Kawah Talaga Bodas, destinasi alam favorit di Garut - WisataHits
wisatahits

Kawah Talaga Bodas, destinasi alam favorit di Garut

Harga tiket: Rp 9.500, Jam operasional: 06.00-17.45 WIB, Alamat: Galunggung, Sukamenak, Kec. Wanaraja, Kab. Garut, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Mendengar nama Garut pasti akan teringat dengan salah satu makanannya, yaitu dodol. Rasanya yang manis dengan variasi buah yang beragam memang enak untuk dicicipi. Namun, di Garut, bukan hanya makanannya saja yang menarik. Karena destinasi wisata yang ada di kota ini juga sangat menawan untuk dikunjungi.

Di Garut, pengunjung bisa melihat hamparan pemandangan alam yang indah. Lingkungan alamnya masih asri dan belum banyak berubah. Alhasil, udara yang Anda alami saat berlibur sangat menyegarkan. Dengan cara ini Anda akan merasa betah menghabiskan waktu luang di sini.

Datang ke Garut, Anda bisa singgah di berbagai destinasi wisata menarik. Salah satu yang paling populer di kalangan wisatawan adalah kawah Talaga Bodas. Keindahan pemandangannya akan membuat Anda betah berlama-lama saat mengunjunginya. Informasi lebih lanjut di bawah ini:

Intip keindahan alam Kawah Talaga Bodas

Keindahan Kawah Talaga BodasKredit gambar: Google Maps Dian Novia Ranjaini

Kawah Talaga Bodas merupakan destinasi wisata favorit di Garut. Pengunjung selalu ramai karena pemandangan wisata alamnya yang sangat indah. Kawah berbentuk danau yang berisi air berwarna putih kehijauan memberikan tampilan yang sangat eksotis. Sambil melihat pemandangan, pengunjung dapat mengambil foto indah dari berbagai sudut.

Kawah Talaga Bodas yang berbentuk seperti danau merupakan hasil dari letusan gunung berapi Telaga Bodas. Aktivitas vulkanik masih ada tetapi tidak lagi berbahaya. Dengan cara ini, Anda hanya bisa melihat keindahan di sekitar Anda. Perkebunan, hutan hingga pemandangan Gunung Galunggung bisa terlihat dari jauh. Jelas memanjakan mata pengunjung dan membuat Anda lebih betah.

Untuk melihat pesona alam yang mempesona, terkadang Anda harus berjuang. Sakitnya terasa ketika ingin mengunjungi Kawah Talaga Bodas. Pengunjung harus berjalan kaki menuju lokasi dari tempat terakhir kendaraan diparkir. Tapi di sepanjang jalan, Anda tidak akan menyesalinya. Mengingat view yang terlihat begitu mempesona dengan hamparan perbukitan tinggi yang terjal.

Fasilitas di Kawah Talaga Bodas

Fasilitas Kawah Talaga BodasKredit gambar: Google Maps Endang Putra Siliwangi

Bicara soal fasilitas, Kawah Talaga Bodas tak kalah lengkap dengan destinasi wisata lainnya. Berbagai fasilitas siap untuk memudahkan aktivitas Anda selama berkunjung. Fasilitas yang ada terutama ditujukan untuk membantu para pengunjung agar lebih menikmati liburan mereka di danau yang indah ini. Fungsi tersebut selama ini tampak optimal mengingat tempat wisata ini tidak pernah sepi.

Yang jelas fasilitas umum ada, bahkan fasilitas seperti resto dan camping area juga ada. Restoran yang ada tidak menawarkan menu lengkap. Tapi cukup Anda bisa memesan makanan cepat saji seperti mie olahan. Sementara itu, area perkemahan siap untuk pengunjung yang ingin bermalam untuk menikmati keindahan kawah Talaga Bodas di malam hari.

Perhatikan bahwa Anda tidak boleh terlalu dekat dengan kawah. Mengingat kawah yang megah ini, airnya mengandung asam yang bersifat korosif, sehingga berbahaya jika terkena tangan. Namun jika ingin bersantai sejenak, menghabiskan waktu di Shower 7 mungkin bisa menjadi pilihan. Pengunjung hanya perlu berjalan kaki sejauh 1 km atau naik ojek dari tempat wisata Kawah Talaga Bodas.

Relaksasi saat mandi merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan rasa lelah. Nah, untuk bisa melakukan itu tentunya tidak langsung di kawah Talaga Bodas. Anda harus berjalan kaki sekitar 200 meter dari Talaga Bodas untuk sampai ke sana. Kolam air panas berada di sebelah kanan danau. Jalan kaki agak jauh dan lokasinya persis di sebelah sawah.

