7 Pantai Nusa Penida Yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
wisatahits

7 Pantai Nusa Penida Yang Wajib Dikunjungi

7 Pantai Nusa Penida Yang Wajib Dikunjungi

Nusa Penida yang terletak di sebelah tenggara Bali juga tidak kalah menarik untuk dikunjungiuntuk mengeksplorasi. Wisata pantai di Nusa Penida yang mana eksotis dan instagramable menarik untuk tujuan liburan.

Pulau Bali memang dikenal sebagai surga tropis yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun dibalik keramaian tersebut, ternyata ada sebuah pulau di sebelah tenggara Bali bernama Nusa Penida. Pulau kecil ini penuh dengan pantai luar biasa yang harus ada dalam program liburan.

Tertarik melihat kecantikan alaminya? Berikut rekomendasi wisata pantai terindah di Nusa Penida yang bisa Anda pilih selama liburan.

1. Broken Beach atau Pasih Uug

Broken Beach atau Pasih UugKredit gambar: Google Maps Blauer Helfer

Namanya yang unik seakan menggambarkan pesona alamnya yang tak terbayangkan oleh pikiran. Coba bayangkan, berdiri di atas tebing tinggi yang memiliki formasi seperti mangkok atau cincin. Ada rongga besar yang menghubungkan bagian pantai ini dengan laut lepas sehingga tampak seperti sumur raksasa. Cukup sulit untuk dibayangkan.

Karena itu, Anda harus menyaksikannya langsung dengan mata kepala sendiri. Tempat ini tentunya menjadi salah satu tempat favorit para pecinta fotografi atau mereka yang ingin mendapatkan hasil jepretan unik untuk akun Instagram mereka. Berjalan di pinggir tebing setinggi 50-200 meter tentunya harus hati-hati, karena kondisi alamnya masih sangat alami.

Oleh karena itu cukup licin dan berbahaya. Apalagi, meski pemandangan dasar lautnya mempesona, tidak disarankan untuk berenang di pantai yang rusak ini. Hal ini karena terdapat banyak terumbu karang yang tajam dan ombak yang cukup tinggi. Tetapi jika Anda ingin menentang kematian, pastikan Anda siap melawan ombak dan jaga diri Anda dengan baik.

Jika Anda tertarik mengunjungi wisata bahari yang selalu sangat indah, Pasih Uug ada di Jalan Bunga Mekar, Sakti, Kabupaten Klungkung. Yang jelas anda harus melewati Bali terlebih dahulu untuk mencapai Nusa Penida kemudian menuju ke Broken beach dengan menggunakan kendaraan pribadi selama kurang lebih 90 menit. Bersiaplah karena jalannya masih cukup terjal.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung-Bali.

2. Pantai Atuh atau Raja Lima

Pantai Atuh atau Raja LimaKredit gambar: Google Maps Victor Kordsmeyer

Jika ingin menikmati dinginnya air laut di sekitar Pulau Nusa Penida, ada baiknya mengunjungi Pantai Atuh. Menariknya, pantai ini banyak yang menyebut nama Raja Lima karena keindahan kerajaan lautnya yang tidak kalah dengan Raja Ampat. Benar saja, begitu menginjakkan kaki di pantai ini, Anda akan disuguhkan pemandangan air laut yang jernih.

Hamparan pasir putih lembut yang menutupi bibir pantai pun pasti akan memukau pengunjung. Apalagi lokasinya yang masih tersembunyi memberikan kesan terselubung tersendiri. Rasa sepi dan sepi seakan menyatu dengan deburan ombak, angin dan juga tebing-tebing indah yang mengelilinginya.

Jadi apa yang bisa kamu lakukan di pantai ini? Tentu saja, keindahan lautan yang luar biasa tidak bisa dilewatkan begitu saja. Jadi siapkan kamera dan skill foto yang bagus untuk mengabadikan pesona Pantai Atuh. Agar foto Anda semakin menarik, Anda juga bisa mengunjungi pantai sebelah yang hanya dipisahkan oleh tebing.

Pesisir pantai ini sebenarnya masih bagian dari pantai Atuh yang memiliki tiga pantai yang hanya dipisahkan oleh tebing. Menyelam dan snorkeling di sekitar pantai ini adalah salah satu kegiatan favorit pengunjung. Tak hanya itu, pantai Bukit Atuh ini juga memiliki fenomena alam unik berupa mata air tawar yang muncul tepat di tepi pantai.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pejukutan, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung-Bali.

3. Pantai Kelingking

Pantai Raja KelingKredit gambar: Google Maps

Seakan pesona keindahan tebing tidak pernah habis, pulau Nusa Penida juga memiliki pantai Kelingking yang tidak kalah megahnya. Di balik pesona tebing terjal kawasan Indah Bunga Mekar, Nusa Penida, tersembunyi hamparan pasir putih halus yang mengarah ke samudra biru. Tepat di balik liuk tebing terdapat pantai kelingking.

Keindahan pantai ini seperti penampakan seorang maestro lukisan. Kontras antara laut biru jernih, pasir putih, dan tebing tinggi hijau kehitaman pasti memanjakan mata. Yang menarik di sini adalah tebing bebatuan yang berbentuk seperti dinosaurus T-Rex. Keunikan inilah yang menjadi salah satu magnet wisatawan untuk berkunjung ke pantai kelingking.

Berenang di pantai dengan ombak yang tenang bisa menjadi solusi untuk menghilangkan penat. Pasirnya juga lebih putih dan bersih, jadi enak untuk bersantai dan berbaring. Berfoto di area ini pasti akan memberi Anda beberapa foto yang bagus. Apalagi jika beruntung, Anda juga bisa snorkeling bersama ikan pari manta atau pari manta.

