8 wisata gratis di kawasan Ubud Bali - WisataHits
wisatahits

8 wisata gratis di kawasan Ubud Bali

8 wisata gratis di kawasan Ubud Bali

Ulasan tentang wisata gratis di Ubud – Ubud memiliki keunikan tersendiri bagi setiap pengunjung yang pernah berkunjung ke Bali. Perpaduan wisata alam, tradisional dan spiritual yang dikemas dalam satu tempat menjadikan destinasi ini menjadi idaman banyak wisatawan mancanegara maupun lokal. Berbekal suasana yang menyejukkan dan damai, Ubud tetap mampu memberikan pengalaman ideal untuk merenung, mengembangkan diri atau sekedar menikmati keindahan alam dan keragaman budaya Bali.

rana

Nah, jika kebetulan anda berencana untuk mengunjungi Bali namun sedang mencari tempat wisata gratis yang bisa anda nikmati di Ubud, anda telah datang ke artikel yang tepat.

Ya, ATW akan membahas 8 destinasi wisata bebas di kawasan Ubud Bali yang dijamin akan memperkaya kredensial Anda untuk magang Anda. Periksa ini!

BACA JUGA: Alas Harum Bali – Tempat Wisata Agrowisata yang Unik dan Inspiratif

1. Pura Taman Saraswati – Tour Gratis di Ubud

Alamat : F7V6+PJ4, Jl.Kajeng, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Kasus : Klik disini
Jam buka : 07.00 – 21.00 WITA

Menduduki peringkat pertama dalam daftar ini, Pura Taman Saraswati merupakan paket lengkap objek wisata unggulan Ubud. Taman yang terletak di jantung Ubud ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan kolam teratainya yang indah, pertunjukan tari Bali yang diadakan di malam hari, dan pengalaman mengunjungi Pura Saraswati yang berada di sisi timur kolam teratai.

Daya tarik utama taman yang dibangun pada tahun 1951 oleh Pangeran Tjokorda Gede Agung Sukwati ini adalah kolam teratai. Seperti namanya, kolam ini dikelilingi oleh berbagai bentuk tanaman teratai dan bunga alami lainnya. Keindahan kolam teratai ini semakin terasa jika Anda mengunjunginya pada malam hari. Lampu-lampu yang menerangi kolam dan bayang-bayang tenang dari patung-patung klasik yang tersebar di sekitar lokasi akan menambah suasana indah dan romantis namun tetap sakral.

Di sisi timur kolam terdapat sebuah pura kuno bernama Pura Saraswati. Pura yang dibangun untuk menghormati Dewi Saraswati, dewi pengetahuan dan seni dalam kepercayaan Hindu ini, selalu ramai pengunjung. Di dalam candi terdapat patung Dewi Saraswati yang cantik, serta beberapa patung dan relief yang menggambarkan cerita dari mitologi Hindu.

@nicole_tan

Pecinta tari sudah tidak asing lagi dengan Taman Saraswati. Memang pura Taman Saraswati sering menyelenggarakan pertunjukan tari Bali seperti tari Legong, Barong dan Kecak pada malam hari.

2. Campuhan Ridge Walk

Alamat : Wisuda, Payangan, Jl.Raya Campuhan, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Kasus : Klik disini
Jam buka : Buka 24 jam

Apalagi buat kamu pecinta wisata alam yang suka trekking, pasti bisa terkejut dengan Campuhan Ridge Parkway. Landmark ini adalah jalan setapak yang terletak di Ubud, Bali. Jalur ini menawarkan pengalaman wisata alam yang luar biasa.

Campuhan Ridge Walk – Balipedia

Terletak di pusat Ubud, trail ini menawarkan pemandangan alam yang indah, seperti persawahan yang hijau, perbukitan yang menjulang tinggi, dan sungai yang mengalir di sekitar Ubud. Jalan setapak yang berada di tengah hamparan hijau ini tentunya memberikan kesan damai dan tenang selama berkunjung. Biasanya pengunjung menyempatkan diri untuk bersantai atau bercengkrama dengan rekan-rekannya dalam suasana alam yang menyegarkan.

Karena jalurnya tidak banyak tanjakan, maka Campuhan Ridge Walk sangat cocok bagi Anda yang ingin berolahraga ringan, seperti jalan kaki atau lari santai. Udara segar akan menambah nilai jalan santai Anda. Beberapa pengunjung bahkan menyempatkan diri untuk mengabadikan momen dengan berfoto karena pemandangannya memang sangat indah. instagrammable.

wisata gratis di ubud@ivan.drone

Selama berada di Campuhan Ridge Walk, Anda tidak perlu membayar biaya masuk karena tur ini gratis. Tempat wisata ini juga sangat mudah diakses karena berada di pusat Ubud. Maka tak heran jika banyak traveler yang menyempatkan diri untuk singgah di Mixed Ridge Walk.

