Catatan! Cara Cepat Verifikasi Data Saat Daftar Subsidi Tepat MyPertamina - Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Catatan! Cara Cepat Verifikasi Data Saat Daftar Subsidi Tepat MyPertamina – Solopos.com

Catatan!  Cara Cepat Verifikasi Data Saat Daftar Subsidi Tepat MyPertamina – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Antrean pembelian solar di SPBU Jl. Radjiman, Laweyan, Solo-Rabu (25-01-2023). Pembelian solar bersubsidi di Kota Solo per Kamis (26/1/2023) wajib menggunakan kode QR untuk program Hak Subsidi. (Solopos.com/Maymunah Nasution)

Solopos.com, SOLO — SPBU Supervisor II di Jl. Radjiman 469B Laweyan, Solo, Parjoko menjelaskan beberapa alasan mengapa verifikasi akun di MyPertamina memakan waktu lama.

“Syaratnya gampang, lampirkan foto KTP, lalu foto kendaraan. Verifikasi sering memakan waktu lama karena persyaratan tidak terpenuhi,” kata Parjoko, Rabu (25/1/2023).

Special Offers Penawaran spesial yang menarik, menginap di Loa Living Solo New Bisa nonton Netflix sepuasnya!

Parjoko menjelaskan, KTP saat difoto harus dalam posisi lurus dan terlihat jelas. Sedangkan foto kendaraan harus jelas 1 kendaraan utuh.

“Seringkali banyak orang hanya mengambil setengah dari foto kendaraan, yang berarti verifikasi benar-benar gagal dan akhirnya harus mengulang proses pendaftaran,” kata Parjoko.

Pos tunggal EMagz

Pria itu juga menjelaskan, jika semua syarat diunggah dengan jelas, maka verifikasi bisa dilakukan dengan cepat. “Misalnya daftar pagi ini, siangnya sudah bisa digunakan untuk penawaran solar bersubsidi seperti biasa,” imbuhnya.

Sejak diluncurkannya program MyPertamina Juli 2022 lalu, pegawai SPBU Parjoko dan Laweyan kerap membantu mendaftarkan subsidi sayap kanan.

Makanya mereka siap ketika mulai Kamis (26/1/2023) banyak pelanggan SPBU yang minta diikutsertakan dalam program tersebut.

“Rata-rata 3-5 orang minta bantuan kita, tentu kita bantu. Tapi seringkali mereka tidak sabar, padahal sebenarnya prosesnya sederhana,” tambah Parjoko.

Rekannya Eko Pribadi, supervisor di SPBU Laweyan, juga mengatakan ketidaksabaran pelanggan saat mendaftar program Hak Subsidi menghambat pemanfaatan program tersebut.

Solopos interaktif

“Seringkali pelanggan datang dan merugi karena tidak bisa membeli solar bersubsidi karena tidak memiliki QR code. Pendaftaran kami bantu sebagai langkah edukasi dan pengenalan program,” kata Eko, Rabu (25/1/2023).

Eko mengatakan pelanggan yang tidak memiliki kode QR akan dilayani hingga 20 liter sehari jika membeli solar bersubsidi. Setelah itu, pelanggan dibantu registrasi MyPertamina agar bisa segera diverifikasi.

“Kalau dia sudah punya QR code, dia bisa menambah volume pembelian tergantung jenis kendaraannya,” tambah Eko.

Dengan menyediakan website mypertamina.id, pendaftaran program Precise Subsidi dapat dilakukan secara online melalui website yang dibuka dari handphone/komputer atau dengan mengunjungi loket pendaftaran di SPBU terdekat.

Dokumen untuk subsidi yang relevan

iklan

Sejumlah dokumen yang harus disiapkan untuk pendaftaran kendaraan pribadi, kendaraan niaga, penumpang niaga dan pelayanan umum adalah:

1. Identitas foto
2. Foto depan dan belakang STNK (dibuka)
3. Seluruh foto kendaraan (tampilan depan dan samping)
4. Foto plat nomor

Semua data diperiksa, jika difoto dan diunggah dengan benar, maka pelanggan akan menerima 1 kode QR per 1 kendaraan.

Langkah selanjutnya adalah pengisian BBM bersubsidi di SPBU dengan cara sebagai berikut:

1. Siapkan kode QR yang Anda terima dari website subventiontepat.mypertamina.id
2. Tunjukkan kode QR ke operator stasiun (baik melalui ponsel atau dicetak)
3. Isi Solar atau Pertalite bersubsidi sesuai kendaraan yang berlaku
4. Lakukan pembayaran tunai (tunai) atau non tunai (kartu kredit/debit).

Perlu diperhatikan bahwa kode QR yang diterima per 1 kendaraan tidak memiliki masa berlaku. Pelanggan tetap dapat bertransaksi di SPBU jika lupa membawa kode QR asalkan terdaftar dan memberikan nomor polisi kendaraan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button