Pulau Samosir - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Samosir – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Biaya – Pulau Samosir salah satu pulau indah dan menawan di tengah Danau Toba, Sumatera Utara. Pulau unik yang menawarkan pesona alam dalam berbagai objek wisata yang menarik untuk dijelajahi.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp100.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Samosir, Kab. Samosir, Sumatera Utara; Kasus: Cek lokasi

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Bahkan Indonesia dikenal luas oleh banyak negara karena keunikan dan keindahannya. Ada sekitar 17.000 pulau di negara ini. Dari sekian banyak pulau, hanya ada 7000 pulau yang berpenghuni.

Semua pulau di Indonesia memiliki keindahan alam yang luar biasa. Iklim tropis Indonesia sangat menguntungkan bagi sektor pariwisata. Pulau Samosir adalah salah satu pulau terindah di Indonesia. Pulau ini cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui informasi tentang tempat wisata di Pulau Samosir. Berikut ini beberapa informasi mengenai tempat wisata di Samosir yang bisa anda jadikan referensi jika ingin berwisata ke tempat wisata yang terletak di tengah Danau Toba ini.

Atraksi Pulau Samosir

Objek Wisata Pulau SamosirKredit gambar: Google Maps doniva pdd

1. Wisata alam

Disini wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai tempat indah yang ada di pulau ini. Anda juga bisa melihat dengan jelas keindahan Danau Toba dari tempat ini. Apalagi bersepeda di kawasan perbukitan sambil menikmati pemandangan sekitar juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat menyewa sepeda ini dari agen persewaan sepeda di sekitar lokasi. Harganya juga cukup terjangkau.

2. Kisah legendaris di pulau Samosir

Pulau ini memiliki legenda yang hampir diketahui banyak orang. Sejarah Danau Toba dan ikan mas membuat banyak orang penasaran dengan tempat ini. Berdasarkan cerita dari masyarakat setempat, pulau di tengah Danau Toba ini adalah penjelmaan dari seorang anak yang dikenal dengan nama Samosir.

Samosir adalah anak laki-laki bernama Toba dengan istrinya yang ternyata ikan mas. Hidup mereka bahagia sampai pada hari sang putra terlambat mengantarkan makan siang kepada ayahnya. Toba yang marah akhirnya memanggil anaknya “Anak Ikan”.

Kata-kata Toba terdengar oleh istrinya, sehingga dia sangat marah. Itu adalah larangan yang diucapkan oleh wanita saat menikah dengan Toba. Karena itu, anak itu disuruh mendaki bukit. Kemudian sungai itu meluap dan menenggelamkan Toba. Akhirnya tempat itu sekarang disebut Danau Toba.

Tempat pelarian Samosir akhirnya bernama Pulau Samosir. Kisah yang sangat menarik ini membuat banyak orang ingin menyaksikan bukti nyata dari legenda tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Pulau Samosir

Pulau Samosir Pulau AlamatKredit Gambar: Google Maps Mulak Malik TV

Lokasi tempat wisata ini berada di tengah Danau Toba, Sumatera Utara. Ada beberapa cara untuk sampai ke tempat ini. Anda dapat menggunakan jalan napas untuk mencapai tempat itu dengan mudah. Pilih pesawat tempat Anda terbang menuju Bandara Internasional Sisingamangaraja XII yang terletak di Siborong-borong, Tapanuli Utara. Bandara ini cukup dekat dengan Samosir dibandingkan dengan Bandara Internasional Kualanamu.

Anda hanya membutuhkan sekitar tiga jam perjalanan darat dari Bandara Sisingamangaraja XII. Tentu saja, perjalanan lebih singkat dari Anda melalui bandara Kualanamu yang memakan waktu sekitar enam jam untuk sampai ke Samosir.

Anda juga bisa menggunakan jalur laut untuk menuju lokasi tempat wisata ini. Anda dapat menggunakan empat rute.

Rute pertama dari Ajibata Fery Ihan Batak. Jalan ini dikenal dengan nama Ambarita-Ajibata. Jalan ini terbuka dan selalu ada feri yang ada setiap hari untuk membawa Anda ke Pulau Samosir. Jarak keberangkatan per kapal setiap tiga jam mulai pukul 09:30 WIB.