Rute menuju kawasan kawah Talaga Bodas

Rute Kawah Talaga BodasKredit Gambar: Hujan Google Maps

Rute atau jalur menuju lokasi wisata harus dipertimbangkan sebelum mengunjunginya. Jika rute yang ada sulit untuk diikuti, tentu saja dapat mengganggu waktu liburan. Bukannya senang, justru menambah stres dan ketakutan. Jika Anda ingin datang ke Kawah Talaga Bodas, Anda tidak perlu khawatir tersesat. Karena semua jalan yang akan ditempuh mudah untuk diikuti.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi. Namun, penggunaan kendaraan pribadi disarankan karena beberapa jalur yang akan dilalui dari jalan suci menuju Karangpawitan masih mulus. Namun di Karangpawitan, kondisi jalan cukup sempit, sehingga tidak memungkinkan untuk dilintasi kendaraan umum seperti bus.

Bagi Anda yang berasal dari pusat kota sendiri memang bisa mengambil jalan keramat yang kemudian dilanjutkan ke Karangpawitan. Setelah itu terjadi pada Wanareja. Jarak dari pusat kota ke tempat wisata Jawa Barat adalah 27,6 km. Anda hanya akan menghentikan kendaraan lalu melanjutkan dengan berjalan kaki atau naik ojek menuju lokasi wisata kawah Talaga Bodas.

Harga Tiket Masuk Kawah Talaga Bodas

Harga Tiket Kawah Talaga BodasKredit gambar: Google Maps Venom Neo

Mengunjungi tempat-tempat indah selalu menjadi impian. Apalagi di Kawah Talaga Bodas yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Mengenai harga tiket masuk, sebenarnya dibagi menjadi dua pengunjung. Bagi Anda wisatawan lokal pasti akan lebih diuntungkan karena harga tiket masuk hanya Rp 9.500 per orang di hari biasa dan akhir pekan Rp 9.500 plus parkir Rp 5.000.

Harga wisatawan lokal ini tentunya sangat ringan di kantong mengingat pemandangan yang ditawarkan sangat megah dan tiada duanya. Sedangkan pengunjung asing harus membayar Rp 100.000 pada hari biasa dan Rp 150.000 pada akhir pekan. Untuk harga parkir tetap sama dengan untuk pengunjung lokal yaitu Rp 5000.

Selisih harga ini merupakan keputusan mutlak para pihak yang bersangkutan. Namun, Anda harus menyadari bahwa harga masuk dapat berubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu pengunjung harus rajin mengupdate harga terbaru dengan menghubungi pengelola.

Tips Berkunjung ke Kawah Talaga Bodas

Tips Kawah Talaga BodasKredit gambar: Google Maps Raynardthan Pontoh

Berkunjung ke lokasi wisata terkadang perlu mengetahui tips-tips penting sebelum datang. Sama halnya ketika ingin datang ke kawah Talaga Bodas. Ada beberapa hal yang perlu Anda patuhi agar semuanya berjalan dengan baik. Pemanggilan juga terkadang dilakukan secara langsung oleh petugas atau manajemen mengenai beberapa hal penting di Tempat Wisata Kawah Talaga Bodas.

Beberapa hal yang harus Anda patuhi antara lain berhati-hati dengan air di kawah. Kawah Talaga Bodas yang berwarna putih kehijauan memang megah namun pengunjung hanya perlu melihatnya dari jauh. Artinya tidak terlalu dekat karena air dari kawah Talaga Bodas mengandung asam yang berbahaya jika terkena kulit.

Mengingat bahayanya kandungan air kawah Talaga Bodas, pengunjung dipastikan tidak diperbolehkan minum dari mata air tersebut. Wisata Kawah Talaga Bodas memang berbeda dengan destinasi lainnya, sehingga sangat penting untuk memperhatikan unsur-unsur tersebut. Lagi pula, jika Anda ingin mandi, Anda dapat melakukannya di taman pemandian yang tidak terlalu jauh dari lokasi kawah Talaga Bodas.

Beberapa tips lain terkait dengan persediaan makanan. Ada baiknya Anda membawa bekal saat memulai perjalanan dari tempat parkir menuju kawah Talaga Bodas. Perjalanan sudah mencapai 900 meter, jadi alangkah baiknya jika pengunjung membawa makanan atau minuman terlebih dahulu.

Demikian informasi menarik tentang Kawah Talaga Bodas. Tempatnya yang asri tentunya cocok untuk dihabiskan bersama keluarga atau teman saat liburan. Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan objek wisata alam saat mengunjunginya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button