10 Atraksi Taman Cibodas, Harga Tiket, Atraksi, Wahana, dll. - WisataHits
wisatahits

10 Atraksi Taman Cibodas, Harga Tiket, Atraksi, Wahana, dll.

Taman Cibodas atau yang disebut dengan Kebun Raya Cibodas merupakan hamparan rumput hijau yang dilengkapi dengan kumpulan tumbuhan berbunga. Taman yang luasnya mencapai 80 hektar ini juga memiliki medan berbukit dan berbukit yang semakin menambah keindahan panoramanya.

Lokasi Taman Cibodas

Kebun Raya Cibodas berjarak sekitar 3 jam perjalanan dari Jakarta. Taman ini terletak di kawasan hutan di kaki Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Taman Cibodas memiliki ketinggian 1.275 mdpl. Tidak diragukan lagi suhu udara di sana berkisar antara 17-27o C.

Kebun Raya CibodasKebun Raya Cibodas

Kunjungi juga: Liburan seru ke tempat wisata alam air terjun Bidadari yang indah di Bogor

Sejarah berdirinya Taman Cibodas

Awalnya, kebun ini merupakan cabang dari Kebun Raya Bogor dengan nama tersebut Bergtuin te Tjibodas. Taman Cibodas dibangun oleh seorang Belanda bernama Johannes Ellias Teijsmann, ahli botani. Karena keindahannya, ahli fisiologi tumbuhan Dr. FW Went menggambarkan taman ini sebagai salah satu surga di bumi. Bahkan, Kebun Raya Cibodas juga dikenal sebagai Paradise Gardens of Asia. Pasti sangat indah, bukan?

Dibuat pada tahun 1852, taman ini sebenarnya ditujukan untuk perkebunan kina. Sayangnya, seiring berjalannya waktu, Cibodas tidak cocok dengan budaya Kina.

Curah hujan di sana mencapai 2.380 mm per tahun dengan suhu rata-rata saat itu mencapai 18 derajat Celcius, yang membuat taman ini akhirnya didedikasikan untuk tanaman tropis lembab di dataran tinggi. Misalnya tumbuhan runjung dan pakis.

Padahal saat itu bibir Kina didatangkan langsung dari Belanda. Untuk memperingatinya, setiap tanggal 11 April pengunjung bebas masuk ke Kebun Raya Cibodas.

Petunjuk arah ke Cibodas

Secara geografis, kawasan Taman Cibodas merupakan satu kompleks dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tidak jauh dari kawasan Puncak Bogor. Tidak perlu khawatir tidak mengerti arah menuju kebun raya karena mudah-mudahan petunjuk arah ini bisa membantu. Sebenarnya cukup mudah untuk menemukan tempat ini.

Bagi pengguna angkutan umum, Anda dapat menggunakan jasa angkot yang menempuh rute Cipanas, Rarahan, dan Cibodas. Anda bisa menemukannya di perempatan Cimacan. Jika Anda datang dari Bogor atau Jakarta pasti akan melewati perkebunan teh dan Puncak Pass untuk menuju taman ini.

Anda juga akan menemukan pertigaan Paragajen yang mengarah ke Cibodas. Namun jika Anda berasal dari Bandung, Sukabumi dan Cianjur, Anda bisa menggunakan Istana Cipanas (Istana Negara) sebagai landmark. Dari situ Anda akan menemui RS Cimacan, setelah itu pertigaan Paragajen, selanjutnya Anda bisa mengambil jalur kiri langsung menuju Kebun Raya.

Kunjungi tempat lain: 41 Tempat Wisata Di Cianjur Jawa Barat Yang Wajib Dikunjungi

Harga tiket masuk Taman Cibodas

Harga tiket yang berlaku untuk masuk ke Taman Cibodas adalah :

  • Pengunjung : Rp 16.500,-/orang
  • Kendaraan roda dua : Rp 5.000,-
  • Kendaraan roda empat : Rp 16.000,-

Jika Anda berkelompok, akan lebih baik memilih perjalanan yang terorganisir karena akan lebih murah. Paket tersebut sudah berisi tiket masuk, konsumsi, akomodasi dan fasilitas lainnya.