Rute kedua adalah Simanindo-Tigaras. Jadwal kapal pada rute ini merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan rute lainnya. Ada enam keberangkatan per hari dengan jarak keberangkatan setiap dua jam. Rute tersebut mulai dibuka pada pukul 07:00 WIB.

Rute ketiga adalah Onan Runggu-Balige. Rute ini buka pada hari Senin dan Jumat. Perjalanan dibuka mulai pukul 10.30 WIB. Jika Anda pergi pada akhir pekan, Anda dapat mengambil rute Sipinggan-Muara. Perjalanan dibuka mulai pukul 09:00 WIB.

Rute terakhir adalah Tomok-Ajibata. Kursus ini buka setiap hari. Dalam satu hari, ada lima trip yang dibuka. Perjalanan pada rute ini dimulai pada pukul 07:00 WIB.

Biaya Perjalanan ke Pulau Samosir

Biaya Perjalanan ke Pulau SamosirKredit gambar: Google Maps Guillaume Cherbonnel

Liburan di pulau ini ternyata cukup murah. Jika dihitung diluar biaya perjalanan dari rumah tidak akan melebihi Rp 200.000. Bahkan ada yang bilang bisa liburan di sekitar tempat ini dengan biaya Rp10.000,00.

Pemerintah setempat telah mendukung pariwisata di tempat wisata ini. Oleh karena itu, wisatawan dapat menghemat beberapa biaya seperti biaya transportasi. Terdapat angkutan umum berupa bus wisata yang dapat mengangkut wisatawan.

Camat Samosir juga mengatakan, liburan di pulau ini hanya membutuhkan biaya sekitar Rp 100.000,00. Harga tersebut sudah termasuk harga tiket masuk.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Samosir Pulau

Kegiatan menarik di pulau SamosirKredit gambar: Google Maps Candra Galuh

1. Keliling pulau dengan sepeda motor

Kegiatan ini terlihat sangat sederhana namun sangat menyenangkan jika dilakukan di pulau ini. Di sini wisatawan bisa menyewa sepeda motor di kawasan Tomok. Hanya ada satu jalan utama di tempat wisata ini, sehingga perjalanan akan sangat mudah.

Sepanjang perjalanan, Anda akan menikmati dan melihat pemandangan indah pulau ini. Ada sawah, rumah Batak dan Danau Toba yang bisa Anda lihat dan nikmati panoramanya.

2. Kunjungi pantai pasir putih

Pantai ini terletak di desa Parbaba. Lokasinya sendiri berada di pinggir Danau Toba. Udara di tempat ini sangat segar. Berenang atau kegiatan santai bersama teman atau keluarga menjadi pilihan favorit. Anak-anak juga bisa berenang dengan aman di tempat tersebut karena tidak berbahaya.

Anda dapat memilih opsi untuk memainkan beberapa wahana di lokasi ini. Ada banana boat, jet ski, dan bebek yang bisa Anda coba. Anda juga bisa menyewa ban jika tidak bisa berenang atau hanya ingin bersantai di atas air.

3. Saksikan pertunjukan Sigale-Gale

Jika Anda ingin menonton pertunjukan ini, Anda bisa menuju ke desa tua Hutan Bolon. Di tempat ini Anda bisa melihat pertunjukan tari tradisional Batak, yaitu Sigale-Gale.

Banyak yang bilang tariannya hampir sama dengan tarian Tor-Tor. Tarian ini juga diiringi oleh alat musik tradisional. Tarian ini pada awalnya dimaksudkan sebagai obat keinginan raja terhadap anaknya yang hilang.

Tarian ini juga menggunakan wayang. Boneka itu dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat seperti anak raja. Karena itu, boneka itu terlihat seperti manusia. Wisatawan dapat mempelajari tarian ini jika mereka bertanya kepada orang-orang di desa. Orang-orangnya cukup ramah untuk tidak takut bertanya.

4. Menuju lokasi Batu Parsidangan

Ada pengadilan tradisional Batak yang terletak di Ambarita. Di tempat ini, terdapat batu-batu melingkar yang tersusun rapi. Tentu saja, usianya sudah ratusan tahun. Di sini Anda bisa melihat di mana hukuman mati dilakukan bagi narapidana yang melakukan pelanggaran berat.

