Ide Wellness Tourism Kemenkes memaksimalkan potensi wisata kesehatan di Indonesia - WisataHits
Jawa Tengah

Ide Wellness Tourism Kemenkes memaksimalkan potensi wisata kesehatan di Indonesia

Suara.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia mengatakan popularitas wisata kesehatan, yang juga dikenal sebagai wisata kesehatan atau wisata medis, meningkat selama pandemi.

Dengan begitu banyak keanekaragaman hayati dan obat tradisional, potensi Indonesia sebagai negara tuan rumah semakin besar.

“Saat ini beberapa rumah sakit di Indonesia menawarkan jamu tradisional, layanan pijat tradisional untuk kebugaran, serta paket wisata yang terintegrasi dengan wisata alam, wisata buatan dan diakhiri dengan wisata belanja dan kuliner,” kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono di sela-sela acara. pidato pembukaan International Wellness Tourism Conference and Festival 2022 (IWTCF) yang diadakan beberapa waktu lalu di Solo oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.

Ilustrasi set nyanyian ekstrak herbal.  (Elemen Envato)ilustrasi jamu. (Elemen Envato)

Dante mengatakan, wellness tourism di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar, terutama setelah pandemi. Konsep perjalanan yang menyeimbangkan tubuh, pikiran dan jiwa diminati karena diyakini dapat meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup menjadi lebih baik.

Baca Juga: Perlu Langkah Strategis Optimalkan Wisata Fitness di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, wellness tourism sedang dikembangkan di tiga wilayah, yaitu DI Yogyakarta, Solo dan Bali. Ketiga area ini memiliki daya tarik dan keunggulan tersendiri terkait wisata kebugaran.

DI Yogyakarta fokus pada pijat, meditasi, makan sehat dan wisata budaya. Solo dengan jamu tradisional dan aromaterapi. Selanjutnya di Bali, fokus pada pengembangan meditasi, makan sehat, dan wisata alam. Wamenkes mengatakan, paket wisata fitnes di tiga kawasan tersebut telah menjadi destinasi wellness kelas dunia.

“Paket wisata fitnes ini dinikmati baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara,” kata Wamenkes.

Mengingat potensinya yang sangat besar, Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono mengatakan Kementerian Kesehatan mendukung penuh kebangkitan wellness tourism pascapandemi COVID-19 sebagai harapan baru bagi sektor pariwisata pasca-COVID-19.

Kementerian Kesehatan telah menyusun strategi untuk mempromosikan wisata kebugaran di Indonesia, antara lain penyiapan 44 rumah sakit terakreditasi internasional, tenaga kesehatan terlatih dan penyediaan paket wisata kebugaran yang dirancang dengan layanan kesehatan tradisional.

Baca juga: IWTCF 2022 Wellness Village Pamerkan Produk dari Industri Kreatif Lokal

Selain itu, pengembangan layanan sistem informasi digital, layanan kesehatan online, robotisasi dan telemedicine untuk mempersingkat waktu layanan.

Source: www.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button