Pantai Tanjung Aan Lombok - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Tanjung Aan Lombok – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Tanjung Aan salah satu pantai eksotis Mandalika Lombok Lingkungan. Pantai ini sangat ideal untuk snorkeling dan bermain air karena didukung oleh ombak yang tenang dan air yang cukup dangkal.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kuta, Kecamatan. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Cek lokasi

Pantai Tanjung Aan yang terletak di selatan Pulau Lombok merupakan salah satu pantai yang menjadi tujuan wisata terkenal di Lombok. Pantai ini menawarkan banyak keindahan yang akan memanjakan mata Anda.

Dengan airnya yang berwarna biru tua dan hijau toska, Anda akan dibuat takjub dengan surga alam yang tercipta di wisata bahari ini. Pemandangan yang ditawarkan oleh tempat ini sangat direkomendasikan untuk anda yang berada di Lombok. Ombaknya yang tenang memiliki konstruksi pantai yang landai, tempat ini menjadi destinasi favorit bagi sebagian orang.

Pengelola Pantai Tanjung Aan juga menyediakan fasilitas yang memadai bagi wisatawan yang berkunjung ke sana. Mulai dari akomodasi, restoran, persewaan perahu, peralatan snorkeling yang bisa digunakan pengunjung untuk melengkapi liburan pantainya.

Atraksi Pantai Tanjung Aan

Aktivitas di Pantai Tanjung AanKredit gambar: Google Maps Bayu Agung

1. Memiliki dua jenis pasir pantai

Terletak di dua bagian pantai, ada dua jenis pasir di kawasan pantai ini. Yang pertama adalah Lada Pasir. Pasir yang memiliki tekstur kasar, bulat, dan kecil memiliki rasa tersendiri saat Anda berjalan di atasnya.

Berbeda dengan teksturnya yang kasar dan bulat, Tepung Pasir memiliki bentuk yang sangat halus dan lembut. Ini seperti tepung ketika Anda mengambilnya. Anda bisa menemukan dua jenis pasir yang berbeda ini di Pantai Tanjung Aan.

2. Ada ayunan di dekat pantai

Saat anda berkunjung ke pantai ini, anda akan menemukan sebuah ayunan besar yang menghadap langsung ke laut, terjebak di tengah pantai yang dangkal, anda akan mendapatkan spot foto dan pemandangan yang indah dan eksotis.

Latar belakang yang keren ini akan membuat siapa pun yang menaiki ayunannya terkesan. Meskipun ada banyak ayunan lain yang dipasang di sekitar pantai, yang satu ini lebih populer karena terletak di lokasi yang unik.

3. Pemandangan dari Bukit Merese

Objek Wisata Pantai Tanjung AanKredit gambar: Google Maps Alessio D’Amico

Bukit Merese terkenal sebagai salah satu bukit yang mengelilingi pantai dan menjorok ke tengah laut, cukup mudah untuk didaki dan mencapai puncak bukit ini, namun harus hati-hati, tanahnya berbatu dan keras, batu tajam dapat melukai kaki. Kenakan sepatu atau alas kaki lain yang dapat melindungi kaki Anda.

Ada jalur menanjak di sebelah kanan pantai Tanjung Aan, Anda bisa melakukan perjalanan sesaat sebelum matahari terbenam. Kali ini sangat direkomendasikan karena pemandangan matahari terbenam dan hamparan laut yang sangat indah dan menakjubkan.

4. Bukit Payung

Lokasi Batu Payung sendiri sering digunakan untuk selfie atau bermain air oleh pengunjung. Batu ini memiliki ukuran yang besar, namun bagian bawahnya lebih kecil karena sudah lama terkikis oleh air. Inilah yang membuatnya disebut batu payung.

Untuk sampai ke tempat ini, Anda perlu menyewa lo-boat atau perahu nelayan. Harga sewa perahu ini agak mahal yakni Rp 300.000 dengan masa sewa tak terbatas. Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari yang tercantum di atas jika Anda tahu cara menawar dengan baik.

Alamat, Rute dan Harga Tiket Pantai Tanjung Aan

Aktivitas Menarik Pantai Tanjung AanKredit gambar: Google Maps Nawrot

Terletak di Desa Lombok, Kecamatan Pjuk, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pantai yang dinamai Tanjung Aan ini memiliki ratusan pengunjung pantai setiap harinya. Pantai ini dekat dengan Pantai Kuta Lombok, hanya membutuhkan waktu 3 kilometer dan 15 menit untuk sampai ke sana. Hal ini membuat banyak paket wisata yang menawarkan kunjungan ke dua pantai ini.

Jika anda berkendara dari kota Mataram menuju Cakranegara maka anda akan melewati Praya, Batunyale, Rambitan, kemudian pantai Kuta sebelum akhirnya sampai di tempat yaitu pantai Tanjung Aan. Dengan rute ini, durasi yang ditempuh adalah 1h30.

Namun, jika Anda memulai perjalanan dari Senggigi Lombok, Anda akan menghabiskan waktu 1 jam 50 menit dengan jarak 72 kilometer. Sedikit saran bagi Anda untuk membawa kendaraan sendiri atau menyewa mobil sendiri untuk menuju kesana, karena akan mempermudah perjalanan. Bisa dikatakan kondisi jalan menuju pantai sudah bagus sehingga wisatawan tidak perlu khawatir.

