Pantai Pangandaran Batu Hiu - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Pangandaran Batu Hiu – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Harga tiket: Rp6.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Ciliang, Kec. Paris, Kab. Pangandaran, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Tidak bisa dipungkiri, pantai merupakan salah satu tempat wisata yang paling diminati oleh sebagian besar masyarakat di dunia. Berbagai pantai dengan pemandangan yang memukau dan fasilitas yang lengkap, kerap menjadi buruan para wisatawan. Berbicara tentang pantai, Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki garis pantai yang cukup panjang. Oleh karena itu memiliki potensi wisata bahari yang melimpah. Meski begitu, masih banyak pantai di Indonesia yang belum terdampak.

Jika anda sedang berkunjung atau melewati kota Ciamis, ada wisata yang wajib dikunjungi yaitu pantai Batu Hiu Pangandaran yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Pantai merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi andalan kota Ciamis. Bahkan banyak yang bilang pantai ini ‘Tanah Lot’ milik Pulau Jawa. Penasaran dengan pesona Pantai Batu Hiu, yuk simak di ulasan kali ini.

Atraksi Pantai Hiu

Atraksi Pantai Hiu PangandaranKredit gambar: Google Maps Gardea Rizki Herdanu

Sebagai pantai yang memiliki potensi besar untuk dijadikan tempat wisata, Pantai Bati Hiu memiliki berbagai daya tarik tersendiri. Saat pertama kali memasuki kawasan pantai, pengunjung disuguhkan dengan gapura berbentuk gang. Dimana pintunya dibangun agar terlihat seperti mulut hiu. Yang menarik adalah bangunan tersebut memiliki bentuk yang cukup nyata karena dilengkapi dengan gigi tajam seperti gigi hiu.

Kemudian, di ujung pintu gua, Anda akan menemukan kendaraan lain. Tapi selain dari wahana ini, sebenarnya ada beberapa gua yang bagus di sekitar. Bahkan warga sekitar percaya bahwa salah satu goa tersebut terhubung dengan goa yang ada di pantai utara Cirebon. Tak hanya gua bermulut hiu dan pemandangan bebatuan mirip hiu, Pantai Batu Hiu menawarkan panorama hamparan luas Samudera Hindia sebagai daya tarik.

Di sana, pengunjung bisa melihat pemandangan deburan ombak yang kuat menghantam karang, serta birunya laut selatan yang bisa menenangkan hati dan pikiran. Namun pengunjung akan memiliki pemandangan yang lebih menawan saat musim kemarau. Karena pada musim ini, langit di pantai akan berwarna biru cerah tanpa awan, sehingga mencerminkan keindahan lautan di bawahnya.

Untuk bisa menikmati keindahan ini, pengunjung bisa mendaki bukit kecil di dekat pantai. Ini juga memiliki tempat foto terbaik, karena laut di latar belakang. Selain melihat pemandangan bebatuan dan struktur pantai, pengunjung Pantai Batu Hiu juga bisa menyusuri pantai. Namun, pengunjung dilarang keras berenang, karena ombak di pantai selatan memiliki ombak yang terkenal ganas.

Daya tarik lain dari Pantai Batu Hiu adalah adanya tempat untuk menyaksikan matahari terbenam. Cukup mendaki bukit, pengunjung bisa mengabadikan momen sunset dengan indah. Dimana warna langit yang semula kebiruan perlahan berubah menjadi jingga kemerahan yang sangat menawan dan mengesankan. Jika Anda berkunjung saat matahari terbenam, jangan lupa untuk mengambil foto atau video.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Batu Shark

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Batu SharkKredit gambar: Instagram @sydhikdeanlimargana

Pantai yang memiliki legenda tersendiri ini terletak di kecamatan Parigi, kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Tepatnya, berjarak sekitar 14 kilometer dari Pantai Pangandaran ke arah selatan. Termasuk salah satu tempat wisata populer di Ciamis, Pantai Batu Hiu Pangandaran selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya. Saat akhir pekan atau libur panjang, jumlah pengunjung bisa bertambah.

Namun jika ingin suasana lebih tenang, jangan panik dulu. Karena Anda bisa datang saat weekday bersama keluarga atau teman untuk menghindari pengunjung yang ramai. Tidak ada waktu khusus kapan pantai akan dibuka, karena pantai ini bebas kapan saja Anda mau. Umumnya orang berbondong-bondong berkunjung pada pagi hari untuk menikmati matahari terbit hingga sore hari saat matahari kembali berlomba.

Berbicara tentang rute menuju Pantai Batu Hiu Pangandaran, rutenya tergantung dari jenis kendaraan yang akan digunakan pengunjung. Jika Anda memilih menggunakan angkutan umum, Anda bisa naik bus dari terminal kota menuju Pantai Pangandaran. Namun jika Anda memulai perjalanan dari kota Tasikmalaya, Anda juga bisa menggunakan bus dengan tujuan yang sama dan berhenti di sekitar pantai Pangandaran.

Kemudian, perjalanan menuju Pantai Batu Biru dapat dilanjutkan menggunakan transportasi dengan spesialisasi di Cijulang. Setelah itu, Anda bisa naik ojek ke pantai. Rutenya akan berbeda jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. Bila menggunakan kendaraan pribadi, rute yang ditempuh adalah menuju Jalan Baru Bulak Laut dengan jarak tempuh kurang lebih 16 kilometer. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Jalan Merdeka atau Jalan Raya Cijulang.

