9 Contoh Paragraf Deskripsi Dalam Bahasa Indonesia, Ketahui Artinya - WisataHits
Yogyakarta

9 Contoh Paragraf Deskripsi Dalam Bahasa Indonesia, Ketahui Artinya

9 Contoh Paragraf Deskripsi Dalam Bahasa Indonesia, Ketahui Artinya

Merdeka.com – Kelas bahasa Indonesia mengajarkan banyak hal bagi siswa baik di sekolah dasar maupun sekolah menengah. Salah satu materi yang diberikan dalam kelas bahasa Indonesia adalah jenis-jenis paragraf.

Paragraf sendiri adalah istilah yang digunakan untuk menyebut sekumpulan kalimat yang saling berhubungan. Salah satu jenis paragraf yang familiar bagi siswa adalah paragraf deskriptif.

Artikel media taboola

Seperti halnya jenis lainnya, paragraf deskriptif dalam bahasa Indonesia juga memiliki definisi atau makna. Dengan membaca maknanya, deskripsi paragraf kemudian dapat dipelajari secara mendalam.

Selanjutnya, selain memahami makna, seseorang dapat belajar membaca berbagai contoh paragraf deskriptif. Berdasarkan berbagai sumber, Rabu (9/11/22) berikut ulasan lengkap mengenai pengertian contoh paragraf deskriptif.

2 dari 6 halaman

Definisi deskripsi paragraf

Berawal dari laman sdn006batamkota.sch.id, paragraf deskriptif adalah surat (letter) yang menggambarkan suatu objek berdasarkan pengamatan, perasaan, dan pengalaman penulis. Singkatnya, paragraf deskriptif adalah rangkaian kalimat yang dimaksudkan untuk menggambarkan.

Berbagai hal yang dapat digambarkan dalam sebuah paragraf adalah ruang kelas, pantai atau berbagai objek yang diamati oleh penulis sendiri.

Paragraf ini biasanya berisi kalimat yang menggambarkan suatu objek (benda atau makhluk hidup) sehingga pembaca mendapat kesan bahwa mereka dapat melihat, mendengar, dan merasakan objek tersebut saat mereka membaca. Karena itu, penulis harus menggunakan diksi, bahasa, dan kata-kata baku yang tepat untuk menggambarkan item secara detail.

3 dari 6 halaman

Contoh paragraf deskripsi pertama

Pantai Pulau Abang memiliki bentang alam keindahan alam yang menarik, terutama bagi wisatawan yang mendambakan suasana nyaman, damai jauh dari kota. Pohon-pohon palem yang rindang tertata rapi di sepanjang pantai. Memiliki taman laut yang tidak kalah dengan Bunaken. Bagi para penyelam, Pantai Pulau Abang juga menawarkan keindahan berenang ikan laut. Pemerintah Kota Batam dituntut untuk menata dan mengelola Pantai dan Taman Laut Pulau Abang sebagai tujuan wisata alternatif bagi warga Batam dan wisatawan mancanegara.

002 siti rutmawati

www.dresscodeclothing.com

Contoh paragraf deskriptif kedua

Di kamar berukuran 9m x 8m Anda benar-benar dapat hidup dengan sangat nyaman. Di tengah ruangan terdapat sofa empuk berwarna putih dengan meja kayu. Di dekat dinding selatan terdapat rak buku dengan beberapa novel dan buku ilmiah, berdampingan dengan pot dengan pohon palem kecil yang tampak menyatu dengan dinding bercat hijau muda. Di luar ruangan ada kolam kecil berukuran 2,5m x 2m dengan beberapa ikan koi yang bermain-main di dalamnya. Gemericik air dari kolam menambah sejuknya suasana di ruang tamu Pak Toni.