Kebun Raya Cibodas

Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus mengunjungi Kebun Raya Cibodas:

1. Taman Sakura ala Jepang yang cantik

Di dekat pintu masuk terdapat objek yang menjadi incaran favorit pengunjung Cibodas yaitu Taman Sakura, seperti di Jepang. Seperti namanya, taman ini berisi bunga sakura yang ada di hampir setiap titik taman. Untunglah mereka yang datang ke sana bertepatan dengan musim semi Sakura karena bunga ini hanya mekar 2 sampai 3 kali.

Keindahan Taman Sakura di Kebun Raya CibodasKeindahan Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas

2. Rumah kaca

Selain bunga sakura yang tak kalah mengesankan, Taman Cibodas memiliki koleksi pohon dengan variasi dan usia yang berbeda. Ada sekitar 5.831 contoh tumbuhan dari 1.206 spesies yang bisa ditemukan di sana. Tidak jauh dari koleksi tersebut terdapat rumah kaca yang menyimpan berbagai jenis tanaman kaktus dan anggrek.

Bahkan ada tumbuhan langka jenis ini. Setidaknya ada 4.000 contoh tanaman dengan 350 kaktus dan 360 anggrek yang disimpan di rumah kaca tersebut. Jika Anda menuju wahana ini, pastikan untuk berhenti melihat Bunga Mayat Raksasa langka yang tidak jauh dari sana.

3. Auracarua Avenue

Araucaria Avenue adalah tempat menarik berikutnya untuk dikunjungi. Jalur batu yang diletakkan dengan hati-hati mengarah dari wisma ke kolam renang besar. Yang membuat tempat ini berkesan karena disepanjang jalan di kanan kirinya anda akan menemukan pohon araucaria kokoh yang sudah ada sejak tahun 1866 dan jika dihitung umurnya sampai tahun ini pohon araucaria tersebut berumur lebih dari 150 tahun.

4. Air Terjun Cibeureum

Jangan lupa jika ke Taman Cibodas untuk mengapung Air Terjun Cibeureum yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Air terjun ini sendiri berada di ketinggian 1675 mdpl.

Curug Cibeureum memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Oh iya guys, bagi kalian yang suka berpetualang maka wajib mengunjungi air terjun ini. Karena untuk sampai ke sini, Anda harus mendaki.

Jalur yang kami tempuh sama dengan jalur pendakian menuju Gunung Gede Pangrango via Cibodasm. Di sana pengunjung akan melihat banyak rambu jalan untuk menuju Curug Cibeureum. Rasa lelah akan terbayar ketika kita sudah sampai di lokasi curug Cibeureum.

5. Taman Lumut

Ada juga taman lumut yang bagus di kebun raya di Cibodas ini. Di sini Anda bisa melihat setidaknya ada 235 jenis lumut yang termasuk dalam Kebun Raya Cibodas.

6. Taman Rhododendron

Tempat menarik di Kebun Raya Cibodas adalah Taman Rhododendron. Taman ini memiliki banyak jenis bunga dimana bunga ini berasal dari beberapa negara seperti Indonesia, China dan Jepang. Jadi, Anda harus berhenti di sini untuk mengabadikan momen tak terlupakan di sini.

7. Jalur air

Main air di sungai Kebun Raya CibodasMain air di sungai Kebun Raya Cibodas

Kalau ke taman Cibodas jangan lupa bawa baju ganti, karena kurang enak kalau tidak basah. Nah, kamu bisa bermain di air Sungai Cibogo yang berasal dari Gunung Gede, jadi jangan heran jika air yang mengalir sangat jernih dan dingin. Untuk itu, pihak pengelola Kebun Raya Cibodas menyulap sungai menjadi tempat bermain yang menyenangkan bagi anak-anak.

8. Koleksi Pakis

Salah satu kehebatan orang Jawa adalah kegemaran mereka akan paku. Hehehehe.

Bukan sembarang paku, tentu saja, melainkan paku sayur. Nah, Anda bisa melihat banyak koleksi pakis di sini. Setidaknya ada sekitar 34 jenis tumbuhan paku asli seluruh Indonesia. Selain sebagai sayuran, tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat alami.

