7 wisata dari Kulon Progo dekat Bandara YIA yang unik dan seru. Sayang sekali melewatkan mereka - WisataHits
Yogyakarta

7 wisata dari Kulon Progo dekat Bandara YIA yang unik dan seru. Sayang sekali melewatkan mereka

7 wisata dari Kulon Progo dekat Bandara YIA yang unik dan seru.  Sayang sekali melewatkan mereka

Merdeka.com – Wisata Kulon Progo dekat Bandara YIA bisa menjadi pilihan tujuan wisata yang menarik. Yogyakarta International Airport (YIA) adalah bandara internasional yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Agustus 2020 lalu. Dibangun dengan arsitektur yang megah disertai berbagai fasilitas yang nyaman, bandara ini mampu menarik perhatian masyarakat.

Beberapa objek wisata di sekitar bandara semakin mendapat perhatian dan ramai dikunjungi wisatawan. Wisata di Kulon Progo dekat Bandara YIA tidak boleh dilewatkan. Mulai dari wisata pantai, waduk dan diakhiri dengan bumi perkemahan.

Artikel media Taboola

Jika Anda penasaran dan tertarik untuk berkunjung, ada beberapa rekomendasi wisata Kulon Progo dekat Bandara YIA yang bisa menjadi pilihan Anda. Beberapa objek wisata tersebut adalah Pantai Glagah, Waduk Sermo, Kalibiru, Goa Kiskendo, Kedung Pedut dan Hutan Mangrove Kadilangu. Bagi Anda yang berencana mengunjungi kota Yogyakarta tentunya tidak boleh melewatkan beberapa tempat wisata ini.

Beberapa wisata Kulon Progo dekat Bandara YIA selain mudah dijangkau juga relatif murah. Jadi Anda bisa mengajak keluarga atau teman untuk berkunjung dan menikmati liburan bersama. Pemandangan indah dan mempesona serta pengalaman seru dijamin saat Anda mengunjungi beberapa wisata ini.

Dari berbagai sumber, berikut kami rangkum beberapa wisata Kulon Progo dekat Bandara YIA yang unik dan menarik yang bisa menjadi pilihan Anda.

2 dari 5 halaman

Wisata Kulon Progo Dekat Bandara : Pantai Glagah, Waduk Sermo

Pantai Glada

©2020 Merdeka.com

Pantai Glaga

Rekomendasi wisata Kulon Progo dekat Bandara YIA yang pertama adalah Pantai Glagah. Ini adalah pantai pasir hitam dengan hamparan air yang luas lengkap dengan bebatuan di tepi pantai yang cantik dan indah. Tak hanya itu, pantai ini juga memiliki laguna yang merupakan kumpulan air asin yang terpisah dari laut sehingga membentuk sebuah danau.

Danau ini dibatasi oleh beberapa pembatas seperti pasir, bebatuan, dan tebing. Tentunya hal ini bisa menjadi pilihan bagi Anda dan keluarga untuk bermain dengan aman di dalam air saat air sedang pasang. Selain itu, Anda juga bisa menikmati waktu bersantai sambil memandang matahari terbenam yang menakjubkan.

Waduk Semo

Wisata Kulon Progo dekat Bandara YIA, selanjutnya Waduk Sermo. Ini adalah danau buatan dengan Pegunungan Menoreh yang anggun dan megah sebagai latar belakangnya. Telaga ini cukup luas dengan air yang tenang dan bersih. Selain menikmati pemandangan yang indah, Anda juga bisa mencoba beberapa wahana yang ditawarkan seperti perahu motor, dll.

Bagi Anda yang suka tidur di alam, tersedia area camping yang nyaman dan luas. Tentunya bisa mengajak teman-teman untuk berkemah bersama dan menikmati pemandangan Waduk Sermo dengan puas.

3 dari 5 halaman

Wisata Kulon Progo Dekat Bandara: Kalibiru, Goa Kiskendo

Ilustrasi Kalibiru

pinterest.com

Kalibiru

Kalibiru juga menjadi salah satu wisata Kulon Progo yang populer dan menarik di dekat Bandara YIA. Kalibiru merupakan sebuah bukit yang menyuguhkan pemandangan indah dari ketinggian 450 mdpl. Ada sudut pandang di atas pohon di sini, jadi Anda bisa mengajak teman atau pasangan untuk menikmati pemandangan indah bersama.

