9 Tempat Wisata Pasangkayu Terpopuler dan Terpopuler yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
wisatahits

9 Tempat Wisata Pasangkayu Terpopuler dan Terpopuler yang Wajib Dikunjungi

Mungkin menjelajahi tempat wisata di Pasangkayu tidaklah mudah. Keindahan alam Indonesia ini membutuhkan banyak waktu penjelajahan, terutama tempatnya di sudut Sulawesi Barat.

Seperti diketahui, negara kita memang sudah terkenal memiliki banyak tempat “rahasia” yang tentunya menawarkan berbagai keindahan alam. Jadi, bagi para penjelajah tempat wisata, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat sangat cocok untuk Anda jelajahi.

Kabupaten yang semula bernama Mamuju Utara ini sebelumnya dikenal dengan kawasan perkebunan kelapa sawitnya. Biasanya tidak jarang wisatawan yang melakukan perjalanan bisnis mengunjungi beberapa agrowisata kelapa sawit.

Pemandangan & Tengara di Pasangkayu

Selain itu, terdapat pula beberapa kawasan agrowisata yang disebut kawasan perkebunan jeruk manis yang terletak di Kabupaten Sarudu. Sebaliknya, itu masih menjadi tempat yang jarang dikunjungi oleh wisatawan lokal. Apa saja tempat wisata di Pasangkayu yang terkena dampak selama ini? Cari tahu apa yang berikut!

1. Pantai Pasangkayu dan Pantai Tanjung Babia

Pantai Pasangkayu dan Pantai Tanjung BabiaPantai Pasangkayu dan Pantai Tanjung Babia

Alamat: Jl.Tj. Babia, Pasangkayu, Kec. Pasangkayu, Pasangkayu Kabupaten

Setelah melakukan revitalisasi objek wisata ini. Kedua pantai ini bisa dijadikan destinasi wisata di Kabupaten Pasangkayu yang harus Anda kunjungi terlebih dahulu.

Wood Pairs memang terletak di ujung Pulau Sulawesi Barat, sehingga daya tarik wisata utamanya adalah pantainya. Kedua objek wisata ini sangat direkomendasikan untuk menjadi salah satu ikon Kabupaten Pasangkayu.

Pembangunan destinasi wisata di Pasangkayu ini masih terus ditingkatkan karena pemerintah kini lebih tanggap dari sebelumnya.

Di kedua pantai Pasangkayu, wisatawan tentunya bisa menikmati semua pemandangan indahnya hamparan pulau, dan sangat lengkap dengan deretan pohon kelapanya.

Rencana pengembangan pantai ini sedang dalam proses untuk melengkapi beberapa saran. Bisa dipastikan kedua tempat ini merupakan destinasi pantai terbaik yang menjadi rekomendasi terbaik untuk berwisata.

2. Air Terjun Barubu

Air Terjun Barubu via 2SixAir Terjun Barubu via 2Six

Lokasi: Bukit Harapan, Kec. Bulutaba, Kab. pasang kayu

Tempat wisata di Pasangkayu selanjutnya adalah Air Terjun Barubu. Lokasinya berada di Desa Bukit Harapan, Kecamatan Bulutaba, Sulawesi Barat. Destinasi wisata yang satu ini memiliki banyak keistimewaan yang sangat menjanjikan saat wisatawan datang ke sini.

Saat kita berada di air terjun Barubu pada siang hari, kita akan melihat air terjun yang indah memancar dari dua titik pancuran yang berbeda. Pantai di Pasangkayu ini akan memberikan efek menenangkan bagi wisatawan yang datang ke sini.

Lokasi tempat wisata alam di Pasangkayu ini, dapat diakses dengan berjalan kaki sekitar 70 meter dari desa.

