Pantai Senggigi Lombok - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Senggigi Lombok – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga Tiket – Pantai Senggigi adalah salah satu wisata bahari yang populer di pulau Lombok yang eksotis. Pesona pantai yang luar biasa mampu membuat pengunjung merasakan keseruan liburan pantai.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Senggigi, Kecamatan. Batu Layar, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Cek lokasi

Keindahan perairan Indonesia bagian timur tidak akan pernah kalah dengan daerah lain. Hal ini dibuktikan dengan wisata pantai Senggigi yang terdapat di Pulau Lombok. Pulau wisata yang terletak di sebelah barat Nusa Tenggara ini sepertinya tidak pernah sepi pengunjung. Mengapa demikian? Apa yang membuatnya menarik?

Atraksi Pantai Senggigi

Aktivitas di Pantai SenggigiKredit Gambar: Google Maps Word Philocaly Copywriting

Apa yang membuat wisatawan berpikir bahwa pulau ini adalah yang terindah di Pulau Lombok? Semua pertanyaan tersebut akan terjawab saat Anda menginjakkan kaki di kawasan wisata bahari. Kawasan wisata utama Lombok telah berkembang sejak tahun 1980, dan sejak tahun itu popularitasnya tidak pernah surut.

Hal ini karena Senggigi memiliki sederet keindahan alam yang tidak dapat ditemukan di daerah lain. Pengunjung yang hadir akan disuguhi pemandangan Gunung Agung dari Pulau Bali yang tampak di cakrawala. Datang saat terik matahari juga akan memberikan pemandangan keindahan alam laut dan perairan yang menakjubkan.

Lautan biru yang luas dengan latar belakang Gunung Agung akan membuat waktu Anda serasa terhenti. Semilir angin laut yang sejuk menggemakan deburan ombak yang tenang di tepi pantai. Padahal, hamparan pasir putih merupakan nilai plus untuk bersantai, menikmati keindahan alam dan menikmati berbagai fasilitas menarik dan menyenangkan di sekitar.

Keindahan tampilan alam pulau Lombok dan Bali akan semakin memukau saat senja. Saat ini, banyak warga yang rela menunggu untuk menyaksikan gelapnya matahari terbenam. Begitu matahari mulai bersembunyi di ufuk barat, keindahan pantai seakan menyatu dengan kerlap-kerlip lampu hotel dan gedung-gedung di pulau tetangga.

Tak hanya itu, pantai yang dinamai putri seorang legenda rakyat Lombok ini memiliki keindahan alam bawah laut yang tak tergantikan. Hamparan karang dan biota alamnya menjadi magnet tersendiri bagi mereka yang hobi snorkeling dan diving. Didukung dengan pemandangan laut yang sangat jernih, wajar jika tempat ini sangat sering dikunjungi oleh pengunjung.

Pesona alam pantai ini seolah tak ada habisnya. Mengingat letaknya yang berada di teluk, maka tak heran ada deretan pantai di sekitarnya yang tak kalah indahnya. Seperti Pantai Batu Bolong, Batu Layar dan masih banyak lagi. Anda juga bisa leluasa menikmati keindahan alam negeri timur Indonesia ini.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Senggigi

Aktivitas Menarik Pantai SenggigiKredit gambar: Google Maps Kawi Boedisetio

Selain terpesona oleh keindahan alam dan matahari terbenam yang tak terlupakan, masih banyak hal menarik yang bisa dilakukan. Jelas, salah satunya adalah mengabadikan momen dengan foto yang bagus. Anda bisa memotret keindahan alam, sunset atau aktivitas seru di sekitar pantai.

Salah satu kegiatan yang paling populer adalah snorkeling. Saat Anda ke pantai ini, jangan lewatkan aktivitas seru dan menantang ini. Ada banyak kios dan tempat persewaan peralatan menyelam atau snorkeling yang harganya cukup murah. Setelah itu, Anda hanya perlu berenang tidak jauh dari bibir pantai untuk menyaksikan kerajaan bawah laut.