Anda akan dikenakan biaya di pintu masuk kawasan wisata Pantai Tanjung Aan untuk membayar parkir. Dengan membayar 10.000 rupee untuk mobil dan 5.000 rupee untuk tempat parkir sepeda motor, Anda dapat meninggalkan kendaraan Anda di sana dengan aman.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Tanjung Aan

Aktivitas Menarik Pantai Tanjung AanKredit gambar: Google Maps Ida Nur Farida

1. Bermain pasir

Ada dua jenis tekstur pasir di Pantai Tanjung Aan, Pasir Lada dan Pasir Tepung. Sesuai dengan namanya, bentuk dan rasa yang Anda dapatkan saat berjalan atau mencengkeram pasir adalah sama.

Dengan pasir tepung, Anda bisa bermain seperti pasir di pantai lain, seperti membuat istana pasir, mengubur mayat, dll. Sementara itu, dengan pasir merica kasar, Anda bisa membangun lapangan voli dan bermain di atasnya.

2. Berjemur di bawah payung jerami

Kegiatan penyamakan kulit sering dilakukan oleh masyarakat yang berkunjung ke pantai. Apalagi dengan cuaca yang cukup panas di sana, jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya atau krim lain yang sesuai dengan kulit Anda dan dapat melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV yang berbahaya.

Namun, jika Anda tetap ingin berjemur namun dengan paparan sinar matahari yang tidak langsung mengenai kulit Anda, Anda bisa memanfaatkan payung jerami yang ada di pantai. Jumlahnya cukup tinggi dan Anda bisa bersantai menikmati sejuknya angin pantai.

3. Tangkap Nyale

Merupakan tradisi resmi untuk berburu Nyale Mandalika di pantai Tanjung Aan setiap bulan Februari. Nyale sendiri merupakan cacing laut yang memiliki tubuh seperti cacing tanah namun berukuran lebih kecil dan berwarna hijau atau coklat.

Nyale ini hanya muncul pada waktu-waktu tertentu. Banyak resep yang menggunakan Nyale sebagai bahan utamanya.

4. Melihat matahari terbenam

Selain menikmati pemandangan pantai, Anda juga bisa mengagumi matahari terbenam. Dengan mendaki bukit-bukit yang mengelilingi laut, Anda bisa menemukan tempat yang cocok untuk duduk dan menghabiskan waktu.

Batu Payung, tempat yang bisa Anda tuju dengan perahu nelayan, sangat cocok untuk berfoto dan bermain air. Tempat ini sangat cocok untuk hang out bersama teman-teman Anda.

Sementara itu, ada Bukit Merese. Bukit yang berada di sebelah kanan pantai Tanjung Aan ini dapat dicapai dengan mengambil jalan setapak dan mendaki sedikit di atas tanah berbatu yang berbatu. Dengan medan seperti ini, Anda hanya perlu melukai kaki Anda jika tidak memakai sepatu.

5. Snorkeling dan Menyelam

Arus ombak yang tenang dapat digunakan untuk kegiatan menyelam dan snorkeling. Tempat ini cocok bagi anda yang ingin menghabiskan waktu mengamati keindahan bawah laut agar liburan anda menjadi lebih berwarna.

Akomodasi Murah Dekat Pantai Tanjung Aan

Akomodasi Murah Dekat Pantai Tanjung AanKredit gambar: Google Maps Arled

1. Novotel Lombok Resort and Villas

Hostel yang memiliki kamar mewah dan villa yang terletak di pinggir pantai sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menginap dengan pemandangan pantai yang indah di depan mata. Di tempat ini, terdapat sebuah restoran di tepi pantai dengan spa dan beberapa kolam renang di luarnya.

2. Hotel Segara Anak

Ada kamar dengan fasilitas pemanas yang akan melindungi Anda dari dingin di malam hari. Ada fasilitas kolam renang luar ruangan dan restoran kasual yang terletak di pantai. Sambil menikmati makanan, Anda bisa melihat pemandangan pantai yang indah.

3. ILLIRA Lite Praya Lombok

Jika Anda ingin bermain tenis meja bersama teman-teman di asrama, Anda bisa memilih tempat ini sebagai tempat peristirahatan Anda. Beberapa fasilitas disediakan gratis untuk tamu hostel, antara lain wifi, sarapan, parkir, dan transportasi bandara gratis.

4. Bungalo Puri Rinjani

Di tempat ini Anda bisa menemukan banyak kamar yang ditawarkan dengan harga murah dan tentunya kualitasnya tidak masalah. Ada kolam renang, Wi-Fi gratis, parkir dan restoran di dekat lokasi hostel.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Tanjung Aan Lombok

Fasilitas di Pantai Tanjung Aan LombokKredit gambar: Google Maps Tia Indra

Fasilitas di pantai ini tentunya memenuhi kebutuhan pengunjung dan lengkap. Fasilitas penunjang wisata seperti persewaan perahu, snorkeling, selancar, berjemur di bawah payung, ayunan yang dapat menghibur pengunjung juga tersedia.

Ada juga fasilitas tambahan seperti tempat parkir mobil yang luas, toilet umum berbayar, tempat makan atau makan di sekitar pantai, serta akomodasi dengan harga berbeda yang tentunya bisa Anda pilih sesuai dengan isi dompet Anda.

Demikian ulasan mengenai wisata pantai Tanjung Aan yang bisa dijadikan referensi di Lombok Tengah. Semoga ini bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih pantai eksotis ini sebagai tempat liburan Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button