Sayangnya, untuk mencapai pantai tersebut, Anda harus bersiap-siap menuruni anak tangga di atas tebing yang cukup terjal. Padahal, tebing terjal dengan kemiringan 70-80 derajat itu hanya diamankan dengan pagar kayu seadanya. Namun, keindahan pantai yang terkenal di dunia ini pasti akan menghapus semua kepenatan itu.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung-Bali.

4. Pasih Andus atau Smoke Beach

Pasih Andus atau Pantai AsapKredit gambar: Google Maps Bayu Agung

Ingin mencari lokasi yang cocok untuk pemotretan yang fenomenal? Pastikan untuk mengunjungi Pantai Asap atau Pantai Asap Pasih Andus. Sebutan Smoke Beach diberikan bukan tanpa alasan. Yang jelas bukan karena asapnya, tapi karena ombak Laut Selatan yang berhamburan tinggi seperti asap.

Saat ombak pecah dan menghasilkan tabir asap besar, inilah saat yang tepat untuk mengabadikannya. Cipratan air atau yang juga disebut waterblow menjadi salah satu daya tariknya. Tentu akan sangat menyenangkan bagi yang menyukai fotografi, karena harus pintar-pintar memilih momen yang tepat, teknik yang tepat dan juga angle yang tepat untuk menghasilkan bidikan yang menarik.

Jika Anda membayangkan deburan ombak yang dahsyat, Anda pasti tahu bahwa tempat ini tidak cocok untuk berenang. Hal ini semakin diperkuat dengan bebatuan yang tajam. Meski Anda bisa mencapai tempat ini hanya dalam waktu 15 menit dari pantai Uug, sebaiknya Anda bersiap menghadapi jalan berbatu yang harus Anda lewati.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung-Bali.

5. Pantai Teluk Kristal

Pantai Teluk KristalKredit Gambar: Google Maps asvin vidyasagar

Jika sebelumnya pantai ini tenang, berbeda dengan Pantai Crystal Bay yang menjadi tujuan wisata utama Nusa Penida. Tempat ini hampir tidak pernah sepi pengunjung, baik lokal maupun mancanegara. Semua orang tertarik untuk menyaksikan secara langsung keindahan laut yang sangat jernih seperti kristal.

Dari sinilah nama Crystal Bay berasal. Tidak hanya lautnya yang indah, pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih yang luas. Ditambah lagi dengan dinding tebing yang ditumbuhi pohon rambat pasti betah bersantai di pantai. Anda tidak akan kecewa jika ingin berenang, menyelam atau snorkeling.

Memang, kekayaan flora dan fauna lautnya sungguh spektakuler. Garis pantai mencapai 1 km, sehingga Anda dapat bersantai dan menikmati liburan Anda. Berbagai spesies air dan terumbu karang hidup di perairan ini. Menariknya, jika beruntung, Anda juga bisa menjumpai pari manta berenang di dekat pantai.

Pantai ini terletak di Desa Sakti, Nusa Penida, yang aksesnya cukup mudah. Padahal, Anda hanya perlu menempuh jarak 15 km dari pelabuhan utama untuk bisa sampai ke pantai ini. setelah itu bersiaplah menaiki tangga tebing untuk mencapai pantai dengan pasir putih dan laut biru ini.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung-Bali.

6. Angel’s Billabong

Angel's BillabongKredit gambar: Google Maps Ashish Jain

Dinamakan Angle Bilabong karena lokasi tersebut seolah menggambarkan tempat para bidadari bermain. Pantai ini tidak seperti menara lainnya, karena tidak ada hamparan pasir putih yang bagus. Hamparan pasir pantai tergantikan oleh deretan tebing yang membentuk muara buntu yang berubah menjadi kolam alami.

Air kolam di muaranya benar-benar jernih sehingga Anda bisa melihat dasar kolam yang penuh dengan keindahan karang alami. Kamu bisa berenang dengan tenang disana, bahkan tidak ada salahnya untuk berfoto di Angels’ Blllabong. Uniknya, di laut lepas sering dijumpai ikan pari manta yang berenang bebas.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung-Bali.

7. Pantai Suwehan

Pantai SuwehanKredit gambar: Google Maps Ray Alvin Cantos

Pantai ini terletak di ujung tenggara Nusa Penida. Karena letaknya yang cukup jauh dari dermaga utama, pantai ini relatif lebih sepi dibanding tempat lain. Untuk menuju ke sana, Anda bisa langsung menuju ke sana dengan naik speedboat dari Pantai Sanur. Pasalnya, akses terestrial masih belum nyaman untuk dilalui.

Namun, keindahan pantainya yang luas, lautnya yang biru, pasir putihnya yang halus serta ombaknya yang tenang pasti akan menghilangkan penat Anda. Bahkan, Anda juga bisa bersantai dan menikmati pemandangan alam. Abadikan momen tersebut dengan berfoto di depan sebuah gunung besar mirip batu di wayang.

Yang jelas, banyak hal yang bisa Anda lakukan di sekitar pantai ini. Mulailah dengan berjalan-jalan santai di tepi pantai, berenang di laut yang tenang, atau bahkan bersantai menikmati kesegaran alam. Karena masih tergolong sepi, tempat ini masih memiliki keindahan alam yang dijamin masih alami.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Tanglad, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung-Bali.

Meski harus menyebrang dari pulau utama Bali, tentunya perjalanan panjang menuju pulau Nusa Penida tidak akan mengecewakan. Tengok saja deretan pantai memukau yang bisa dikunjungi. Dari wisata alam yang masih memukau, kondisi alam yang unik hingga spot yang paling Instagrammable, jelas liburan pantai di Pulau Nusa Penida pasti akan membekas di hati.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button