Hanya dengan berenang atau naik perahu ke lokasi snorkeling Anda dapat menemukan berbagai biota laut dalam sekejap. Anda bisa berenang dengan ikan laut berwarna-warni untuk melihat hamparan terumbu karang yang terlihat jelas. Air di Pantai Senggigi jernih dan tenang. Jadi Anda tidak perlu khawatir tersapu ombak.

Jika Anda ingin aktivitas yang lebih menantang, Anda juga harus mencoba berselancar. Surfing atau selancar sering dikaitkan dengan ombak besar yang menakutkan. Namun berbeda dengan Senggigi. Aktivitas menantang ini untuk pemula yang ingin menguji nyali di sepanjang ombak lembut yang cocok untuk peselancar baru.

Anda hanya perlu pergi ke grup atau pelajaran selancar yang sering dipromosikan di sekitar pantai. Karena dikenal sebagai pantai dengan potensi selancar pemula, ada banyak instruktur selancar profesional di sini. Dengan banyak orang lain, Anda dapat meminjam peralatan selancar dan mengikuti pelajaran selancar.

Anda juga tidak perlu takut dengan kondisi alam. Karena Pantai Senggigi dan kawasan pesisir sekitarnya memiliki ombak pantai yang tidak terlalu tinggi. Menurut para peselancar, ketinggiannya hanya sekitar setengah hingga satu meter. Untuk itulah, ombak yang dijinakkan digunakan sebagai sarana belajar berselancar.

Selain berselancar, Anda juga bisa berlatih aktivitas ekstrem seperti bermain kano. Ada begitu banyak jasa sewa yang bisa Anda temukan di sekitar pantai. Dengan ombak yang cukup tenang, Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang pantai sambil mengayuh sampan yang menenangkan. Dengan kano Anda juga berkesempatan untuk menjelajahi bagian terjauh dari pantai Senggigi.

Bagi Anda yang membawa keluarga dan anak-anak, Anda bisa menikmati pantai ini sambil bermain air. Sesampai di sana, tentunya pemandangan pantai yang mirip teluk ini akan menjadi bukti bahwa lautnya aman. Memang, formasi pantai memberikan ombak kecil dan arus air yang cukup tenang.

Anda bisa mengajak anak-anak dan balita untuk menikmati segarnya air sambil berenang atau mandi di pantai. Bermain dengan air dan pasir tentunya akan sangat menarik bagi si buah hati. Namun, ingatlah keselamatan karena pengelola telah menyediakan area yang aman untuk berenang.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Senggigi Lombok

Fasilitas di Pantai Senggigi LombokKredit gambar: Google Maps Patahurrozik Al fatih

Karena lokasi Pantai Senggigi sudah terkenal dan menjadi favorit para wisatawan, jangan heran dengan tersedianya fasilitas di sekitar lokasi. Tidak hanya memadai, sarana dan prasarananya pun sangat lengkap. Dari fasilitas hiburan dan permainan air, fasilitas umum, warung makan, akomodasi, kafe, live music atau diskotik juga tersedia.

Bagi Anda yang tertarik untuk tinggal di sekitar pantai. Fasilitas akomodasi tersedia mulai dari tingkat melati hingga hotel bintang lima. Tidak hanya itu, harganya juga bervariasi. Anda dapat memilih antara akomodasi budget backpacker dan hotel mewah dengan pusat hiburan kelas atas.

Hotel berbintang lima ini umumnya memiliki sederet fasilitas yang tak kalah menarik. Anggap saja seperti kolam renang, restoran, spa, dan banyak lagi. Hal ini tentunya menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang suka bermain dan ingin menghabiskan waktu di Pantai Senggigi.

Setelah Anda berhasil menemukan tempat untuk bersantai dan bermalam, Anda bisa leluasa menikmati fasilitas bermain air lainnya. Saat matahari bersinar dari ujung timur, Anda bisa melihat banyak warga sekitar yang mulai aktif menjajakan fasilitas dan permainan di sekitar pantai.

Paling dicari di pagi hari adalah angkutan umum yang siap mengantar Anda menjelajahi pantai. Fasilitas kendaraan meliputi Bemo, Cidomo dan jasa sewa mobil. Dengan harga yang relatif murah, Anda akan bisa melihat hamparan air laut yang biru jernih sambil menikmati sejuknya semilir angin dari perbukitan di sekitar pantai.