5. Makan Mie Gomak

Mi Gomak adalah makanan yang bentuknya hampir mirip spageti. Mie ini juga dilumuri saus yang mirip dengan rendang. Sausnya mirip dengan bumbu Andaliman. Pada bumbunya terdapat merica dan jahe untuk memberikan rasa pedas pada makanan ini. Makanan ini sangat cocok disantap untuk menghangatkan tubuh.

Sausnya ditaburi kelapa bakar. Karena itu, parfumnya sangat harum. Mie ini juga cukup terkenal, sehingga banyak orang yang ingin mencoba kelezatannya. Anda dapat dengan mudah menemukan makanan ini di toko-toko di pulau ini.

6. Belanja di Pasar Tomok

Di pasar ini, Anda akan menemukan berbagai jenis oleh-oleh khas Pulau Samosir yang bagus dan unik. Ada ikat pinggang tradisional Samosir, kain ulos, gorga dan lain-lain. Harganya juga cukup murah, Anda pasti akan merasa senang berbelanja di pasar tersebut.

Pengunjung dapat merasakan suasana pasar tradisional di pulau ini yang sangat menarik untuk dilihat. Hal ini tentu sangat berbeda dengan pasar yang sering kita jumpai di perkotaan.

7. Ambil gambar

Tentunya kegiatan ini wajib kamu lakukan selama liburan di Pulau Samosir. Ada banyak tempat yang bisa Anda kunjungi dan abadikan keindahannya dalam foto. Oleh karena itu, Anda juga akan menemukan banyak penggemar fotografi di pulau ini. Bawalah kamera terbaik Anda agar dapat mengabadikan keindahan Samosir.

Akomodasi murah di sekitar Pulau Samosir Pulau

Akomodasi murah di sekitar Pulau Samosir PulauKredit gambar: Google Maps Panca Urip Purwoko

1. Asrama Toledo

Hostel ini terletak di kawasan Tuktuk Siadong di Danau Toba. Desainnya cukup menarik karena menyerupai rumah adat khas daerah. Harga per malam mulai dari Rp 497.700.000. Dengan harga tersebut, Anda akan mendapatkan keuntungan dari beberapa fasilitas seperti restoran, resepsionis 24 jam, tempat parkir yang luas dan wifi.

2. Pondok Carolina

Hostel ini terletak di kawasan Tuktuk Siadong di Danau Toba. Pengunjung dapat menikmati pemandangan langsung Danau Toba dari tempat ini. Harga per malam mulai dari Rp400.000,00. Dengan harga tersebut, Anda akan diuntungkan dengan beberapa fasilitas seperti restoran, tempat parkir yang luas dan wifi.

3. Pondok Mas

Hostel ini terletak di kawasan Tuktuk Moving Raya di Danau Toba. Desain tempat ini cukup bagus, sehingga banyak yang menyukainya. Harga per malam mulai dari Rp300.000,00. Dengan harga tersebut, Anda akan mendapatkan keuntungan dari beberapa fasilitas seperti restoran, tempat parkir yang luas, layanan kamar dan wifi.

4. Hotel Silintong

Hostel ini terletak di kawasan Tuktuk Siadong di Danau Toba. Desainnya cukup modern, sehingga Anda akan mudah beradaptasi dengan asrama. Harga per malam mulai dari Rp450.000,00. Dengan harga tersebut, Anda akan diuntungkan dengan beberapa fasilitas seperti restoran, tempat parkir yang luas, AC dan wifi.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Samosir Pulau

Fasilitas Pulau SamosirKredit gambar: Google Maps Pantai Batuhoda

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini cukup lengkap. Ada akomodasi, toilet, mushola, restoran, dan toko suvenir. Semua pelayanan fasilitas yang diberikan juga cukup baik. Sebagian besar wisatawan cukup puas dengan pelayanan dan fasilitas pulau ini.

Beberapa informasi di atas bisa Anda jadikan referensi jika ingin berlibur ke Pulau Samosir. Keindahan pulau ini memang tidak bisa dipungkiri, jadi anda wajib mengunjungi tempat wisata ini jika ingin berlibur. Sebagian besar wisatawan yang pernah berkunjung ke pulau ini selalu merasa puas dan senang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button