Batu Alien Merapi, saksi pesona batuan vulkanik di Sleman - WisataHits
wisatahits

Batu Alien Merapi, saksi pesona batuan vulkanik di Sleman

Batu Alien Merapi, saksi pesona batuan vulkanik di Sleman
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jambu, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Batu alien Merapi adalah salah satu hal menarik yang dicari wisatawan di kawasan wisata Gunung Merapi, Yogyakarta. Karena tidak semua negara di dunia memiliki gunung berapi, Gunung Merapi sebagai gunung berapi aktif banyak menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Apalagi dengan keindahan pemandangan dan lokasi yang cukup mudah dijangkau, tak heran jika Gunung Merapi kerap menjadi tujuan wisata yang populer. Di kawasan ini, Anda bisa menemukan bongkahan batu raksasa unik yang terlihat seperti berasal dari luar angkasa. Penasaran ingin tahu apa itu Batu Alien? Mari lihat.

Tiket Jeep Lava Tour Merapi (Alien Rock, Bunker Kaliadem dan lainnya)

Daya Tarik Batu Alien Merapi

Daya Tarik Batu Alien MerapiFoto Shiva di Google Maps

✦ Batu raksasa yang unik

Batu raksasa di kawasan wisata Gunung Merapi ini dikenal oleh masyarakat setempat sebagai batu asing. Saat Anda mendengarnya, Anda mungkin berpikir itu adalah meteorit dari luar angkasa. Namun keberadaan batu ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan alien atau luar angkasa.

Batu raksasa ini merupakan hasil letusan Gunung Merapi pada tahun 2010 lalu. Gunung berapi yang meletus tersebut menyebabkan batu terlempar cukup jauh dari bibir kawah. Hingga menghantam pemukiman Dusun Jambu. Yang membuatnya unik, batu ini membentuk wajah bahkan kepala singa. Sedangkan orang juga menyebutnya dengan nama Batu Alien Merapi.

✦ Sosok Penjaga Batu Alien

Meski diketahui tempat wisata di kawasan wisata Gunung Merapi ini merupakan hasil letusan gunung berapi, namun masyarakat setempat percaya bahwa batu ini memiliki aura mistis. Dipercaya ada sosok penjaga yang berasal dari goncangan Gunung Merapi yang menjaga batu alien ini.

Bukan tanpa alasan orang berpikir demikian. Karena banyak orang yang mencoba memindahkan batu alien tersebut namun tidak pernah berhasil. Bahkan saat menggunakan alat berat sekalipun. Karena itu, masyarakat pasrah meninggalkan batu tersebut di tempatnya sekarang, yang penting keberadaannya tidak berbahaya dan meresahkan masyarakat.

Hotel Murah Sleman

✦ Keindahan alam sekitarnya

Batu Alien Merapi berada di kawasan wisata Gunung Merapi yang memiliki keindahan alam yang sangat indah. Dimana pengunjung akan disuguhkan panorama alam berupa Gunung Merapi yang terlihat gagah dari dekat. Tentunya udara khas pegunungan akan sangat terasa saat Anda bertamasya, sehingga suasananya segar, nyaris dingin.

Di sekitar batu karang ini juga terdapat rerumputan hijau dan pepohonan rimbun yang begitu menyegarkan mata. Ada juga hamparan bunga langka yang tumbuh subur di sekitar lereng Gunung Merapi, seperti bunga edelweis yang bisa Anda lihat. Disarankan untuk berkunjung pada saat cuaca cerah agar semua keindahan ini bisa Anda saksikan dengan maksimal.

✦ Banyak spot foto

Sebuah bongkahan batu raksasa dengan bentuk yang unik bukanlah satu-satunya spot foto yang bisa Anda temukan di Merapi Alien Stone. Pasalnya, di kawasan wisata Merapi telah disiapkan berbagai spot foto yang Instagramable khusus untuk pengunjung. Seperti spot foto berbentuk perahu hingga spot berbentuk hati di kayu solid.

Paket Full Day Tour Lava Merapi, Candi Plaosan dan Tebing Breksi

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Batu Alien MerapiFoto oleh Dadan Kusdani di Google Maps

Batuan alien unik berukuran raksasa ini terdapat di kawasan wisata Gunung Merapi. Batu itu sendiri tersapu aliran lahar dingin sepanjang 7 km dari puncak gunung. Jadi terletak di Dusun Jambu, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja, tempat ini berjarak sekitar 30 km ke arah utara.

