8 objek wisata gunung di jogja dan sekitarnya - WisataHits
Yogyakarta

8 objek wisata gunung di jogja dan sekitarnya

8 objek wisata gunung di jogja dan sekitarnya

Destinasi wisata gunung di Jogja termasuk Gunung Api Nglanggeran Purba Foto: superlive.id

PARBOABOA, Yogyakarta – Bicara pesona Jogja memang tidak akan ada habisnya. Pasalnya, Kota Gudeg dikenal memiliki berbagai destinasi wisata alam yang menarik perhatian banyak orang.

Selain pantai, goa, dan air terjun, Yogyakarta juga memiliki beberapa objek wisata yang cocok untuk panjat tebing.

Bagi Anda yang hobi mendaki, jangan lewatkan keindahan di atas puncak gunung di Jogja. Selain Merapi, masih banyak lagi kawasan pendakian menarik lainnya di kota Gudeg ini.

Nah, buat kamu yang berencana mendaki, yuk simak 8 gunung di sekitar Yogyakarta berikut ini.

1. Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung berapi purba dengan puncak di ketinggian 700 mdpl ini menjadi lantai dansa para pemburu sunrise.

Berlokasi di Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain pemandangannya yang indah, satu hal yang menarik dari tempat ini adalah ketinggiannya yang sangat cocok untuk pemula.

Ketinggiannya hanya sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Waktu menuju puncak hanya 1 jam.

2. Gunung Gentong

Gunung Gentong yang memiliki nama lain puncak 4G ini terletak di Padukuhan Manggung, Ds. Ngalang, Kec. Gedangsari, Cab.Gunungkidul, Yogyakarta.

Dari pusat kota Jogja, perjalanan memakan waktu sekitar 1,5 jam. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 520 mdpl ini dulunya merupakan tempat tinggalnya Parbu Brawijaya sehingga tempat ini sarat akan sejarah.

Bahkan dibutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk mencapai puncak. Untuk pendaki pemula, bisa mencoba mendaki gunung ini terlebih dahulu.

3. Gunung Ireng

Gunung Ireng terletak di Dsn. Srumbung, Ds. Pengok, Kec. Pathuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja, perjalanan memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Gunung di Jogja ini letaknya persis di belakang rumah penduduk setempat, lebih mirip tugu dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit untuk mencapai puncak dari tempat parkir.

Gunung Ireng adalah tempat yang direkomendasikan untuk pecandu matahari terbit. Tiket masuknya relatif murah yaitu Rp 5.000 sudah termasuk biaya parkir.

4. Gunung Turgo Jogja

Gunung Turgo atau Bukit Turgo merupakan sebuah bukit yang terletak di dekat dan masih melingkupi kawasan wisata Merapi.

Bukit ini juga dekat dengan objek wisata Taman Kaliurang. Bagi yang senang hiking di perbukitan alami Jogja, Gunung Turgo bisa menjadi alternatif.

Medan untuk menuju puncak cukup berat, terutama bagi pemanjat tebing pemula. Tapi sudah ada tali silang untuk pegangan.

Anda cukup berjalan melewati hutan desa selama satu jam. Begitu sampai di puncak Anda bisa melihat Gunung Merapi di kejauhan.

5. Gunung Andong Magelang

Gunung Andong memiliki ketinggian 1.726 meter di atas permukaan laut. Berada di perbatasan Magelang dan Salatiga, gunung ini memiliki tipe gunung berbentuk perisai.

Karena gunung ini memiliki ketinggian yang relatif rendah, gunung ini direkomendasikan untuk pemula.

Jalurnya cenderung menanjak karena gunung ini berbentuk seperti perisai. Tapi jangan khawatir, tidak butuh waktu lama untuk mencapai puncak, pengalaman saya mendaki Gunung Andong hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam, dan itu jalan santai selagi terbatas.

6. Gunung Prau Wonosobo

Gunung-gunung di Jogja pasti sudah tidak asing lagi bagi para pendaki. Berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, gunung ini selalu ramai dikunjungi para pendaki – kebanyakan pemula. Mengingat jalur gunung yang tidak terjal dan memiliki daya tarik pemandangan yang luar biasa.

Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 mdpl. Gunung ini berbentuk perahu terbalik, oleh karena itu gunung ini disebut Prau/Prahu.

Gunung Prau memiliki enam jalur antara lain jalur Patak Banteng, Kali Lembu, Dieng Wetan, Dieng Kulon, Campurejo, dan Wates.

7. Gunung Mongkrang

Gunung ini memiliki ketinggian 2.194 meter di atas permukaan laut. Meski lebih tinggi dari Andong, jalur menuju puncak Mongkrang lebih landai dan tidak terlalu ekstrim.

Anda hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk tiba di tujuan utama. Hampir di setiap pos pendakian terdapat stand dengan berbagai makanan dan minuman.

Mongkrang terletak di selatan Gunung Lawu, lebih tepatnya di Desa Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Masih sangat dekat dengan Jogjakarta kok.

Saat musim hujan, area sekitarnya ditumbuhi rumput liar yang indah dan cocok untuk fotografi. Anda juga bisa menyaksikan kegagahan Gunung Lawu dari sini.

8. Gunung Telomoyo

Gunung yang berada di ketinggian 1.894 mdpl di dekat kawasan Magelang ini cukup unik karena bisa didaki dengan sepeda motor.

Namun jika ingin melatih otot sekaligus mempersiapkan tubuh untuk tanjakan yang lebih berat, Anda bisa menyusuri jalan setapak.

Hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk mencapai puncak Gunung Telomoyo. Oh iya, di sini tidak ada warung makan dan minum, jadi kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Begitu sampai di puncak, Anda akan disuguhi panorama cantik cloudscape dan gagahnya Gunung Merbabu.

Pemandangan di sepanjang jalan setapak juga tak kalah memanjakan mata. Dijamin segala penat selama perjalanan akan hilang begitu saja.

Nah itulah beberapa tempat wisata gunung di jogja dan sekitarnya yang wajib anda kunjungi. Selamat berlibur!

Keywords: #Wisata Jogja #Jogja #Travel #Objek Wisata #Wisata Alam #Jogja Gunung

Baca juga

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button