BACA JUGA: Hello Summer Bogor: Suasana Asli Bali di Bogor

3. Sawah Terasering Tegalalang

Alamat : Jl.Raya Tegallalang, Tegallalang, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali 80561
Kasus : Klik disini
Jam buka : 08.00 – 18.00 WITA
Biaya masuk: Rp 10.000/orang

Tempat wisata yang terletak di desa Tegalalang ini memang tidak gratis karena masih harus membayar tiket masuk yang hanya Rp 10.000. Tapi percayalah, tempat ini memiliki pemandangan yang spektakuler dan sangat terkenal. Pemandangan hamparan terasering sawah yang ditata dengan cermat memang menjadi daya tarik utama Sawah Tegalalang. Ditemani lanskap hijau, langit biru jernih, dan bukit-bukit di sekitarnya, tempat ini memang layak untuk diglobalisasi.

Sawah Terasering TegallalangSawah Terasering Tegallalang

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tempat Makan Murah dan Enak di Indonesia Raya

Banyak kegiatan yang bisa dinikmati di Tegalalang Rice Terrace. Jalan-jalan di sekitar sawah, foto-foto dan berayun-ayun di tengah sawah adalah beberapa aktivitas populer yang bisa Anda lakukan di sini. Teras Sawah Tegalalang juga dikenal karena aksesnya yang mudah. Banyak moda transportasi yang bisa digunakan untuk mencapai tempat wisata ini.

Biasanya pengunjung yang datang menggunakan jasa rental mobil, motor atau shuttle khusus yang disediakan untuk menikmati keindahan alam yang tiada tara ini. Selain menawarkan pemandangan alam yang indah, Sawah Terasering Tegalalang juga mempertahankan tradisi Bali dengan berbagai upacara adat yang berlangsung di sana. Beberapa acara penting seperti Galungan dan Kuningan juga rutin digelar di sini.

Sawah Terasering Tegalalang – indonesia.travel

4. Pura Dalem Agung Padang Tegal

Alamat : Jl. Monkey Forest, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Kasus : Klik disini
Jam buka : 08.00 – 18.00 WITA

Pura yang terletak di jantung Ubud ini menawarkan pengalaman spiritual dan budaya Bali yang unik. Di dalam candi terdapat berbagai jenis patung, seperti patung Dewa Wisnu dan Dewi Kunti yang masih digunakan sebagai tempat acara keagamaan hingga saat ini.

wisata gratis di ubud

Pura Dalem Agung juga memiliki beberapa bangunan suci lainnya, seperti Bale Bengong, Wantilan dan Bale Gong. Selain sebagai tempat pemujaan, Pura Dalem Agung Padangtegal juga digunakan sebagai tempat berbagai upacara adat Bali, seperti upacara kematian dan upacara keagamaan lainnya. Mengingat hal tersebut, pura ini sangat penting bagi masyarakat Bali.

Jadi, bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Pura Dalem Agung Padangtegal, disarankan memakai pakaian yang sopan dan menghormati tempat suci tersebut. Selain itu, Anda juga harus mengikuti aturan dan tata cara yang berlaku di pura.

Ngomong-ngomong, tahukah kamu? Ada destinasi unik di kawasan kompleks ini yang sangat terkenal. Ya! Hutan Monyet adalah jawabannya. Jadi, meski masuk ke Pura Padangtegal Dalam Agung ini gratis, Anda harus membayar antara Rp 40.000 hingga Rp 60.000 untuk masuk ke kawasan yang penuh dengan primata menggemaskan ini. Ini sangat berharga!

BACA JUGA: Review One Satrio: Tempat Kencan Terpopuler di Jakarta

5. Puri Saren Agung – Tour Gratis di Ubud

Alamat : Jl. Raya Ubud No.8, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Kasus : Klik disini
Jam buka : 08.00 – 19.00 WITA

Tempat ini secara internasional dikenal sebagai Istana Kerajaan Ubud. Istana ini merupakan pusat seni, tari, dan sastra Bali dengan kekayaan sejarah dan arsitektur Bali yang terpelihara dengan baik dengan taman hijau yang rimbun. Kompleks bersejarah ini terdiri dari balai pertemuan yang disebut Wantilan dengan aksen utama pohon beringin yang rindang.

