Merapi View, Wisata Alam Gobumi Boyolali Bagaikan Negeri Di Atas Awan - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Merapi View, Wisata Alam Gobumi Boyolali Bagaikan Negeri Di Atas Awan – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Panorama trail di dekat Wisata Alam Gobumi, Sabtu (27/822). Tampak perbukitan hijau di jajaran lereng Gunung Merapi. (Solopos.com/Nova Malinda).

Solopos.com, Boyolali — Lereng Gunung Merapi memiliki banyak potensi keindahan alam untuk dikembangkan sebagai tujuan wisata. Salah satunya adalah Wisata Alam Gobumi yang terletak di Dusun Gobumi, Desa Mriyan, Kecamatan Tamansari, Boyolali.

Masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), Gobumi memiliki pemandangan alam yang indah bak negeri di atas awan.

AksiJos! Petani dan peternak Klaten bisa menjadi pendukung kedaulatan pangan

Tempat ini kaya akan flora dan fauna, seperti kera ekor panjang yang statusnya dianggap sebagai hewan yang dilindungi. Selain itu, Gobumi Boyolali menawarkan panorama alam yang indah seperti Air Terjun Songgobumi.

“Banyak pengunjung dari berbagai daerah datang ke Wisata Alam Gobumi sekitar tahun 2015. Selain itu, banyak pesepeda yang ke Gobumi karena jalannya menanjak,” kata seorang warga setempat, Narto kepada Solopos.com di tempat wisata alam, Sabtu (27/822).

Potensi wisata Gobumi Boyolali

Gobumi merupakan objek wisata alam yang memiliki potensi yang beragam. Sayangnya, pengelolaan dan pengembangan tempat tersebut belum optimal.

“Di sini potensi wisata alamnya besar, ada air terjun, Bukit Bintang, bumi perkemahan, namun belum optimal dari segi pengembangan dan pengelolaannya,” kata Ketua Pokdarwis Komunitas Lanskap Alam Gumuk Indah Songgobumi (KPASGI) Widiyanta saat ditemui Solopos.com.

Baca Juga: Wisata Alam Gobumi Boyolali Perlu Dikembangkan, Ini Potensinya

Widiyanta mengatakan jumlah pengunjung bisa mencapai 600 orang per hari pada tahun 2015. Pengunjung objek wisata alam Gobumi di Boyolali tidak dikenakan retribusi. Meski tidak ada retribusi, Pokdarwis masih bisa meraup pendapatan dari jasa parkir saat ini.

Awalnya, pengunjung penasaran dengan keindahan Air Terjun Songgobumi. “Dulu terkenal karena ada air terjunnya, tapi karena air terjunnya hanya musiman saat musim hujan, ada pengunjung yang kecewa. Dari 2016 akhirnya kami kembangkan menjadi camping ground,” katanya.

Wisata Gobumi BoyolaliPanorama di depan pintu masuk Wisata Alam Gobumi, Sabtu (27/822). Wisata alam dari Medan ke Gobumi berupa jalan menanjak. (Solopos.com/Nova Malinda).

Widiyanta berharap Wisata Alam Gobumi tidak hanya sebatas camping ground, tetapi berkembang ke arah lain mengingat potensinya yang sangat besar.

“Masih banyak hal yang belum tergali, seperti potensi Bukit Bintang. Dari tempat ini pengunjung bisa melihat keindahan Candi Prambanan, Bandara Adi Sumarno, jalan tol dan tempat-tempat wisata alam Bukit Bintang lainnya di Gobumi,” ujarnya.

Ia menyadari bahwa saluran penjualan dan promosi Wisata Alam Gobumi Boyolali masih dari mulut ke mulut. “Kami tidak pernah beriklan melalui media on line dan lain-lain hanya dari mulut ke mulut,” katanya.

Baca Juga: Ini Impian SMA Pradita Dirgantara Boyolali, 3 Sekolah Terbaik di Indonesia

Widiyanta menjelaskan, SDM di dusunnya membutuhkan dukungan untuk mengembangkan potensi wisata Gobumi. Pandemi dan minimnya kemasan promosi wisata alam Gobumi disebut-sebut menjadi penyebab menurunnya jumlah pengunjung.

“Untuk SDM, kami butuh dukungan agar pengembangan pariwisata bisa maksimal,” ujarnya.

Soal dukungan, Wisata Alam Gobumi Boyolali sudah mengajukan dukungan dari TNGM dan mendapat anggaran Rp 20 juta.

Wisata alam Gobumi BoyolaliMonumen Wisata Alam Gobumi, Sabtu (27/822). Wisata Alam Gobumi menawarkan hutan dan tempat perkemahan, air terjun dan jalur pendakian ke Gunung Bibi. (Solopos.com/Nova Malinda)

Baca Juga: Profil SMA Pradita Dirgantara Boyolali, Peringkat 2 SMA Terbaik di Indonesia 2022

Bantuan tersebut diwujudkan dalam bentuk warung kopi, pembangunan sarana prasarana Gobumi dan rencana selanjutnya membangun koperasi di Dusun Gobumi.

“Selama ini Wisata Alam Gobumi belum dikembangkan secara optimal. Kami butuh dukungan, baik dari segi anggaran maupun sumber daya manusia yang berkualitas,” ujarnya.

Juga, berapa banyak institusi pendidikan yang telah bermitra dengan Pokdarwis Gobumi Boyolali untuk berlangganan perkemahan?

Wisata Alam Gobumi Boyolali juga telah dilengkapi genset dan toilet untuk menunjang fasilitas perkemahan. Namun grafik stok wisata alam Gobumi terus menurun setiap tahunnya.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button