari tempat ini juga tak kalah menakjubkan. Wisatawan dapat bersantai dan menikmati matahari terbenam sambil mencicipi berbagai makanan dan minuman hangat yang tersedia di warung-warung tersebut.

Baca: PASS KLEDUNG: Tiket Masuk dan Pesona 2 Gunung

Berkemah di Embung Bansari

Pesona malam di puncak Embung BansariDi malam hari, tempat ini menyuguhkan pemandangan indah kerlap-kerlip lampu kota. Foto: Gmaps/Raden Mas Yogi Priyanto

Letaknya yang sangat asri dan alami menjadikan tempat ini sering menjadi pilihan untuk berkemah. Di sekitar areal waduk terdapat tempat untuk mendirikan tenda. Dengan area yang cukup luas dan bisa menampung banyak tenda. Saat berkemah, wisatawan bisa berkesempatan menikmati pemandangan malam yang sangat romantis.

Pada hari yang cerah, kelap-kelip lampu kota Temanggung dan Wonosobo sangat indah. Selain itu, jika Anda melihat ke utara, Anda juga akan melihat kelap-kelip lampu kapal Laut Jawa Utara. Kemudian saat berkemah wisatawan tidak akan melewatkan pemandangan pagi yang indah di Embung Bansari.

Baca: Nepal Van Java: Tiket Masuk dan Pesona

Pemasangan Waduk Bansari

Meski tergolong wisata baru, tempat ini sudah memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Beberapa di antaranya adalah tempat parkir yang luas, toilet, bangku untuk bersantai, musholla untuk warung makan dan minum. Sedangkan kemudahan akses masih berupa jalan berbatu dan menanjak. Oleh karena itu perlu ekstra hati-hati untuk sampai ke tempat ini.

lokasi Waduk Bansari

Tempat wisata ini terletak di Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung. Jaraknya sekitar 18 km dari pusat kota Temanggung dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button