7 Destinasi Wisata Keren, Populer dan Wajib Dikunjungi di Tuban | BANGSAONLINE.com - Berita Terbaru - WisataHits
Jawa Tengah

7 Destinasi Wisata Keren, Populer dan Wajib Dikunjungi di Tuban | BANGSAONLINE.com – Berita Terbaru


7 destinasi keren, populer dan wajib dikunjungi di Tuban Ilustrasi Pantai (Pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Tuban adalah salah satu kabupaten di wilayah Jawa Timur. Kota ini terletak di pesisir utara pulau Jawa dengan batas wilayah: sebelah utara Laut Jawa, sebelah timur Lamongan, sebelah selatan Bojonegoro dan sebelah barat Rembang dan Blora, Jawa Tengah.

Tuban yang berpenduduk sekitar 1 juta jiwa ini juga memiliki beragam destinasi wisata yang indah dan menarik.

Beberapa tempat wisata di Tuban yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Makam Wali misalnya Sunan Bonang, Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim, Sunan Berburu, dll.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut 7 tempat wisata di Tuban yang keren, populer dan layak untuk dikunjungi.

1. Pantai Boom

Pantai ini terletak di Desa Kutorejo, Kabupaten Tuban, atau lebih tepatnya di sebelah utara Alun-alun Tuban. Pantai Boom luasnya kurang lebih 2,2 hektar, terletak di kawasan yang sangat strategis dan mudah dijangkau oleh kendaraan dari segala arah.

Pantai Boom pernah menjadi pelabuhan penting pada masa kejayaan Kerajaan Majapahit. Pelabuhan ini menjadi jalur utama penyeberangan, pelayaran dan perdagangan kerajaan Singasari dan Majapahit.

Selain pemandangan lautnya yang mempesona, pantai ini juga dilengkapi dengan berbagai permainan seperti komidi putar, kincir ria, ayunan dan seluncuran. Menariknya, ada kolam renang khusus untuk anak-anak. Meski tidak bisa berenang di laut, anak-anak bisa bermain air di kolam renang ini.

Salah satu daya tarik utama pengunjung Pantai Boom adalah panorama matahari terbit dan terbenam. Cukup banyak wisatawan yang sengaja datang ke pantai hanya untuk menyaksikan momen tersebut.

2. Pantai Kelapa

Pantai yang menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Bumi Wali ini terletak di Desa Panyuran Kecamatan Palang.

Pantai Kelapa memiliki panorama alam yang indah dan menawan dengan deretan pohon kelapa. Pengunjung bisa melakukan banyak hal menarik di pantai.

Berbagai fasilitas tersedia di Pantai Kelapa seperti; B. Flying Fox, arena outbond, sepeda motor ATV (All Terrain Vehicle) roda empat, kuda, kolam renang dan berbagai tempat menarik untuk dicoba.

Pecinta kuliner tidak perlu khawatir karena banyak warung makan bertebaran di sekitar pantai yang menyajikan berbagai menu kuliner yang wajib dicoba.

3. Museum Kambang Putih, Tuban

Untuk menemukan jejak sejarah dan berbagai koleksi peninggalan dari Kabupaten Tuban, Museum Kambang Putih Tuban bisa menjadi referensi tujuan wisata kita selanjutnya.

Museum ini berada di lokasi yang sangat strategis, dekat dengan Kantor Bupati, Alun-alun Tuban dan Pantai Boom.

Museum Kambang Putih merupakan satu-satunya tempat wisata di Tuban yang berbentuk museum yang memiliki 1 lantai dengan luas sekitar 150 m2.

Museum kebanggaan masyarakat Tuban ini memiliki koleksi hingga 5.774 buah per Agustus 2021.

Sebagian besar koleksi di museum ini terdiri dari peralatan laut yang diambil dari penyelaman laut, khususnya Pantai Boom.

Simak berita selengkapnya…

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button