Taman Wisata Matahari, tempat rekreasi favorit di Bogor - WisataHits
wisatahits

Taman Wisata Matahari, tempat rekreasi favorit di Bogor

Harga tiket: Rp60.000, Jam operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl.Raya Puncak Gadog No.KM 77, Leuwimalang, Kec. Cisarua, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Kota Bogor merupakan salah satu destinasi wisata favorit saat musim liburan tiba, banyak wisatawan berduyun-duyun ke kota Bogor untuk menikmati berbagai destinasi wisata disana. Ada banyak pilihan wisata yang bisa Anda temukan di kota Bogor, misalnya puncak, dll.

Salah satu tempat wisata yang kini menjadi favorit terutama bagi wisatawan yang sedang berlibur keluarga adalah solar park yang biasa disingkat TWM, taman wisata matahari ini menjadi tempat wisata yang menyenangkan bagi wisatawan yang sedang berlibur keluarga karena menawarkan berbagai fasilitas dan wahana yang menarik.

Mengusung visi “reisure and education park”, Matahari Tourist Park hadir untuk menyediakan berbagai fasilitas dan wahana yang selain menghibur dan menyenangkan, juga merupakan fasilitas edukasi untuk anak-anak dan dewasa. Wahana taman wisata matahari meliputi wisata air, petualangan, permainan dan edukasi.

1. Lokasi dan Cara Menuju Taman Wisata Matahari

Lokasi Taman Wisata MatahariKredit Gambar: Google Maps roman wilson

Taman Wisata Bogor Matahari terletak di kawasan sekitar Cisarua Bogor. Lokasinya yang berada di Jalan Cisarua membuat Taman Wisata Matahari mudah diakses. Anda dapat dengan mudah memilih kendaraan yang berbeda selama kunjungan Anda.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Taman Wisata Matahari dengan kereta api bisa langsung menuju stasiun kemudian setelah turun naik bus menuju terminal kargo sore. Setelah tiba di stasiun barang pada siang hari, naik kendaraan L300, kendaraan akan membawa Anda ke puncak.

Jika anda datang dari Bandung dan membawa kendaraan pribadi anda bisa melewati tol Pasteur, dari tol terus menuju tol Putbaleunyi. Setibanya di Padalarang, lanjutkan perjalanan menuju Cipatat dari sana, terus berjalan hingga sampai di tempat tujuan.

2. Jam buka dan harga tiket masuk

Jam Buka Taman Bunga MarahariKredit gambar: Google Maps Jo No

Sama seperti tempat wisata di Jawa Barat pada umumnya, taman wisata surya buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00, jam tersebut berlaku pada hari biasa. Namun, untuk akhir pekan dan hari libur nasional, waktu tutup akan diperpanjang hingga pukul 17.00.

Pada hari biasa, tiket masuk ke Matahari Park adalah Rp 50.000, sedangkan pada akhir pekan dan hari libur naik sedikit menjadi Rp 60.000. Dengan membayar tiket masuk seperti yang disebutkan di atas, Anda dapat menikmati fasilitas seperti perahu karet, perahu naga dayung, kereta klasik dan mobil wara wiri.

Selain yang tadi kamu sebutkan, dari uang yang kamu bayar di loket masuk, kamu juga mendapatkan kupon diskon 50% untuk masuk ke funtasy land water. Sebenarnya masih banyak wahana lain di solar park ini, namun setiap wahana membutuhkan tiket sendiri-sendiri kecuali yang disebutkan di atas.

Harga tiket tersebut di atas dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung situasi dan kebijakan yang dikeluarkan oleh pengelola solar park. Peningkatan biasanya terjadi ketika terlalu banyak pengunjung, sesuai dengan salah satu prinsip ekonomi yang dikenal ketika permintaan tinggi harga akan meningkat.

3. Jalan-jalan air yang diusulkan

Menara Air Taman Bunga MatahariKredit Gambar: Google Maps idang fardiansyah

Sesuai dengan visi dari taman surya itu sendiri, wahana yang diusulkan sangat beragam, untuk wahana air, pengelola telah menyediakan sejumlah kolam yang bisa digunakan oleh anak-anak dan orang dewasa. Untuk anak-anak kolamnya tidak dibangun terlalu dalam, sedangkan untuk dewasa kolamnya juga sudah disesuaikan.

Kolam tanpa seluncuran sepertinya belum cukup lengkap untuk memenuhi hal tersebut, pengelola juga menawarkan seluncuran yang panjang dan tingginya yang bisa dikatakan cukup dan sudah lumayan. Fasilitas tersebut tentunya sangat menarik bagi Anda yang menyukai seluncuran air.

Selain kolam renang, ada juga atraksi air lainnya yang bisa Anda temukan di solar park ini, salah satunya adalah wahana water ball. Wahana ini bagi yang ingin merasakan sensasi berjalan di atas air menggunakan balon transparan yang sangat besar, biasanya balon diisi tiga orang.

