Catatan Sastra dalam FKY 2022 di Wisdom Park UGM - WisataHits
wisatahits

Catatan Sastra dalam FKY 2022 di Wisdom Park UGM

Senja di Wisdom Park UGM adalah waktu berkumpulnya para pecinta sastra di Yogyakarta. Kawasan ini dijadikan sebagai lokasi salah satu program FKY 2022 yaitu Sastra.

Acara Sastra mengambil tema “Yogyakarta, negara diaspora” sebagai kerangka untuk mempertimbangkan konteks Yogyakarta sebagai tempat pertemuan orang-orang dari berbagai daerah dan dengan berbagai kepentingan.

FKY 2022_Bazaar buku untuk acara sastraKegiatan Sastra Bazar buku, foto: Tim FKY

Program ini mencakup serangkaian kegiatan, antara lain bazar buku, debat publik, pertunjukan, dokumentasi karya sastra dalam buku, dan pameran foto hasil rekaman FKY.

Seluruh kegiatan akan berlangsung selama dua hari, yakni 16-17 September 2022 mulai pukul 14.00 WIB.

Di hari pertama, pengunjung langsung disuguhi stand-stand penerbit buku independen Yogyakarta.

Ada 17 penerbit/toko buku yang mengisi lapak yang tersedia yaitu Penerbit Nyala, Buku Langgar, Cantrik Pustaka, Penerbit Pocer, Penerbit Garudhawaca, Penerbit Selingan, Penerbit Jejak Pustaka, Penerbit Circa, Penerbit Kendi, Penerbit Semut Api, Penerbit Kobuku, Penerbit Gambang, Penerbit Radio Boekoe, Penerbit Gorga, Toko Buku Paperplane, Massa Action dan Penjualan Buku Sastra.

Pengunjung dapat menemukan berbagai macam buku fiksi dan non-fiksi. Ada juga buku bekas dan majalah bekas.

Di kawasan Taman Kearifan UGM, masyarakat dapat melihat pameran foto hasil rekaman FKY tahun 2021 dan 2022.

Lima fotografer turut serta dalam pameran ini, yakni Rangga Yudhistira dengan judul Harapan di Taman, Amal Purnama dengan Lestari Nggih, Mbah, Kurniadi Widodo dengan Sisa Dari Segara, Azka Amalina dengan Sajian Doa dan Gevi Noviyanti dengan Batik Dari Bajang.

Foto dan catatan mereka juga bisa dibaca di situs fky.id.

Sore harinya berlangsung diskusi sastra dengan mengundang akademisi atau penulis sebagai pembicara.

FKY 2022_Suasana wacana sastra_1Suasana Sastra Talk, foto: Tim FKY

Para peserta diskusi ini sebagian besar adalah mahasiswa, penulis, komunitas sastra, serta masyarakat umum yang hanya ingin tahu lebih banyak tentang sastra. Diskusi hari pertama bertajuk Beyond Regional Boundaries.

Diskusi berupaya menelusuri dan mendalami sastra Indonesia melalui dua tema, yaitu gagasan “batas” dan “wilayah”.

Diskusi menghadirkan dua pembicara, yaitu Katrin Bandel (akademisi dan penulis) dan Sunlie Thomas Alexander (akademisi dan penulis).

Keduanya berbagi kajian dan pengalaman terkait materi diskusi yang dimoderatori oleh Bernando J. Sujibto (penulis).

Acara hari pertama sastra diakhiri dengan acara TRANSIT. Pertunjukan sastra ini merupakan repertoar yang menyimpang dari tema “Yogyakarta Tanah Diaspora”.

Naskah disusun dari karya sastra dan lagu oleh penulis dan musisi. Penulis dan pembaca Heru Joni Putra, Kedung Darma Romansha, Muhammad Ali Fakih, Ni Made Purnama Sari dan Jejak Imaji. Musik oleh Assarkem dan Gabriela Fernandez.

Musik untuk pertunjukan ini diaransemen oleh Jenar Kidjing. Para penampil naik ke atas panggung yang telah disiapkan dan bergantian membacakan puisi dan prosa dengan iringan musik.

Pertunjukan ini menghadirkan kemeriahan tersendiri bagi para penontonnya.

Karya-karya yang dibacakan dalam pertunjukan sastra tersebut didokumentasikan dalam buku dengan judul yang sama, yaitu Transit.

Buku ini ditulis oleh para penerjemah yang terdiri dari para penulis dan komunitas dari Yogyakarta maupun luar yang kini tinggal atau singgah di Yogyakarta.

Buku Transit berisi puisi, prosa, dan esai yang semuanya memberikan gambaran tentang Yogyakarta.

Acara sastra FKY hari kedua masih akan berlangsung pada 17 September 2022 di Wisdom Park UGM dan akan disiarkan langsung di situs fky.id dengan program yang sama.

Pembahasan sastra akan berlanjut pada pembahasan gagasan pedesaan dan perkotaan yang ditempatkan dalam karya sastra Indonesia dengan judul Di Persimpangan Desa dan Perkotaan.

Diskusi ini melibatkan Mahfud Ikhwan (penulis dan editor) dan Ramayda Akmal (akademisi dan penulis) sebagai nara sumber, dan dipandu oleh Asef Saeful Anwar (akademisi dan penulis) sebagai moderator.

Sementara itu, acara TRANSIT akan menampilkan daftar pengisi acara yang berbeda, yaitu pembacaan oleh Abinaya Ghina Jamela, Andy Sri Wahyudi, Hans Hayon, Mutia Sukma dan Komunitas Kutub; musik oleh Agoni dan Kopibasi; menampilkan musik Jenar Kidjing.

Semua informasi detail tentang FKY 2022 dapat diakses melalui akun Instagram dan Twitter @infofky.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button