Pantai Batu Karas Pangandaran - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Batu Karas Pangandaran – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Harga tiket: Rp6.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Batu Karas, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Pantai merupakan salah satu tujuan wisata yang paling populer dan dikunjungi oleh masyarakat global. Negara dengan pantai yang indah dan eksotis menjadi destinasi yang paling banyak dikunjungi. Sebagai negara kepulauan dengan garis pantai yang panjang, Indonesia tidak kalah populer di mata dunia. Ada banyak pantai impian di Indonesia, termasuk Pantai Batu Karas Pangandaran.

Tidak hanya menarik wisatawan domestik, pantai di Pangandaran ini juga menarik wisatawan dari seluruh dunia. Karena semakin populer, pihak pengelola terus berbenah agar dapat memberikan tempat wisata dengan pelayanan yang terbaik. Tidak hanya menawarkan keindahan pemandangan, pantai ini juga menawarkan berbagai aktivitas menarik. Penasaran dengan Pantai Batu Karas Pangandaran? Mari kita lihat ulasan ini.

Pantai Batu Karas

Pantai Batu KarasKredit gambar: Google Maps indra triadhi

Pantai-pantai di Indonesia terkenal dengan pesonanya yang tak terbantahkan, bahkan setiap pantai memiliki pesona tersendiri. Seperti halnya pantai Batu Karas yang memiliki pesona tersendiri, sehingga orang-orang dari seluruh dunia berbondong-bondong datang dan berkunjung. Berenang dan berselancar adalah atraksi paling populer di kalangan wisatawan.

Seperti diketahui, pantai-pantai di selatan Pulau Jawa dikenal memiliki ombak yang ganas. Oleh karena itu pertemuan langsung dengan Samudera Hindia. Namun berbeda dengan pantai Batu Karas, bagian sepanjang pantai diketahui aman dari risiko tenggelam atau tersapu ombak. Oleh karena itu tidak heran jika pantai menjadi tempat favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati momen pantai atau sebaliknya.

Meski airnya tenang, pantai Batu Karas Pangandaran terkenal dengan ombaknya yang kasar. Inilah yang membuat pantai Batu Karas populer di kalangan peselancar. Dimana mereka berbondong-bondong untuk merasakan serunya menaklukkan ombak Pantai Selatan yang terkenal itu. Bahkan tak jarang banyak peselancar menyebut pantai Bali Kecil.

Menurut www.wannasurf.com, ombak yang dimiliki pantai Batu Karas cocok untuk peselancar pemula dan menengah. Sedangkan untuk peselancar profesional, pantai ini terlalu mudah untuk ditaklukkan. Daya tarik pantai ini di mata para peselancar adalah adanya teluk kecil, sehingga mereka tidak perlu mendayung papan terlalu jauh untuk sampai ke titik awal ombak.

Pengunjung yang ingin berselancar dapat dengan mudah menemukan persewaan alat selancar dan instruktur selancar berpengalaman yang dapat mengajar pemula. Di pantai Batu Karas terdapat 3 spot favorit para peselancar yaitu Bulak Pendek, Legok Pari dan Karang. Bulak Pendak biasanya digunakan oleh peselancar profesional karena memiliki ombak yang tinggi dan panjang. Sedangkan Legok Pari cocok untuk pemula karena memiliki ombak yang tidak tinggi.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Batu Karas

Alamat Pantai Batu KarasKredit gambar: Google Maps Lely Bei7

Pantai Batu Karas terletak di Pangandaran, Jawa Barat tepatnya di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang. Pantai ini berjarak sekitar 34 km dari pusat Kabupaten Pangandaran. Pantai yang dinamakan gabungan antara pantai Pangandaran dan Batu Hiu ini sebenarnya sudah terdaftar di website PBB atau insto.unwto.org sebagai salah satu tempat wisata favorit masyarakat dunia.

Jika pengunjung berasal dari Jakarta dan sekitarnya, jarak tempuh menuju wisata pantai Batu Karas sekitar 392 kilometer ke arah tenggara. Sedangkan bagi pengunjung Bandung dan sekitarnya, jarak tempuh menuju Pantai Batu Karas kurang lebih 197 kilometer ke arah tenggara. Sedangkan pengunjung yang datang dari Pantai Pangandaran, jarak tempuhnya hanya sekitar 34 kilometer dengan waktu tempuh 30 menit dengan kendaraan.

Jika pengunjung menggunakan kendaraan pribadi atau mobil sewaan, sesampainya di Pangandaran bisa langsung berkendara menuju Cijulang. Menggunakan jalur ini tidak terlalu sulit, karena sudah banyak penunjuk arah. Namun jika Anda kesulitan membaca rambu-rambu tersebut, Anda bisa bertanya kepada masyarakat sekitar. Sedangkan jika pengunjung ingin menggunakan angkutan umum bisa menuju Terminal Pangandaran terlebih dahulu.

