7 Wisata Budaya Di Lamongan Yang Wajib Diketahui | BANGSAONLINE.com - Berita Terbaru - WisataHits
Jawa Timur

7 Wisata Budaya Di Lamongan Yang Wajib Diketahui | BANGSAONLINE.com – Berita Terbaru


7 Wisata Budaya di Lamongan yang Wajib Anda Ketahui Tari Boran merupakan salah satu wisata budaya Lamongan yang perlu dilestarikan. (Foto: lamongantourism.com)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Lamongan merupakan kota yang memiliki pantai di wilayah administratif provinsi Jawa Timur.

Daerah pesisir membuat tempat ini bercuaca panas namun tentunya ada beberapa destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan saat momen liburan tiba.

Selain wisata alam dan kuliner, kabupaten dengan luas sekitar 1.812 kilometer persegi ini juga dikenal dengan wisata budaya.

Berikut 7 wisata budaya di Lamongan yang perlu Anda ketahui.

1. Museum Sunan Drajat

Museum Sunan Drajat menempati lahan seluas 4 hektar di Kompleks Makam Sunan Drajat di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan, museum ini mengoleksi peninggalan Sunan Drajat yang biasa digunakan sebagai alat religi Islam dan benda bersejarah lainnya. Selain itu, museum ini juga menyimpan koleksi barang antik sumbangan warga Lamongan.

Dibangun dengan harapan agar masyarakat dapat mengenang sejarah penyebaran agama Islam di wilayah Lamongan, wisata budaya ini tidak dipungut biaya alias gratis bagi pengunjung yang ingin melihat apa saja yang ada di dalam museum.

Ada beberapa koleksi seperti Al-Qur’an, gendang, gamelan dan kain tenun yang menjadi bagian dari koleksi museum yang dibuka pada 30 Maret 1992 ini.

2. Monumen Van der Wijck

Tugu yang didirikan pada masa pemerintahan Hindia Belanda ini terletak di Kantor Pelabuhan Brondong, Lamongan. Menurut prasasti di tugu, sirkuit budaya ini dibangun pada Oktober 1936.

Pendirian Monumen Van der Wijck merupakan bentuk apresiasi penjajah Belanda terhadap masyarakat Lamongan. Kondisi museum ini masih terjaga dengan baik bahkan hingga saat ini.

3. Tari Boran

Tari Boran merupakan salah satu tarian khas Kabupaten Lamongan yang pernah menjadi juara umum Parade Tari Nusantara 2007 lalu. Tarian ini menceritakan tentang keseharian para pedagang nasi boran.

Nasi Boran sendiri merupakan salah satu makanan khas Lamongan dan tarian ini menjelaskan secara lengkap saat pedagang menjualnya kepada pembeli.

Simak berita selengkapnya…

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button