Jangan khawatir, tempat wisata ini sangat dekat dengan Bandara YIA. Berdekatan dengan Waduk Sermo, Anda hanya perlu berkendara beberapa menit untuk sampai ke objek wisata Kalibiru. Dengan cara ini Anda dapat mengunjungi dua tempat wisata sekaligus untuk menikmati pemandangan indah di Yogyakarta.

Gua Kiskendo

Wisata Kulon Progo dekat Bandara YIA yang bisa jadi pilihan selanjutnya adalah Goa Kiskendo. Ini adalah objek wisata berupa gua yang dihiasi stalagmit dan stalagmit unik di sepanjang dindingnya. Tak hanya itu, dinding Gua Kiskendo juga diukir dengan indahnya relief legenda Ramayana. Inilah salah satu atraksi yang tak pernah gagal menggugah rasa penasaran wisatawan.

Sepanjang Anda menyusuri pahatan relief Ramayana di dalam goa, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang mempesona dari setiap cahaya yang menembus celah-celah dinding dan atap goa. Jadi jangan lupa siapkan kamera Anda untuk mengabadikan setiap momen indah dan tak terlupakan selama berwisata di Gua Kiskendo.

4 dari 5 halaman

Wisata Kulon Progo dekat bandara: Kedung Pedut, hutan bakau

Air Terjun Kedungpedut

© Instagram.com/chan_ikhsan93

keding pejalan kaki

Wisata Kulon Progo terdekat dekat Bandara YIA adalah Kedung Pedut. Ini adalah air terjun yang tidak terlalu tinggi namun mengalirkan air yang jernih dengan perpaduan warna biru, hijau dan hitam. Kombinasi warna yang indah ini tidak lain adalah hasil dari air terjun yang bersih dan bebatuan yang indah di dasar sungai.

Tak heran, objek wisata ini populer dan banyak dikunjungi wisatawan. Jika ingin menikmati liburan alam yang murah namun menakjubkan, Kedung Pedut bisa menjadi salah satu pilihan. Di sini kamu bisa berenang dan bermain air sampai puas.

Hutan bakau Kjudiangu

Wisata terakhir yang tak kalah menarik dari Kulon Progo dekat Bandara YIA adalah Mengrove Kadilangu. Ini adalah kawasan hutan bakau yang dibangun untuk mencegah abrasi oleh air laut. Meskipun demikian, pemerintah setempat mengelola dan mengembangkan kawasan ini menjadi objek wisata yang terbuka untuk umum.

Kini hutan bakau Kadilangu tertata rapi dengan jembatan kayu yang memudahkan pengunjung untuk berkeliling. Selain itu, terdapat berbagai spot selfie dengan background unik yang semakin menarik. Inilah salah satu destinasi wisata edukasi Jogja yang bisa Anda kunjungi bersama anak dan keluarga.

5 dari 5 halaman

Studio Alam Gamplong

Sanggar alam Gambong

©Instagram/@gamplong_studio


Studio Alam Gamplong merupakan salah satu destinasi wisata Kulon Progo yang dekat dengan Bandara YIA. Studio Alam Gamplong semakin dikenal setelah menjadi lokasi syuting film Bumi Manusia yang dirilis pada tahun 2019 lalu.

Studio Alam Gamplong seperti mini Hollywood ala Indonesia. Berbagai jenis bangunan semi permanen telah dibangun di lokasi ini. Mulai dari gapura istana kerajaan Mataram Islam, pendopo, benteng Batavia, kawasan perkampungan Mataram hingga perkampungan Pecinan lama.

Wisata Kulon Progo dekat Bandara YIA terletak di Desa Gamplong, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman. Sekitar 1 jam dari Bandara YIA. banyak spot foto yang instagramable sehingga menjadi favorit pengunjung.

(mdk/ayi)

TOPIK TERKAIT

lagi

Taboola di bawah Pasal

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button