Laut Bekah, mengagumi eksotisme panorama laut dari tebing di Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Laut Bekah, mengagumi eksotisme panorama laut dari tebing di Gunung Kidul

Laut Bekah, mengagumi eksotisme panorama laut dari tebing di Gunung Kidul
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Temon, Giripurwo, Kec. Purwosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Laut Bekah merupakan salah satu tempat wisata luar biasa indah yang terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempat ini bahkan disebut sebagai Uluwatu-nya Yogyakarta. Bagi anda yang penasaran dengan Uluwatu Bali, saya rasa jika anda belum memiliki budget yang banyak, pergi kesana mungkin bisa menjadi pilihan.

Perlu diingat bahwa tempat ini bukanlah pantai. Namun laut ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang gagah dan megah. Bagi Anda yang suka berfoto, Anda pasti akan menyukai tempat ini. Selain itu, jika Anda suka memancing, tempat ini kemungkinan akan menjadi area favorit Anda.

Tebing laut ini memiliki ketinggian sekitar 95 meter dengan kemiringan 180°. Hal menarik lainnya dari tempat ini adalah konon katanya tebing yang ada dulunya adalah tebing di bawah laut, kemudian tebing di bawah laut tersebut diangkat hingga menjadi daratan saat ini.

Daya tarik yang dimiliki Laut Bekah

Objek Wisata Laut BekahKredit gambar: Google Maps oleh Rizky Ikhsan

Laut Bekah merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sangat indah dan terawat. Ini karena tidak banyak orang yang tahu tentang tempat ini. Namun, bagi Anda yang hobi memancing, tempat ini cukup cocok. Selain itu, tentunya masih banyak pesona dan daya tarik lainnya.

1. Tebing yang indah dan besar

Tempat wisata ini memang dikelilingi oleh tebing-tebing yang tinggi, indah dan terjal. Tebing yang terbentang dari arah timur benar-benar terlihat gagah. Selain bisa menikmati pemandangan alam yang megah dari atas tebing. Kegiatan memancing juga menarik untuk dilakukan dari atas.

Ada sejumlah pemancing yang singgah dan menginap di kawasan tebing ini. Mengingat lokasinya sangat cocok bagi para nelayan untuk mendirikan tenda dan memulai berburu malam. Bahkan warga sekitar sering mencari lobster di sini.

2. Laut yang sangat biru

Hal lain yang menjadi daya tarik tempat ini adalah lautnya ya, warna biru laut dengan deburan ombaknya memang menarik untuk dilihat. Anda dapat merasakan ketenangan yang sesungguhnya dengan memandang hamparan laut yang luas, didukung dengan kondisi yang tidak terlalu ramai menambah ketenangan.

3. Matahari terbenam yang menawan

Pesona selanjutnya yang dimiliki Laut Bekah adalah tempat terbaik untuk menikmati panorama sunset. Tebing yang menjorok sedikit ke lautan memang bisa membuat sunset semakin sempurna. Bisa dibilang tempat ini merupakan titik lokasi yang paling cocok untuk melihat sunset yang indah.

4. Spot foto yang indah

Tempat ini juga merupakan tempat yang bagus untuk berfoto. Bagi anda yang ingin mengambil foto yang bagus tentunya bisa. Membuat foto selfie dengan background lautan yang sangat biru tentunya hasilnya akan sangat menarik.

5. Damai dan Tenang

Bagi anda yang ingin menyendiri sejenak, tempat ini cocok. Mengingat lokasinya, tidak banyak yang diketahui. Sedemikian rupa sehingga bisa dikatakan tempat tersebut masih cukup alami dan terjaga. Sehingga suasana hening dan hening pasti sangat terasa. Dan sangat cocok bagi para pemancing untuk memulai berburu.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Samudera BekahKredit gambar: Basar Hariadi Google Maps

Laut Bekah terletak di Desa Giripurwo, Dusun Temon, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Rute menuju ke sana tidaklah mudah. Namun, rasa lelah yang Anda rasakan pasti akan terbayar begitu melihat panorama alamnya.

Jika Anda datang dari arah Jogja maka jarak yang dibutuhkan adalah setiap 48 km dengan waktu tempuh -+ 90 menit untuk kecepatan rata-rata. Untuk menuju tempat ini, Anda bisa melewati Jalan Parangtritis atau Jalan Imogiri Gunungkidul. Pasalnya, laut ini berjarak -+17 km dari pantai Parangtritis.