Puri Saren Agung yang merupakan salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Ubud Bali ini dibangun pada masa pemerintahan almarhum Ida Tjokorda Putu Kandel dan telah dipertahankan sebagai pusat pecinta seni Bali selama beberapa dekade terakhir. Di malam hari, tempat tujuan menyelenggarakan pertunjukan tari lokal yang diiringi oleh orkestra perkusi gamelan. Anda dapat mengunjungi istana ini kapan saja antara pukul 08.00 hingga 19.00.

6. Desa Celuk Ubud Bali

Alamat : Celuk, Kabupaten Gianyar, Bali 80513
Kasus : Klik disini
Jam buka : 06.30 – 17.30 WITA

Tempat yang wajib dikunjungi di Ubud ini terkenal dengan pengrajin perhiasan emas dan perak mulai dari cincin, kalung, gelang, dan anting dengan desain yang unik dan elegan. Pengrajin desa ini telah menjadi pelanggan kerajinan untuk pasar internasional selama beberapa generasi, sehingga Anda dapat yakin untuk mendapatkan produk dengan kualitas sempurna. Harga perhiasan yang dijual di tempat ini cukup bervariasi, mulai dari Rp 50.000 hingga jutaan rupiah.

@bali.destination

Selain toko perhiasan, Anda juga akan menemukan beberapa galeri yang mengajarkan cara membuat perhiasan perak sendiri. Selain perhiasan, ada beberapa pilihan souvenir, ornamen, dan medali yang bisa anda bawa pulang sebagai oleh-oleh perjalanan anda ke Bali. Setelah selesai berbelanja, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi masakan khas Bali yang lezat di berbagai gerai makanan di Desa Celuk, Ubud.

7. Air Terjun Tibumana

Alamat : Jl.Setra Agung, Apuan, Kec. Kerugian, Kabupaten Bangli, Bali 80661
Kasus : Klik disini
Jam buka : 08.00 – 18.00 WITA
Tiket masuk: Rp 10.000/orang

Air Terjun Tibumana adalah salah satu air terjun tersembunyi terindah di dekat Ubud. Untungnya, hanya sedikit orang yang tahu tempat tersembunyi yang ini. Jika anda berada di Bali tengah, sangat mudah untuk menuju air terjun yang indah ini, perjalanan dari Ubud ke air terjun Tibumana hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit saja. Jalannya bagus dan mudah diakses terutama jika menggunakan Google Maps.

Setelah sampai di area ngarai dekat air terjun, Anda harus berjalan melewati hutan dan ini adalah kesempatan paling ideal untuk mengagumi tumbuhan eksotis di sekitar air terjun.

Riam diremehkan dekat ubud, cocok banget buat kalian yang mau kembali tenang dari segala kepenatan hidup. Nyatanya air terjun Tibumana ini masih belum banyak dijamah oleh wisatawan. Jadi, dengan hanya membayar Rp 10.000 saja, Anda masih sangat berkesempatan untuk menikmati keindahannya tanpa harus diganggu banyak orang.

@aurelle_istanya

8. Pasar Seni Ubud – Wisata Gratis di Ubud

Alamat : Jl. Raya Ubud No.35, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Kasus : Klik disini
Jam buka : 08.00 – 18.00 WITA

Pasar Seni yang berlokasi di Jalan Raya Ubud No. 35 ini menawarkan berbagai karya seni tradisional Bali. Pecinta seni dapat dengan mudah berburu berbagai patung kayu khas pemahat Bali, kain batik, kerajinan perak, lukisan bernuansa Bali dan barang-barang suvenir lainnya. Karena dibuat dan dijual oleh seniman lokal, harga yang ditawarkan tentunya cukup terjangkau.

wisata gratis di ubudPasar Seni Ubud – viva

BACA JUGA: Taman Literasi Blok M Jakarta: Rumah Pencinta Sastra & Pencinta Ketenangan

Pasar seni yang buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 18:00 WITA ini menawarkan pengalaman budaya dan komersial yang unik. Di sini wisatawan akan dapat melihat secara langsung proses pembuatan kerajinan tangan oleh pengrajin lokal yang terdapat di sekitar pasar.

Bagaimana? Tempat wisata di Ubud gratis rekomendasi ATW, bagus banget? Ayo atur jadwal liburanmu sekarang!

Source: anekatempatwisata.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button