Kunjungi juga: 22 tempat wisata di Donggala

3. Monumen CERDAS

Monumen SMART via OkezoneMonumen SMART via Okezone

Alamat: Jl.Moh. Hatta, Pasangkayu, Kec. Pasangkayu, Kab. Pasangkayu, Sulawesi Barat 91574

Monumen SMART merupakan simbol yang dimiliki karena tersedia di semua kota. Tempat ini layak menjadi tempat wisata di Kabupaten Pasangkayu yang bisa dikunjungi untuk relaksasi.

Arti SMART sendiri adalah sejahtera, mandiri dan juga bermartabat. Jika anda datang pada malam hari tentunya anda akan menemukan keramaian. Tempat wisata di Kabupaten Pasangkayu ini belum lama ini dibangun oleh pemerintah.

Dan tempat ini menjadi salah satu tempat mata pencaharian para pedagang, sehingga Anda bisa mencicipi berbagai masakan daerah saat berada di sini.

4. Air Terjun Kaluku Nangka

Air Terjun Kaluku Nangka via OkezoneAir Terjun Kaluku Nangka via Okezone

Lokasi: Kaluku Nangka, Kec. Bambaira, Kab. pasang kayu

Terletak di kecamatan Bambaira, tempat wisata Kabupaten Pasangkayu ini tentunya sangat cocok bagi wisatawan yang ingin merasakan petualangan. Tentu saja, untuk menuju tempat yang sangat indah ini tidaklah mudah. Tempat ini memang sangat sulit, namun begitu sampai di sini, Anda akan merasakan keindahannya.

Salah satu tempat wisata di Kabupaten Pasangkayu yang bernama Kaluku Nangka masih belum terjamah. Dan mungkin pemerintah setempat akan memperhatikan tempat ini, untuk menjadikannya tempat wisata yang layak.

Jika Anda ingin menuju Air Terjun Pasangkayu, setidaknya Anda harus berjalan kaki selama kurang lebih 45 menit, maka Anda akan merasakan kesejukan Air Terjun Kaluku Nangka yang jernih.

Jalur di sini memang sangat sulit, selain banyak bebatuan, Anda harus memasuki hutan yang masih cukup rindang dan asri. Hati-hati selalu bawa perbekalan yang cukup.

5. Goa Lawah

Goa LawahGoa Lawah

Lokasi: Bukit Harapan, Kec. Bulutaba, Kab. pasang kayu

Tempat wisata di Kabupaten Pasangkayu memang memiliki kesamaan yang sama persis dengan tempat wisata di Bali, namun jika diperhatikan lebih seksama, kedua goa ini memiliki karakteristik yang sangat berbeda.

Goa Lawah terletak di ketinggian sekitar 100 meter di atas permukaan laut, jika ingin mencapai goa ini harus melewati beberapa perkebunan kelapa sawit.

Lanskap hijau perkebunan dan persawahan membuat perjalanan Anda tidak akan terasa ketika datang ke tempat wisata di Kabupaten Pasangkayu ini.

Setelah memasuki area gua, Anda akan dengan mudah menemukan beberapa sarang kelelawar seperti markas film Batman. Jumlah stalaktit dan stalagmit yang terbentuk selama ribuan tahun sangat indah.

6. Pantai Batu Oge

Pantai Batu Oge via PromoliburanPantai Batu Oge via Promoliburan

Lokasi: Batu Oge, Pedongga, Kab. pasang kayu

Memang salah satu tempat wisata di Kabupaten Pasangkayu adalah pantai yang tidak memiliki pasir putih seperti menara pantai lainnya di Sulawesi.

Namun, keindahan dan kebersihan pantai ini patut diapresiasi. Tempatnya sangat sejuk karena di kawasan pantai ini banyak terdapat pepohonan yang rindang.

Beberapa warga sudah mulai mengkampanyekan tempat wisata ini agar tidak tercemar oleh wisatawan luar, sehingga warga meminta pemerintah kabupaten menyediakan fasilitas penampung sampah.