Dari Terminal Pangandaran, perjalanan dapat dilanjutkan menggunakan minibus atau angkot menuju Cijulang. Namun, dari Cijulang, satu-satunya sarana transportasi yang bisa digunakan untuk menuju Pantai Batu Karas adalah dengan ojek. Ongkos ojeknya sekitar Rp 30.000, tapi harga selalu bisa dinegosiasikan dengan tukang ojek.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Karas

Tiket Pantai Batu KarasKredit gambar: Google Maps Ira K

Untuk maju dan memberikan fasilitas terbaik bagi pengunjung, Pengelola Pantai Batu Karas menetapkan harga tiket masuk. Dimana harga tiket masuknya disesuaikan dengan transportasi yang digunakan para pengunjung. Bagi pengunjung yang tidak menggunakan kendaraan atau hanya berjalan kaki, tiket masuknya adalah Rp 6.000.

Pengunjung dengan kendaraan jenis Jeep atau Sedan, biaya masuknya Rp 9.200. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan jenis Carry dikenakan biaya Rp 17.200. Pengunjung yang membawa kendaraan dengan penumpang besar, biaya masuk ke pantai adalah Rp. 22.200. Pengunjung dengan bus kecil, ongkosnya Rp 32.700. Pengunjung ke pantai dengan bus sedang, tiket masuknya Rp 49.500. dan pengunjung dengan bus besar, tiketnya Rp 80.500.

Aktivitas Menarik di Pantai Batu Karas

Aktivitas pantai batu karasKredit Gambar: Google Maps heri herdiyana

Tidak hanya terkenal di kalangan peselancar, Pantai Batu Karas juga terkenal sebagai tempat wisata keluarga. Karena di pantai ini terdapat berbagai wisata bahari yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Berbagai permainan air dapat dilakukan, seperti jet ski dan banana boat. Selain itu, ada wahana kereta kuda di sepanjang pantai. Tidak hanya itu, Pantai Batu Karas juga cocok bagi para pengunjung yang menyukai petualangan, karena terdapat sejumlah tempat hiking dan berkemah.

Selain melakukan aktivitas di pantai, pengunjung juga dapat menikmati keindahan hutan mangrove sambil berfoto selfie. Di dekat hutan mangrove juga terdapat muara Sungai Cijulang yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Namun yang lebih menarik, di sungai tersebut terdapat sebuah perahu bernama Floating Restaurant. Perahu dapat menampung 20 orang dan memiliki kaki dua lantai, di mana lantai pertama khusus digunakan untuk restoran.

Di atas perahu juga ada permainan melompat ke dalam bola besar. Bola besar diletakkan di belakang perahu seperti lomba lompat di sungai. Namun jika tidak ingin menikmati permainan floating jumping, pengunjung juga bisa tinggal di atas perahu kemudian menikmati pemandangan hutan mangrove dan keindahan muara serta para nelayan yang sedang memancing. Rute perjalanan dengan perahu juga tidak terlalu jauh, yaitu sekitar muara menuju hutan mangrove.

Akomodasi di dekat Pantai Batu Karas

Akomodasi Pantai Batu KarasKredit gambar: Google Maps Ganjar Nugraha

Bagi pengunjung yang ingin berlama-lama di pantai bahkan bermalam atau pengunjung yang terlalu lelah untuk berwisata, tidak perlu khawatir. Karena di sekitar pantai Batu Karas Pangandaran sudah banyak terdapat hostel dan hotel. Dimana hotel dan hostel sangat bervariasi, bahkan ada beberapa hotel yang juga menawarkan cottage dan bungalow.

Jarak dari hostel atau hotel ke pantai yang indah ini tidak terlalu jauh, ada beberapa hostel yang hanya membutuhkan waktu 5 menit saja. Apalagi ada berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh masing-masing hotel, baik hotel kecil maupun hotel bintang lima. Namun, jika pengunjung ingin mempelajari lebih jauh tentang cara dan adat istiadat masyarakat setempat, mereka dapat menyewa salah satu rumah warga.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Batu Karas

Fasilitas Pantai Batu KarasKredit gambar: Google Maps Omi Nugraha

Karena merupakan objek wisata favorit di dunia, Pantai Batu Karas memiliki fasilitas yang lengkap. Di mana fasilitas umum mulai dari hostel dan hotel yang tersedia, penyewaan peralatan selancar bagi pengunjung yang ingin merasakan deburan ombak di pantai Batu Karas, restoran atau kafe yang bisa dikunjungi wisatawan ketika lapar, dan terdapat fasilitas olahraga air.

Jangan lupa kamar mandi dan tempat ibadah. Di pantai Batu Karas juga terdapat deretan toko oleh-oleh dan souvenir yang bisa dikunjungi wisatawan. Dimana barang-barang yang dijual di toko tersebut terdiri dari aneka kaos, pakaian renang dan kerajinan tangan yang terbuat dari kerang atau benda laut lainnya. Jika Anda tertarik untuk berbelanja, harap ingat untuk menawar.

Nah itulah ulasan tentang Pantai Batu Karas Pangandaran yang wajib kamu ketahui. Meski sangat populer di kalangan peselancar, pantai ini tetap sepi dibandingkan pantai populer lainnya di Pangandaran. Sehingga pengunjung dapat menikmati pantai dalam suasana santai dan bahagia. Semoga ulasan ini dapat membantu dan menyambut Anda di Pantai Batu Karas.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button