Anda bisa mengambil jalan melalui jalan lingkar utara dari Jogja. Dari jalan lingkar, belok ke utara di perempatan Kaliurang. Rute tersebut masih satu jalur dengan Jalan Malioboro dan Tugu Jogja. Setelah itu belok ke timur atau kanan sebelum tiba di Pasar Pakem. Nanti Anda dapat menemukan petunjuk arah ke tujuan.

Harga tiket masuk dan jam buka

Tiket masuk Merapi Alien Stone sekitar Rp 5.000 per orang jika tidak ikut paket wisata. Ditambah dengan biaya parkir yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Atau bisa ikut paket wisata Merapi yang sudah termasuk sewa jeep agar tidak capek trekking.

Merapi Tour dengan biaya sewa jeep antara Rp 400.000 Rp 500.000 kapasitas jeep sekitar 3-4 orang selama 1,5-2 jam. Dimana wisatawan akan dibawa ke 3 destinasi wisata Merapi. Yakni museum, Batu Alien, dan petualangan sungai.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Seru Batu Alien MerapiFoto oleh Kholid Arofi di Google Maps

1. Saksikan keunikan batu alien tersebut

Destinasi wisata Merapi ini menyuguhkan pemandangan unik berupa batu karang raksasa yang wajahnya dicat menghadap ke atas. Jika diperhatikan dengan seksama, lukisan wajah di Batu Alien Merapi tampak sangat lengkap. Mulai dari mata, hidung, telinga, hingga bibir.

Meski begitu, bentuknya tidak menyerupai manusia, melainkan wajah alien seperti yang sering digambarkan dalam film-film luar angkasa. Selain batu raksasa, banyak juga rumah-rumah tua yang terkena dampak erupsi Gunung Merapi tahun 2010 lalu.

2. Cari Foto Instagrammable di Merapi Alien Stone

Batu alien yang menjadi saksi bisu erupsi Merapi saat ini menjadi salah satu spot foto wisata gunung berapi yang paling populer. Backdrop Gunung Merapi yang tampak gagah akan membuat hasil foto Anda semakin bagus, melengkapi feed media sosial Anda.

Selain tempat ini, banyak juga spot foto lainnya yang tak kalah menarik dengan latar belakang pemandangan alam yang indah. Seperti spot foto dengan burung hantu hias yang jinak, perahu kayu di bawah lahar panas, dan masih banyak lagi yang tentunya akan terlihat sangat epic jika diabadikan dalam bentuk portrait.

3. Pergi jalan-jalan dengan jip

Merapi Lava Tour dan Merapi Alien Stone menawarkan paket tamasya jip yang wajib dilakukan. Menggunakan jip terbuka, wisatawan akan diajak menyusuri lereng Merapi untuk menyaksikan berbagai pemandangan. Mulai dari lautan pasir, Merapi yang menjulang megah, desa-desa yang rata dengan tanah, hingga memasuki sungai dengan jip.

4. Jelajahi museum harta karun saya yang tersisa

Paket tour jeep tour Lava Merapi dan Alien Stone biasanya sudah termasuk kunjungan ke museum Remnant My Treasure. Museum mini ini menampung berbagai saksi bisu letusan Gunung Merapi. Seperti peralatan masak yang pecah dan tertutup abu, botol kaca yang meleleh, tabung televisi, mesin jahit dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Instalasi batu alien MerapiFoto oleh Risdy_Thedoctor_46 di Google Maps

Resmi dijalankan sebagai objek wisata, destinasi ini menawarkan beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh wisatawan. Yang mana fasilitasnya cukup lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan anda selama berkunjung.

Seperti tempat parkir bagi yang membawa kendaraan pribadi, spot foto Gunung Merapi di beberapa tempat, toilet, gazebo untuk istirahat dan warung makan. Warung makan di kawasan ini banyak dan berjejer.

Ada banyak makanan berat dan ringan yang dijual di sini, jadi Anda tidak perlu khawatir kelaparan saat ke sana. Soal harga, termasuk standar harga jual yang berlaku di berbagai tempat wisata lainnya.

Tertarik mengunjungi Lava Merapi dan Batu Alien? Tak hanya rekreasi dan wisata alam, destinasi ini juga bisa dijadikan sarana edukasi. Karena Batu Asing Dusun Jambu merupakan saksi bisu peristiwa penting meletusnya Gunung Merapi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button