Jika sudah sampai di Jalan Merdeka atau Jalan Raya Cijulang, carilah papan petunjuk menuju Pantai Batu Hiu yang mengharuskan perjalanan belok kiri. Setelah itu anda tinggal mengendarai mobil sejauh kurang lebih 1 kilometer, kemudian anda dan rombongan sudah sampai di tempat pembayaran di pantai Batu Hiu. Namun jika Anda kesulitan membaca rambu-rambu tersebut, Anda bisa bertanya kepada beberapa warga sekitar.

Tiket Masuk Pantai Batu Shark

Tiket Masuk Pantai Batu SharkKredit gambar: Google Maps Info Me&You

Untuk memberikan fasilitas terbaik bagi pelanggan, Pengelola Pantai Batu Hiu menetapkan harga tiket masuk. Tapi yakinlah, tiket masuk ke pantai ini tidak mahal dan mengosongkan kantong pengunjung. Namun perlu Anda ketahui bahwa objek wisata pantai Batu Hiu menetapkan tarif masuk yang berbeda. Dimana besarnya tergantung dari jenis transportasi yang digunakan.

Bagi pengunjung yang tidak menggunakan kendaraan atau berjalan kaki dikenakan biaya sebesar Rp 3.300 per orang. Pengunjung dengan sepeda motor akan dikenakan retribusi sebesar Rp 7 ribu. Mobil jeep atau sedan dikenakan tarif Rp 19.500. Lalu untuk mobil Carry dikenakan tarif Rp 36 ribu. Pengunjung dengan mobil L300 akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 51.500.

Lalu, bagi pengunjung yang menggunakan bus kecil, tiket masuknya seharga Rp 68 ribu. Pengunjung yang membawa bus atau bus medium, akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 106 ribu. Sedangkan pengunjung yang menggunakan bus besar akan dikenakan biaya Rp 172 ribu. Namun, harga tiket sewaktu-waktu dapat berubah, meski biasanya kenaikannya tidak terlalu besar.

Aktivitas menarik di Pantai Batu Shark

Aktivitas Pantai Hiu PangandaranKredit gambar: Twitter Moh. Auwalur Rizal

Di Pantai Batu Biru, pengunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan pantai dengan deburan ombak yang ganas atau melihat deburan ombak di bebatuan, tetapi juga melakukan aktivitas menarik lainnya. Di pagi hari, pengunjung dapat melihat matahari terbit, kemudian dilanjutkan dengan jalan pagi atau jogging di sepanjang pantai.

Tak hanya itu, pantai Batu Hiu juga memiliki penangkaran penyu hijau yang bisa dikunjungi wisatawan. Terletak tidak jauh dari pantai, pengunjung bisa berkesempatan melihat penyu secara gratis. Di sana, pengunjung juga diperbolehkan menyentuh atau memberi makan penyu. Jika Anda beruntung, Anda dapat berpartisipasi dalam pelepasan bayi penyu di laut lepas.

Akomodasi di dekat Pantai Rock Shark

Akomodasi Pantai Hiu PangandaranKredit gambar: Google Maps Sufik Maro

Jika Anda masih ingin menikmati suasana pantai Batu Hiu di malam hari atau jika Anda terlalu lelah untuk pulang, maka akomodasi di sekitar pantai siap menjadi solusi. Ada banyak hostel atau hotel kecil yang menawarkan berbagai fasilitas dengan harga terjangkau. Soal harga, tidak perlu khawatir. Sebagian besar hotel ini menawarkan harga yang terjangkau.

Namun, jika Anda ingin mencari hostel atau hotel bintang lima dengan fasilitas lengkap, Anda bisa melihat sedikit lebih jauh dari pantai cantik ini. Pasalnya, tidak ada hotel bintang lima yang berjarak 5 kilometer dari Pantai Batu Hiu. Namun, jika Anda senang dengan akomodasi dasar, akomodasi terdekat mungkin merupakan pilihan terbaik untuk persinggahan.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Batu Hiu

Fasilitas Pantai Hiu PangandaranKredit Gambar: Proyek Sies Google Maps

Seperti tempat wisata lainnya, Pantai Batu Biru Pangandaran juga menawarkan berbagai fasilitas. Fasilitas tersebut, mulai dari tempat parkir yang luas, kamar mandi, tempat ibadah hingga akomodasi, juga terdapat di pantai ini. Jika ingin menikmati makanan ringan keluarga, warung-warung buka di sekitar pantai. Namun jika ingin makanan yang lebih berat, beberapa restoran juga buka.

Tidak hanya di sekitar Pantai Batu Hiu, juga terdapat pusat oleh-oleh, sehingga pengunjung tidak perlu kemana-mana lagi untuk membeli oleh-oleh. Untuk menambah keindahan dan kenyamanan pengunjung, pengelola pantai juga menambah beberapa gazebo. Jadi ketika pengunjung merasa lelah atau hanya ingin berteduh dari terik matahari, mereka bisa berteduh di gazebo.

Demikian ulasan mengenai Pantai Batu Hiu Pangandaran yang terletak di Cianjur. Tidak hanya terkenal dengan pemandangannya yang menakjubkan, pantai ini juga terkenal dengan kisah keberadaan batu karang yang menyerupai bentuk ikan hiu. Jika anda penasaran dengan pantainya, tidak salahnya mampir sejenak saat anda ke kota Ciamis. Saya harap informasi ini akan membantu Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button