[POPULER TRAVEL] Letusan Gunung Semeru | Alun-alun Bandungan sisi semua - WisataHits
Jawa Tengah

[POPULER TRAVEL] Letusan Gunung Semeru | Alun-alun Bandungan sisi semua

KOMPAS.com – Serangkaian acara di Indonesia telah menarik perhatian pembaca saluran Bepergian di Kompas.comkhususnya pada periode Minggu (4 Desember 2022) hingga Rabu (7 Desember 2022).

Setelah pertengahan November 2022, terjadi gempa di Cianjur, Jawa Barat, tak lama kemudian terjadi semburan awan panas pada Minggu (4/12/2022) yang turun di Gunung Semeru. Artikel tentang dampak wabah juga menjadi populer di kalangan pembaca.

Baca juga:

Selain bencana alam, saluran pembaca Bepergian juga tertarik dengan topik terkait pembukaan tempat wisata baru dan pengalaman berkendara di kawasan Sarangan Magetan, Jawa Timur.

Berita populer di saluran Perjalanan Kompas.com

1. Dampak erupsi Gunung Semeru terhadap tempat wisata

Awan panas meletus dari Gunung Semeru di Jawa Timur pada Minggu (4/12/2022) dan meluncur hingga ke Jembatan Gladak-Perak di Kabupaten Candipuro.

Salah satu tempat wisata yang aman dari erupsi adalah desa wisata Ranu Pani yang terletak di sebelah utara Gunung Semeru. Desa ini juga menjadi salah satu gerbang pendakian ke Gunung Semeru.

Baca Juga: Erupsi Semeru 4 Desember 2022, Desa Wisata Ranu Pani Aman

2. Pengalaman berkendara di Sarangan, Magetan

Keindahan Bendungan Cemara Sewu-Magetan Jawa Timur.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Keindahan Bendungan Cemara Sewu-Magetan Jawa Timur.

Wisatawan yang berencana berlibur ke wilayah Sarangan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur harus berhati-hati, terutama jika menggunakan transportasi darat, termasuk bus.

Karena jalan yang ada terdiri dari tanjakan dan turunan, pengemudi harus memastikan kendaraan dalam kondisi prima, terutama dalam hal rem.

Baca Juga: Kondisi Jalan Cemara Sewu hingga Sarangan, Magetan, Waspadai Rem Rawan Bongkar

3. Alun-alun Bandungan dibuka

Alun-alun Bandungan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Alun-alun Bandungan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Ruang Terbuka Hijau (RTH) Bandungan atau Alun-Alun Bandungan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah telah dibuka.

Area ini berisi tanaman untuk dinikmati pengunjung. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung di tempat ini adalah menikmati suasana dan berfoto.

Baca Juga: Alun-alun Bandungan Dibuka dan Jadi Destinasi Baru Wisatawan

4. Lotte Alley, tempat nongkrong baru di Jakarta Selatan

Pintu masuk ke Lotte Alley, tempat pertemuan baru di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Masuk ke Lotte Alley, tempat pertemuan baru di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan.

Lotte Alley merupakan salah satu tempat nongkrong baru di Jakarta Selatan bernuansa Korea dan Jepang. Lokasinya berada di lantai LG Lotte Shopping Avenue Jalan Prof DR Satrio Kav. 3-5, karet, kuningan, Jakarta Selatan.

Pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan antara lain fotografi, wisata kuliner, belanja baju, dan bermain permainan.

Baca juga:

5. Ketentuan Maskapai untuk Nataru

Ilustrasi turis memakai masker. Dermaga. Shutterstock/eggeegg Ilustrasi turis bertopeng.

Selain kereta api, pesawat terbang adalah alat transportasi lain yang sering dipilih. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk mempertimbangkan kembali persyaratan naik pesawat jika berencana berlibur pada musim Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Ketentuan yang masih berlaku untuk naik pesawat mengacu pada Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 82 Tahun 2022 yang akan diberlakukan mulai Senin (29/8/2022). Salah satu penentuan berkaitan dengan hasil tes PCR atau antigen negatif.

Baca Juga: Cari Tahu Syarat Naik Pesawat Liburan Nataru

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button