8 Wisata Mojokerto Terbaru dan Terpopuler Cocok Untuk Keluarga - WisataHits
Jawa Timur

8 Wisata Mojokerto Terbaru dan Terpopuler Cocok Untuk Keluarga

8 Wisata Mojokerto Terbaru dan Terpopuler Cocok Untuk Keluarga

Merdeka.com – Wisata Mojokerto bisa menjadi destinasi liburan. Mojokerto adalah sebuah kota di provinsi Jawa Timur, tidak jauh dari kota tersebut Surabaya. Sebagai kota terkecil di Indonesia, Mojokerto masih menawarkan berbagai wisata menarik yang layak untuk dikunjungi.

Kota Mojokerto juga memiliki sejarah panjang yang sangat menarik untuk dipelajari. Tak heran jika kota ini didominasi sejumlah tempat wisata bersejarah. Belum lagi, ada juga wisata alam yang indah mempesona.

Artikel media Taboola

Dilansir dari situs Liputan6, berikut rekomendasi 8 wisata Mojokerto terpopuler yang wajib kamu kunjungi selama liburan ke sana. Jangan sampai ketinggalan, ya!

2 dari 3 halaman

1. Situs Purbakala Trowulan

Rekomendasi wisata pertama dari Mojokerto adalah situs purbakala Trowulan. Situs Purbakala Trowulan di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur merupakan kawasan purbakala dari Zaman Klasik sejarah Indonesia.

Tempat ini berisi peninggalan kerajaan Majapahit yang melegenda berdasarkan kronik, prasasti, simbol dan catatan yang ditemukan di daerah ini. Jika Anda penikmat cerita sejarah, situs purbakala Trowulan merupakan tempat wisata edukasi yang wajib dikunjungi.

2. Maha Vihara Mojopahit

Rekomendasi wisata Mojokerto yang kedua adalah Maha Vihara Mojopahit. Berada di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, tempat ini tidak boleh Anda lewatkan.

Maha Vihara Mojopahit adalah tempat pemujaan umat Buddha dengan patung Buddha berbaring yang sangat besar. Patung ini menjadi magnet untuk menarik wisatawan untuk berkunjung. Karena tampilannya sangat mirip dengan yang ada di Thailand dan Nepal.

3. Ranu Manduro

Rekomendasi wisata Mojokerto yang ketiga adalah Ranu Manduro. Terletak di Desa Manduro, Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur, Ranu Manduro merupakan tempat wisata di Mojokerto yang populer dan hangat diperbincangkan. Tempat ini bahkan disebut-sebut memiliki pemandangan yang menyerupai pemandangan alam Selandia Baru.

Ranu Manduro sendiri merupakan kawasan pegunungan yang didominasi oleh tanaman hijau. Namun, Ranu Manduro merupakan bekas kawasan pertambangan. Tempat ini menawarkan pemandangan Gunung Penanggungan yang indah dan menarik. Tempat yang sangat cocok obat dari tekanan hidup sehari-hari.

4. Air Terjun Canggu

Rekomendasi wisata Mojokerto yang keempat adalah Air Terjun Canggu. Air terjun ini terletak di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, satu lokasi dengan Pemandian Air Panas Padusan. Dari pintu masuk wisata Pacet, Anda bisa langsung belok kiri untuk mencapainya.

Air Terjun Canggu menarik karena memiliki dinding air hitam yang terbentuk secara alami. Canggu memiliki panorama alam yang sangat indah dengan tembok besar pepohonan hijau dan dedaunan yang mengelilinginya. Aktivitas yang bisa dilakukan di sini adalah bermain air dan selfie.

3 dari 3 halaman

5. Masjid Raya Al-Fattah

Rekomendasi wisata Mojokerto yang kelima adalah Masjid Raya Al-Fattah. Destinasi ini sangat cocok jika Anda pecinta wisata spiritual. Sebagai masjid tertua di Kota Mojokerto, bangunan ini dibangun pada masa penjajahan Belanda tepatnya tahun 1877 M. Anda masih bisa melihat perpaduan budaya Timur Tengah dan Islam Majapahit di bangunan masjid ini.

Dibangun pada masa pemerintahan Kromodjojo Adinegoro III atau Raden Ersadan yang pertama diangkat menjadi Bupati Mojokerto (Bupati Jaman Kolonial Belanda) oleh pemerintah kolonial Belanda, beliau memerintah dari tahun 1866 sampai dengan tahun 1894. Masjid ini terletak di depan alun-alun kota Mojokerto, Lebih khusus lagi di Kecamatan Kauman, Kecamatan Prajurit Kulon, Masjid Raya Al-Fattah mampu menampung hingga 5.500 jamaah.

6. Apakah Anda mengenal Raden Soerjo

Rekomendasi wisata Mojokerto yang keenam adalah Tahura Raden Soerjo. Taman Hutan Raya atau Tahura Raden Soerjo adalah sebuah cagar alam (cagar alam) di kompleks gugusan Pegunungan Arjuno-Welirang-Anjasmoro. Taman hutan ini memiliki udara yang sejuk dan pemandangan hijau yang indah.

Tahura Raden Soerjo memiliki sumber air panas, air terjun dan berbagai satwa liar seperti monyet dan burung. Tahura ini mencakup beberapa kabupaten di Jawa Timur. Diantaranya adalah Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kabupaten Jombang, Kabupaten Pasuruan dan Kota Batu. Tahura Raden Soerjo dikenal sebagai tempat rekreasi pendidikan dan juga berstatus hutan lindung.

7. Gunung Penanggungan

Rekomendasi tempat wisata Mojokerto berikutnya adalah Gunung Penanggungan. Kota Mojokerto terletak di kaki Gunung Penanggungan, tak heran jika kota ini memiliki banyak tempat wisata alam dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Jika Anda penggemar pendakian gunung, Anda bisa melakukan aktivitas pendakian di gunung ini.

Mendaki gunung setinggi 1.653 meter di atas permukaan laut yang cukup mudah ini hanya membutuhkan waktu pendakian sekitar tiga hingga enam jam. Jalurnya cukup mudah untuk pemula. Gunung Penanggungan juga menyimpan banyak candi dan peninggalan sejarah lainnya.

8. Museum Pondok Boneka

Rekomendasi wisata terakhir dari Mojokerto adalah Museum Wayang Gubug. Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga di tengah keramaian. Museum Wayang Gubug adalah museum khusus yang menampilkan seni, budaya dan etnografi yang dikembangkan oleh komunitas pelestarian seni dan budaya di pulau Jawa.

Berawal dari sanggar yang kemudian berkembang menjadi 12 cabang, Museum Wayang Gubug kemudian menempati bangunan peninggalan Hindia Belanda yang dibangun pada tahun 1912. Museum ini memiliki berbagai jenis koleksi pameran seperti wayang, topeng, terakota, keris, wayang Si Unyil dan mainan tradisional.

(mdk/edl)

TOPIK TERKAIT

lagi

Taboola di bawah Pasal

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button