Setelah hanya bepergian dengan kendaraan tradisional, Anda dapat kembali ke pantai pusat untuk bersantai dan piknik. Garis pantai yang sangat panjang menjadi rest area yang tak berujung. Pasir laut yang bersih dan lembut dapat dijadikan alas alami untuk duduk dan bersantai bersama keluarga dan teman.

Di beberapa tempat di pinggir pantai juga terdapat pepohonan yang rimbun, yang bisa dijadikan atap peneduh untuk piknik. Namun jika ingin suasana yang lebih kondusif dan menyenangkan, beberapa pedagang di sekitar pantai juga menyewakan beanbag atau kursi warna-warni yang cocok untuk diduduki. Dilengkapi dengan meja dan payung, tak heran wisatawan betah berada di Senggigi.

Bicara soal relaksasi, tidak lengkap rasanya jika tidak menyantap makanan. Tempat ini sudah dipenuhi dengan banyak restoran dan warung. Produk kuliner yang ditawarkan juga beragam. Dari makanan sederhana seperti jagung bakar, ikan bakar, hingga makanan olahan khas daerah Lombok yang super enak.

Untuk itu, tidak heran jika banyak wisatawan yang sengaja datang untuk wisata kuliner. Restoran dan warung yang bisa Anda temukan biasanya menjual masakan tradisional seperti Ayam Taliwang, Sate Bulayak, Plecing Kangkung dan masih banyak lagi makanan khas Indonesia atau makanan khas Lombok lainnya.

Untuk menarik wisatawan asing juga, warung makan dan restoran juga menawarkan cita rasa internasional. Makanan kelas atas dengan bahan makanan laut, salad yang bisa Anda pilih. Selain itu, Anda yang menyukai kehidupan malam juga bisa menikmati bar, pub atau diskotik yang siap memeriahkan malam.

Yang menarik dari bar dan kehidupan malamnya adalah pestanya. Menurut warga dan pengelola, hampir setiap malam pantai ini menggelar pesta. Yang terjadi di tempat yang selalu bergerak. Pasalnya, pelaksanaannya dilakukan secara bergilir oleh bar, kafe dan pub di sekitar pantai.

Biaya masuk dan rute masuk kawasan Pantai Senggigi

Jalan Pantai SenggigiKredit gambar: Google Maps Prima Wahyudi

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat ini, bersiaplah untuk perjalanan yang tidak memakan waktu terlalu lama. Secara administratif, alamat pantai ini termasuk dalam wilayah kecamatan Batu Layar, tepatnya di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Karena sudah cukup terkenal, rute dan perjalanan menuju pantai ini tidak akan terasa berat.

Rute yang bisa Anda tempuh akan dimulai dari kota Mataram. Dengan jarak tempuh sekitar 30-50 menit dari bandara Mataram, Anda juga akan menemukan banyak angkutan umum yang siap mengantar Anda ke pantai Senggigi. Menariknya, Anda hanya perlu membayar sekitar 3000 per orang untuk perjalanan dari Sweta ke Ampenan.

Kemudian dari Ampenan Anda harus terus naik angkutan umum ke Senggigi dengan biaya hanya dua ribu. Sesampainya di tempat wisata, Anda harus berjalan kaki menuju pantai yang hanya berjarak 3 menit. Di sepanjang perjalanan ini Anda akan menemukan deretan pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai cinderamata dan warung makan yang tak ada salahnya untuk didekati.

Ternyata bukan hanya transportasinya yang murah, harga tiket masuknya juga tidak merogoh kocek dalam-dalam. Setelah sampai di lokasi, setiap pengunjung hanya akan dikenakan biaya 15.000. Kemudian Anda bebas menghabiskan waktu di pantai hingga sore hari. Pasalnya, tempat hiburan pantai dan sekitarnya akan tetap beroperasi selama 24 jam.

Sebagai salah satu destinasi wisata favorit warga dan wisatawan, tak heran jika pantai ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Selain membuat pengunjung betah, wisata bahari ini sendiri cukup indah untuk dinikmati. Bagi Anda yang ingin berwisata bersama keluarga dan orang tersayang, Pantai Senggigi tidak akan mengecewakan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button