4 dari 6 halaman

Contoh paragraf deskriptif ketiga

Buah kersen (cherries) adalah buah yang memiliki nama ilmiah Muntingia calabura. Buah ini berukuran kecil, bulat dan berwarna hijau ketika baru berbentuk putih. Menjelang matang, warna buah ini berubah menjadi kuning dan perlahan berubah menjadi merah saat matang. Diameter buah berkisar antara 1 hingga 1,5 cm. Tekstur buah ini sangat bagus dan menyerupai biji karena sangat kecil dan memiliki rasa manis yang khas.

manfaat daun ceri

Liputan6 © 2022 Merdeka.com

Contoh paragraf deskriptif keempat

Pantai Wediombo mungkin hanyalah salah satu dari sekian banyak pantai yang masih alami di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai dengan hamparan pasir putih yang sangat luas ini seolah menggoda kaki untuk terus melangkah dan berjalan di atasnya. Di kedua sisi pantai kita bisa melihat bukit-bukit kapur hijau yang diselimuti lumut dengan bangga menentang deburan ombak pantai yang cepat. Suasana pantai yang tenang juga menambah pesona pantai yang masih alami ini.

5 dari 6 halaman

Contoh paragraf deskriptif kelima

Sepak bola adalah permainan tim. Olahraga ini membutuhkan 11 pemain, biasanya terdiri dari penjaga gawang, bek, gelandang, dan penyerang. Olahraga ini membutuhkan bola dan gawang sebagai alat pelengkap permainannya. Tidak hanya itu, sepak bola juga membutuhkan wasit untuk menjadi wasit di lapangan. Olahraga ini berlangsung selama 90 menit dan dibagi menjadi dua bagian, masing-masing babak berlangsung selama 45 menit.

Ilustrasi Sepak Bola

football-zone.net

Contoh paragraf deskriptif keenam

Pantai Wediombo terletak di Kecamatan Girisobo, Prefektur Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini berjarak 70 km atau dua jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Di kanan kiri pantai berpasir putih yang landai ini kita bisa melihat gugusan perbukitan kapur hijau yang ditumbuhi lumut. Namun perlu diperhatikan bahwa pantai ini memiliki ombak yang cukup besar, sehingga wisatawan dilarang berenang di pantai ini, karena sangat berbahaya.

6 dari 6 halaman

Contoh paragraf deskriptif ketujuh

Sungai Ciliwung terletak di Jakarta. Sungai ini mengalir di seluruh Jakarta. Sayangnya, Sungai Ciliwung penuh dengan tumpukan sampah. Tumpukan sampah di sungai dipenuhi lalat. Lalat terus beterbangan ke rumah-rumah penduduk, menularkan berbagai jenis penyakit. Selain itu, tumpukan sampah mengeluarkan bau yang sangat menyengat. Sungguh pemandangan yang sangat menyedihkan.

Progres Pembangunan Ciliwung Sodetan

© 2022 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Contoh paragraf deskriptif kedelapan

Setiap sore Anda bisa melihat awan menggantung. Awan mendung dianggap sebagai pertanda hujan. Awan bergulung tertiup angin. Beberapa menyatu dengan awan lainnya. Ada juga yang bertebaran. Itu tidak lama sebelum petir menyambar. Kemudian hujan. Saat itu hujan sangat deras. Air mengalir ke segala arah dan terkumpul di mana-mana. Ternyata, resapan air ke dalam tanah berkurang akibat pembetonan.

Contoh paragraf deskriptif kesembilan

Suasana pagi hari di Taman Wisata Kaliurang sangat sejuk. burung sedang berkicau. Angin sepoi-sepoi berkontribusi pada sejuknya udara pagi. Warna-warni bunga di taman membuat Anda betah saat duduk. Taman dihiasi dengan pepohonan. Taman ini juga dihiasi dengan beberapa patung bangau putih. Patung-patung itu terlihat sangat unik. Ada sebuah kolam di tengah taman. Ada air mancur di tengah kolam. Aneka mainan anak juga melengkapi Taman Wisata Kaliurang.

(mdk/mta)

TOPIK TERKAIT

lagi

Taboola di bawah Artikel

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button