Desa Wisata Tepus Gunungkidul bertujuan menjadi desa wisata kelas dunia - WisataHits
Yogyakarta

Desa Wisata Tepus Gunungkidul bertujuan menjadi desa wisata kelas dunia

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Terletak di Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta, Desa Wisata Tepus masuk dalam daftar 50 Desa Wisata Terbaik berdasarkan Indonesia Tourism Village Award (ADWI) 2022. Desa ini bertujuan untuk menjadi desa wisata kelas dunia.

“Di balik keindahan alam ada budaya, jadi ini adalah konsep paket total Alam (alam) dan Budaya (budaya) dan ada produk unggulan industri kreatif. Sebuah ekosistem juga telah dibangun dalam kaitannya dengan keluarga angkatMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat ditemui di kawasan Pantai Pulang Sawal, Tepus, Rabu (31/8/2022).

Baca juga:

Ia melanjutkan, Tepus memiliki fasilitas yang lengkap ditambah dengan berbagai produk industri kreatif buatan masyarakat setempat.

Desa wisata diyakini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Gunungkidul. Salah satunya adalah penyediaan lapangan kerja yang lebih luas.

Di tingkat nasional, diharapkan desa wisata dan pelaku ekonomi dapat menciptakan lapangan kerja.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Terbaru di Gunungkidul yang Cocok Untuk Liburan Akhir Pekan

“Jadi saya melihat 1,1 juta lapangan kerja memiliki potensi besar jika dibangun di kawasan wisata dan juga memperkuat UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah). Bupati Gunungkidul juga mengatakan ingin mengembangkan pertanian, peternakan dan UMKM,” ujarnya.

“Pagi ini disepakati bahwa UMKM akan didukung di atraksi wisata dan creative hubs, ditingkatkan melalui kurasi dan pelatihan pemasaran,” tambahnya.

Baca Juga: Desa Wisata Gunungkidul Gelar 12 Pasar Kuliner Ramadhan

Ia berharap dukungan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan prestasi yang telah diraih desa wisata ini kedepannya dapat lebih ditingkatkan lagi, sehingga menjadi desa wisata kelas dunia dengan keunikan dan keistimewaannya.

“Tepus bisa mengikuti Nglanggeran dari Gunungkidul yang sebelumnya menjadi salah satu desa wisata top dunia,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Sunaryanta berharap menjadi bagian dari 50 besar desa wisata dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Kalurahan Tepus.

“Semoga kunjungan ini berdampak positif bagi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi di Gunungkidul,” ujarnya.

Baca Juga: 7 Wisata Dekat Gua Pindul, Gunungkidul Cocok Untuk Pecinta Alam

Pada kesempatan kunjungan hari ini, Sandiaga juga melihat patung dirinya sedang duduk di kursi panjang.

“Konsepnya itu saja. Nanti dibuat dan dipasang di Desa Wisata Tepus,” kata M. Arif Aldian, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul.

Baca juga: Hotel Santika Hadir di Gunungkidul Yogyakarta

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button