Kunjungi juga: 21 Tempat Wisata di Kepulauan Banggai

7. Mengunjungi Vovasanggayu

Wisata Vovasanggayu - Tempat Wisata di PasangkayuWisata Vovasanggayu

Alamat: Jl.Moh. Hatta, Pasangkayu, Kec. Pasangkayu, Kab. Pasangkayu, Sulawesi Barat 91574

Memang tempat wisata di Kabupaten Pasangkayu ini akan terdengar asing dan asing di telinga Anda. Namun, sejarah nama Vovasanggayu memang cukup signifikan bagi Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat.

Nama ini diambil dari nama yang bermakna, karena berasal dari 2 pohon di ujung pantai yang saling berpegangan erat.

Tempat wisata Kabupaten Pasangkayu ini memiliki sejarah masyarakat yang tersebar luas. Jika diidentifikasi, 2 pohon tersebut adalah mangrove atau pohon bakau.

Salah satu inspirasi tempat wisata dari Kabupaten Pasangkayu ini antara lain, “Cerita di Bumi Vovasanggayu Sulawesi Barat, ada juga kumpulan legenda dan dongeng lokal dari Mamuju Utara” yang ditulis oleh Abdul Wahid.

Faktanya cerita yang berkembang dari tempat wisata Kabupaten Pasangkayu ini adalah sebuah pengabdian, berbeda dengan cerita pencuri kundang yang durhaka.

Sejarah tempat ini, mengisyaratkan lebih simbolis. Jika mengutip sedikit sejarah, konon ada seorang cucu dari seorang nenek yang ingin menjadi seorang pelaut. Dan sang nenek menanam pohon bakau ini, agar sang cucu tidak tersesat dalam perjalanan pulang.

Sungguh kisah yang sangat menyedihkan dan mengharukan. Sehingga wisatawan sering berkunjung ke tempat ini untuk mengukuhkan cerita rakyat tempat wisata Kabupaten Pasangkayu ini. Namun, Anda tidak akan menyesal, meskipun sejarah bukanlah tujuan Anda untuk datang ke sini, karena tempatnya sangat indah dan nyaman.

8. Pantai Cinoki

Pantai Cinoki via Twitter @ratna98843381 - Tempat Wisata di PasangkayuPantai Cinoki via Twitter @ratna98843381

Alamat: Pantai Cinoki, Desa Sarudu, Kecamatan Sarudu, Kab. pasang kayu

Rekomendasi tempat wisata di Pasangkayu yang bisa anda kunjungi selanjutnya adalah Pantai Cinoki yang terkenal sangat indah. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dengan air yang sangat jernih dengan warna biru kristal.

Pantai Cinoki ini wajib anda masukkan dalam daftar kunjungan anda selama liburan di Pasangkayu, wisatawan tidak akan kecewa jika datang kesini, karena pengelola juga telah menyediakan berbagai fasilitas pelengkap yang memadai.

9. Masjid Al-Madaniah Pasangkayu

Pasangkayu Masjid Al-Madaniah via Instagram.com @justcaptures_ - Tempat Wisata di PasangkayuMasjid Al-Madaniah Pasangkayu via Instagram.com @justcaptures_

Alamat: Pasangkayu, Kec. Pasangkayu, Kab. Pasangkayu, Sulawesi Barat 91574

Terakhir, kami menyarankan Anda yang beragama Islam untuk singgah di Masjid Pasangkayu Al-Madaniah yang begitu megah dan gagah. Anda bisa singgah sejenak untuk berdoa atau sekedar singgah sejenak sembari menikmati keindahan bangunannya.

Majid Al-Madaniah Pasangkayu sendiri diresmikan bersamaan dengan hari jadi kabupaten yang ke-14 disana.

Penutupan

Demikian gambaran tempat wisata di Pasangkayu yang dapat kami sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan anda bersama keluarga tercinta. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lain juga.

Kunjungi juga: 13 Tempat Wisata Terbaik Di Banggai

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button