Verifikasi Lokasi Banyuwangi Menko Maritim Inggris Luhut Binsar Pandjaitan: Wah keren - WisataHits
Jawa Timur

Verifikasi Lokasi Banyuwangi Menko Maritim Inggris Luhut Binsar Pandjaitan: Wah keren

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, meninjau langsung gedung bersejarah British Trade Office atau yang lebih dikenal dengan bahasa Inggris di Banyuwangi, Kamis (9/1/2022).

Didampingi Bupati Banyuwangi Ipuk Festiandani dan Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Kav Eko Julianto Ramadan, Luhut melihat garis besar rencana revitalisasi gedung yang didirikan pada awal abad ke-17 itu.

“Wah, bagus, keren,” kata Luhut.

Saat mendampingi Luhut, Bupati Ipuk menyampaikan bahwa Pemkab Banyuwangi berniat merevitalisasi gedung tersebut sebagai bagian dari pelestarian cagar budaya.

Bahkan, Pemkab Banyuwangi juga telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan Kodam V Brawijaya tentang revitalisasi aset TNI AD.

Melihat kondisi bangunan Inggris, Luhut meminta agar revitalisasi nantinya tidak mengubah bentuk asli bangunan.

“Jangan mengubah bentuk aslinya nanti. Jangan menebang pohon di sini juga. Rumah-rumah sudah disiapkan untuk para prajurit yang masih di sini,” kata Luhut.

Luhut mengatakan akan lebih baik jika bangunan Inggris tersebut dikelola dengan baik sehingga dapat menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat.

“Kemudian bila tempat ini dihidupkan kembali akan menjadi destinasi wisata keren yang tentunya bermanfaat bagi perekonomian masyarakat,” imbuh Luhut.

Gedung Inggris sendiri merupakan aset TNI Angkatan Darat. Pemkab Banyuwangi dan Kodam V Brawijaya menandatangani nota kesepahaman tahun 2019 untuk merevitalisasi aset TNI AD yang dikemas menjadi wisata sejarah.

Source: surabaya.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button