4. Taman bermain dan pendidikan

Taman Bermain Bunga MatahariKredit gambar: Google Maps Adhie Soethari

Wahana ini memiliki beberapa macam tempat, orang yang datang untuk tujuan belajar tentang hewan purba dapat mengunjungi taman dino. Di wahana ini, Anda bisa belajar banyak tentang dinosaurus dari fosil-fosil dinosaurus yang dibangun oleh pihak pengelola, tidak nyata tetapi fosil-fosil tersebut didesain sangat mirip dengan aslinya.

Wahana edukasi lainnya yang bisa Anda temukan adalah taman satwa dan agro-sayuran dan buah-buahan, sesuai dengan namanya, wahana ini menawarkan berbagai hewan dan tumbuhan serta sayuran. Wahana ini sangat cocok bagi Anda yang ingin belajar lebih banyak tentang hewan, sayuran dan bercocok tanam.

Bagi anda yang ingin bersenang-senang apalagi bersama anak-anak, wahana sampan dan perahu motor bisa menjadi pilihan, selama wahana ini anda bisa menyusuri sungai bersama keluarga dan anak-anak. Kapasitas kendaraan ini cukup besar, yakni sepuluh penumpang.

Ada juga wahana pedal boat dan sepeda, wahana ini mengajak Anda merasakan sensasi lain selain bersepeda. Jika Anda atau anak Anda biasanya mengendarai sepeda di jalan atau di darat, di wahana ini Anda akan merasakan sensasi mengendarai sepeda di atas air, hits lain yang hampir mirip adalah perahu naga, permainan air air, dan perahu bom.

5. Petualangan dan wahana ekstrim

Wahana petualangan di taman bunga matahariKredit gambar: Google Maps Ade Marsudi

Pecinta wahana ekstrim tidak perlu khawatir ketika mengunjungi solar park, sutradara menyediakan berbagai wahana yang cukup ekstrim, wahana tersebut antara lain arung jeram, flying fox dan rumah hantu. Disebutkan di atas bahwa ada beberapa wahana yang harus Anda beli sendiri tiketnya, termasuk ketiga wahana tersebut.

Untuk perjalanan arung jeram, Anda harus membayar Rp 25.000. Uang tersebut sudah termasuk berbagai perlengkapan yang harus Anda gunakan saat arung jeram, terutama perahu, helm air, dan jaket pelampung. Untuk keseruan dan fasilitas yang akan Anda dapatkan, harganya cukup terjangkau.

Selanjutnya adalah wahana Flying Fox, wahana ini merupakan salah satu yang paling ekstrim karena Anda akan melayang di udara dengan posisi bergantung pada alat pengaman. Uniknya, kendaraan ini tidak hanya dirancang untuk Anda yang memiliki berat badan ideal, dengan kapasitas 10 ton, Anda yang berbobot lebih juga dapat merasakannya.

Wahana ekstrim selanjutnya adalah rumah hantu, wahana ini didesain sangat horor dengan konsep seperti rumah hantu pada umumnya, menurut beberapa informasi yang paling menakutkan adalah kuntilanak merah. Bahkan jika Anda bukan hantu sungguhan, orang dengan riwayat penyakit jantung, epilepsi, dll. dilarang masuk.

6. Fasilitas Penunjang Taman Wisata Matahari

Fasilitas Taman Wisata MatahariKredit Gambar: Google Maps idang fardiansyah

Selain wahana-wahana menarik yang disebutkan di atas, Taman Wisata Matahari Bogor juga menawarkan fasilitas penunjang yang dapat menambah kenyamanan Anda selama berkunjung. Di Taman Wisata Matahari, fasilitas dikategorikan menjadi dua bagian, ada fasilitas gratis dan ada juga fasilitas yang harus Anda bayar saat ingin menikmatinya.

Untuk fasilitas yang bisa Anda gunakan secara gratis, ada tempat ibadah seperti mushola, untuk keperluan ambil uang tunai, pengelola menyediakan ATM, fasilitas lain yang bisa Anda nikmati tanpa membayar adalah toilet. Jadi, untuk keperluan yang disebutkan sebelumnya, Anda tidak perlu membayar.

Selain itu, fasilitas berbayar terdiri dari tempat-tempat yang dirancang dengan indah yang menawarkan kenyamanan lebih baik dari tempat itu sendiri atau oleh suasana dan pemandangan yang akan Anda rasakan di sana. Fasilitas tersebut meliputi lapangan, gubuk dan juga kamar untuk menikmati fasilitas tersebut ada sejumlah uang yang harus Anda bayarkan.

7. Pusat Souvenir dan Memorabilia

Pusat Suvenir Taman Bunga MatahariKredit gambar: Google Maps Yuni Yanty

Sebagai bukti bahwa Anda pernah mengunjungi tempat wisata, terdapat oleh-oleh atau kenang-kenangan, di Taman Wisata Matahari Anda bisa menemukan tempat-tempat yang menjual barang-barang tersebut, mulai dari oleh-oleh, oleh-oleh atau makanan khas kota Bogor. Letaknya di dekat pintu keluar.

Itulah potret-potret dan berbagai fasilitas yang bisa Anda temukan saat berkunjung ke Taman Wisata Matahari Bogor, mungkin ada beberapa potret atau fasilitas lain yang luput dari pembahasan ini. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button