Raih MURI, Penghargaan Dedikasi Menparekraf untuk insan pariwisata dan industri kreatif penggerak kebangkitan ekonomi - WisataHits
Yogyakarta

Raih MURI, Penghargaan Dedikasi Menparekraf untuk insan pariwisata dan industri kreatif penggerak kebangkitan ekonomi

Jakarta, Karosatuklik.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meraih penghargaan MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) sebagai menteri dengan kunjungan kerja terbanyak ke desa unggulan.

“Penghargaan ini saya persembahkan untuk seluruh jajaran Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif serta 40 juta insan pariwisata dan industri kreatif di Indonesia, untuk memotivasi kita agar bekerja lebih keras, lebih cerdas, lebih teliti dan lebih jujur,” ujar Menpar. dan Industri Kreatif, Sandiaga, dalam Weekly Brief bersama Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (10/3/2022).

Penghargaan diserahkan langsung oleh pendiri MURI Jaya Suprana sebagai pengakuan atas prestasi Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif dalam memajukan desa wisata di tanah air.

Sejak Sandiaga menjabat sebagai Menparekraf sejak 23 Desember 2020 hingga September 2022, tercatat telah melakukan kunjungan kerja ke kurang lebih 1.425 desa dari 74.961 desa yang tersebar di 8.506 kelurahan di Indonesia.

Kunjungan kerja ke desa tersebut merupakan bagian dari kunjungan 50 Best Indonesia Tourism Village Awards (ADWI). Dimana ADWI merupakan salah satu program prioritas Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif untuk mempercepat pemulihan pascapandemi sektor pariwisata dan industri kreatif melalui pengembangan desa wisata. Hal ini juga sejalan dengan agenda pembangunan pariwisata ke depan yang lebih berkualitas dan berkelanjutan.

Sejak diluncurkan pada tahun 2021, program ADWI mendapat respon positif dari masyarakat yang mengharapkan program ini terus berlanjut. Hingga 1.831 desa diketahui mendaftar untuk acara ADWI 2021 pada tahun 2021.

Ini melebihi ekspektasi, yang sebelumnya hanya ditujukan untuk 700 desa liburan. Sementara itu, 3.419 peserta desa wisata dari 34 provinsi telah mendaftar ADWI 2022. Jumlah ini meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

50 desa liburan terbaik yang memenuhi tujuh kategori evaluasi kemudian dikurasi dan diseleksi dari semua orang yang terdaftar di ADWI. Yaitu atraksi pengunjung, homestay, digital dan kreatif, souvenir, toilet umum, CHSE dan fasilitas desa.

Sejak awal program ADWI, pengelola desa wisata di Indonesia terdorong untuk mengembangkan potensi alam dan budayanya.

Oleh karena itu, Menparekraf meyakini bahwa kebangkitan sektor pariwisata dan industri kreatif Indonesia, penciptaan lapangan usaha dan lapangan kerja baru yang berkualitas dapat datang dari desa wisata.

Indonesia memiliki desa wisata terbaik yang dinobatkan sebagai Desa Wisata Terbaik 2021 oleh World Tourism Organization (UNWTO), yaitu Desa Wisata Nglanggeran di Daerah Istimewa Yogyakarta.

ADWI menjadi perjalanan spiritual bagi saya, perjalanan yang membuka hati dan membuka mata lebar-lebar, bahwa ‘melihat adalah percaya’ saya hanya mengartikan kata-kata itu setelah melihat dengan mata kepala sendiri, merasakan dengan segenap indera, betapa indah dan kayanya ini. negara adalah. itu,” kata Sandiaga.(R1)

Baca juga:

1. Ini dia pemenang Indonesia Tourism Village Award 2021

2. Bupati Humbaha Sambut Menparekraf Sandiaga Uno ke Desa Tipang

baca: 58

Source: karosatuklik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button