9. Bunga Mayat Raksasa

Taman raksasa ini dibawa dari Jambi. Wah, jauh sekali. Karena di Jambi banyak sekali tumbuhan yang mengeluarkan bau busuk tersebut.

Bunga yang dibawa pada tahun 2000 biasanya mekar setiap empat tahun sekali, dan pada tahun 2018 bunga bangkai mencapai ketinggian lebih dari 3 meter.

10. Kolam renang besar

Jangan lupa mampir ke kolam besar yang ada di Taman Cibodas ya. Telaga yang sudah ada sejak tahun 1901 ini menjadi habitat berbagai tumbuhan air.

Kolam Besar Kebun Raya Cibodas via WisataalamKolam Besar Kebun Raya Cibodas via Wisataalam

Instalasi yang ada di kebun Cibodas

Cibodas menawarkan fasilitas yang sangat mumpuni sebagai destinasi wisata dalam dan luar negeri. Tersedia tempat parkir mobil yang sangat luas. Kapasitasnya mampu menampung ratusan bus dan letaknya tidak jauh dari pintu masuk sehingga mempersingkat waktu tempuh menuju lokasi.

Fasilitas lain yang tersedia adalah paviliun dan teater terbuka. Ruang informasi juga tersedia. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang tujuan yang membingungkan. Ada juga area bermain anak hingga camping ground yang luasnya mencapai 3 hektar. Perpaduan fasilitas tersebut tentunya membuat Cibodas menjadi tempat wisata populer di Jawa Barat.

Juga jangan lewatkan: Obyek wisata alam yang indah air terjun Cipamingkis, Bogor

Saat ini, ada fasilitas lain yang disediakan manajemen, yakni Wara Wiri. Fasilitas ini merupakan kendaraan minibus yang telah dimodifikasi dan digunakan sebagai kendaraan transportasi pengunjung yang menjelajahi taman. Tiketnya cukup murah, hanya seharga Rp 10.000,-/orang untuk sekali naik.

Bersantai di Kebun Raya Cibodas via wirasetiawan29Bersantai di Kebun Raya Cibodas via wirasetiawan29

Akomodasi juga tersedia di sana.

Tidak perlu takut tidak bisa menginap di Cibodas karena tersedia beberapa bed and breakfast. Dari Guest House Sakura, Medinilla dan Eucalyptus. Yang perlu diingat, Anda bisa memesan kamar ini jauh-jauh hari agar tidak kehabisan.

Kunjungi juga: Taman Matahari Bogor

Atraksi lainnya di dekat Taman Cibodas

Jika Anda ingin menjelajahi kawasan ini lebih luas, Anda dapat mengunjungi tempat-tempat di dekat Taman Cibodas berikut ini.

  1. Bumi Perkemahan Mandalawangi

Juga dikenal sebagai Bumi Perkemahan Mandalawangi, kawasan ini berada tidak jauh dari pintu keluar Kebun Raya Cibodas. Keduanya berada di dalam kompleks Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, lokasi ini sangat ideal bagi Anda yang ingin berkemah dengan gaya. pejalan kaki.

  1. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman nasional seluas 21.975 hektare yang diselimuti hutan hujan tropis ini menjadi rumah bagi beragam tumbuhan. Dari pohon raksasa bernama rasamala hingga kantong semar pemangsa serangga. Ada juga hewan seperti macan tutul, sigung, kijang, burung enggang dan coyote.

  1. kebun Raya Bogor

Keduanya bernama kebun raya, namun bedanya taman ini memiliki museum zoologi. Jadi kita bisa belajar lebih banyak tentang flora sambil bersenang-senang di sana. Koleksinya bahkan mencapai 15.000 jenis tumbuhan. Apalagi Kebun Raya Bogor merupakan peninggalan Kerajaan Sunda Kelapa yang merupakan kebun raya tertua di Asia.

Demikian ulasan taman Cibodas ini. Jadi tunggu apa lagi…kunjungi Kebun Raya Cibodas bersama keluarga, teman, dan kolega Anda. Anda bisa datang ke sini pada akhir pekan atau hari libur lainnya. Nikmati suasana alam yang bersih, nyaman dan sejuk untuk bersantai. Semoga beruntung!

Artikel terkait: Obyek wisata keluarga Mekarsari Bogor

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button