Nanti Anda akan memasuki Southern Cross Road menuju ke timur dan sampailah di daerah perbukitan. Setelah menempuh jarak 8 km, terus belok kanan dan masuk ke perkampungan. Terus berjalan hingga menemukan jalan beraspal mulus yang menandakan lokasi sudah dekat.

Perlu diingat bahwa akan lebih baik untuk pergi ke sana dengan sepeda motor. Tentu saja, hindari menggunakan sepeda motor matic. Mengingat tenaga yang dibutuhkan untuk mendaki cukup besar. Dan menggunakan kendaraan yang sehat.

Tidak ada tiket masuk yang dikenakan untuk memasuki Laut Bekah. Anda hanya perlu membayar biaya parkir. Dimana tarif yang dikenakan untuk sepeda motor atau kendaraan roda dua adalah Rp 2.000 saja.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Laut Bekah

Aktivitas seru di Laut BekahKredit gambar: Google Maps Baskara Agung

Bagi Anda yang berkunjung ke kota Yogyakarta, sepertinya akan berakhir sampai disini. Tujuannya tentu saja untuk melepas penat dari penatnya tugas kantor dan kampus. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Tentu semua kegiatan tersebut akan sangat menarik untuk dilakukan.

1. Lihatlah panorama laut yang luar biasa

Hal pertama yang bisa kamu lakukan meski tidak bisa bermain air adalah melihat pemandangan laut lepas. Jika beruntung, Anda bahkan bisa melihat hewan laut yang cukup langka untuk ditemukan di pantai lain, lho. Misalnya, Anda bisa melihat kelompok paus atau hiu. Selain itu, pemandangan lain yang mungkin Anda dapatkan adalah segerombolan lumba-lumba bermunculan.

Di antara hiu, paus, dan lumba-lumba, terdapat spesies hewan yang sering dilihat orang yang berkunjung ke tempat ini. Yakni penyu. Hewan ini muncul hampir setiap hari untuk mencari makan di pinggir tebing. Sangat menarik bukan untuk dilihat?

2. Memancing di Laut Bekah

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di Laut Bekah adalah memancing. Bagi para penghobi mancing, laut ini memang surga dunia. Hal ini dikarenakan tempatnya yang sangat strategis. Umumnya orang memancing pada malam hari.

Tidak hanya datang di akhir pekan, bahkan hampir setiap hari pemulung selalu saja datang. Hanya saja, di akhir pekan jumlahnya dengan cepat bertambah menjadi puluhan. Perlu diketahui bahwa meskipun lokasinya berupa perbukitan, terdapat banyak titik datar.

Hal ini tentunya memudahkan para pemancing untuk menemukan spot yang tepat. Selain itu, warga sekitar membuat pagar pembatas setinggi lutut di tepi tebing. Sehingga pemancing bisa menyalurkan hobinya dengan rasa aman. Hal menarik lainnya adalah di bawah tebing ini terdapat salah satu parit terdalam di dunia.

Kini di cekungan Laut Bekah terlihat jelas banyak sekali ikan dari berbagai jenis. Mulai dari ikan kerapu, kakap, caru, layur hingga lobster bisa dengan mudah Anda temukan. Bagi Anda yang hobi memancing, sepertinya wajib datang ke sini.

3. Refleksi dan kesepian

Laut ini juga merupakan tempat yang paling disukai untuk kontemplasi. Ditambah lagi, hembusan angin sepoi-sepoi menambah ketenangan hati yang sedang mengamuk. Jadi buat kamu yang ingin menenangkan diri, tempat ini sangat cocok.

Fasilitas yang tersedia di kawasan laut Bekah

Fasilitas Kelautan BekahKredit Gambar: santosoadies Google Maps

Meski bukan tempat yang sangat sering dikunjungi wisatawan, namun tempat ini memiliki fasilitas umum yang cukup lengkap. Mulai dari toilet, pendopo hingga tempat istirahat hingga warung kecil untuk membeli kopi dan makanan ringan.

Karena kawasan wisata ini berada di atas tebing yang menghadap ke laut, pengunjung harus berhati-hati saat berlibur atau bermain di sini.

Laut Bekah memang bukan destinasi terindah di Yogyakarta. Namun, sangat cocok untuk Anda yang suka memancing atau memiliki anggaran terbatas. Perlu diingat bahwa masuk itu murah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button