7 Destinasi Hutan Pinus Kuningan - WisataHits
wisatahits

7 Destinasi Hutan Pinus Kuningan

Memiliki wilayah pegunungan, Kuningan memiliki daya tarik alam yang menakjubkan. Terutama lereng dan kaki Gunung Ceremai dengan vegetasi pinus. Kawasan hutan pinus Kuningan sering menjadi incaran wisatawan lokal dan juga dari berbagai daerah. Nikmati kesegaran alam dan panorama ketinggiannya, berikut ini 7 Destinasi Wisata Hutan Pinus di Kuningan:

1. Bumi Perkemahan Huludayeh Trijaya di Hutan Pinus Kuningan

Berkemah di sejuknya hutan pinus Huludayeh Trijaya Kuningan.Bumi Perkemahan Trijaya Kuningan Huludayeh. Foto: GMap/Risnha Bae

Wilayah Wisata Huludayeh Trijaya merupakan hamparan hutan pinus dengan nuansa khas yang menyegarkan. Berada di kaki Gunung Ciremai, lokasi ini memiliki area berkemah di tengah hutan pinus alami.

Sedangkan lokasinya berada di desa Trijaya, sekitar 23 kilometer dari pusat kota Kuningan. Selain untuk kegiatan berkemah, destinasi keindahan alam ini cocok untuk wisata keluarga. Berbagai spot foto menarik yang terletak di jejeran hutan pinus dan panorama dari ketinggian bisa ditemui di area tersebut. Berbagai wahana keluar menyukai rubah terbang Anda juga bisa mencoba menambah keseruan liburan Anda.

Baca: 7 Destinasi Wisata Gunung Fenomenal di Jawa Barat

2. Panorama Hutan Pinus Bukit Panembongan dari Ketinggian

Bukit Panembongan, panorama hutan pinus tembaga dari ketinggianMengunjungi bukit Panembongan Kuningan. Foto: GMap/Menara Bukit Panembongan

Menikmati panorama alam dari ketinggian, Wisata Bukit Panembongan bisa menjadi pilihan. Terletak di Desa Tembong, Garawangi, berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Kuningan.

Dari tempat wisata Bukit Panembongan, wisatawan dapat mengagumi keindahan alam perbukitan dan pegunungan. Di hari yang cerah, hamparan pemukiman penduduk terlihat dari kejauhan dengan latar belakang langit biru. Sementara saat kabut mulai turun, nuansa putih menyelimutinya seperti negeri di atas awan.

Wilayah ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan pos pengamatan yang menarik dan jalan fotografi. Selain itu, area tersebut dilengkapi dengan gazebo daerah perkemahan. Ingatlah bahwa dataran tinggi ini adalah tempat yang tepat untuk mencoba berbagai wahana adrenalin pilihan.

Baca : TELAGA BIRU Cicerem Kuningan : Tiket Masuk, Pesona dan Wahana

3. Danau Talaga Sejuk Diserahkan Di Tengah Hutan Pinus Kuningan

Obyek wisata Danau Remis Kuningan.Obyek wisata Danau Remis Kuningan. Foto: GMap/Telaga Remis Pasawahan Kuningan

Seakan tak pernah kekurangan pesona, kawasan di kaki Gunung Ciremai ini menyuguhkan beragam tempat wisata alam. Salah satunya adalah objek wisata danau alami Remis Talaga. Selama lebih dari 28 tahun, keindahan sektor Lac Remis tetap terjaga.

Nama Remis disematkan karena danau itu menjadi habitat potensial moluska. Daerah ini merupakan lahan hijau subur dengan beberapa titik danau.

Talaga Remis merupakan telaga utama di tengah rimbunnya pepohonan pinus sebagai vegetasi utama. Selain Telaga Remis, ada delapan danau lainnya yakni Talaga Buruy, Talaga Deleg dan Talaga Nilem. Ditambah dengan Talaga Tespong, Talaga Leat, Talaga Leutik, Situ Ayu Salintang dan Sumur Jalatunda. Berbagai perlengkapan melengkapi area tersebut seperti wahana petualangan air, gazebo, spot foto, ruang pertemuan, hingga cottage.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Sangkan Resort Water Park

5. Pondok Pinus Palutungan Kuningan

Pondok Pinus Palutungan tetap berada di tengah hutan pinus kuninganPondok Pinus Palutungan Kuningan. Foto: GMap/Muhamad Rega

Terletak di pinggir jalan Pejambon-Sagara Hiang kecamatan Cigugur, kabin pinus menawarkan magnet wisata. Mewujudkan konsep wisata kuliner di tengah pemandangan alam yang indah dari atas bukit. Ditambah lagi dengan kawasan hutan yang hijau. Apalagi lokasinya dekat dengan Ngarai Landung, Air Terjun Landung dan Air Terjun Putri Palutungan.

Tampil dengan desain ala benteng Eropa, Pondok Pinus menawarkan pilihan menu yang beragam. Anda bisa mencoba berbagai makanan khas tradisional seperti ikan mujaer bakar, asam garang dan karedok.

Kemudian untuk mempercantik kawasan, berbagai photo walk kekinian juga ditawarkan. Bahkan ada yang bilang foto jalan-jalan di sini termasuk yang terbaik. Beberapa wahana foto antara lain rumah hobbit, sangkar burung, rumah balon, rumah warna-warni dan masih banyak lagi.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana MOUNTAIN RECREATION PARK Kuningan

6. Monyet Leuweung Cibeureum

Kunjungi Leuweung Monyet Cibeureum Kuningan.Kunjungi Leuweung Monyet Cibeureum Kuningan. Foto: GMap/barry miring

Seperti namanya, di objek Kunjungan ke Leuweung Kera Cibeureum wisatawan dapat melihat monyet liar. Sedangkan lokasinya sendiri berada di kawasan hutan yang masih menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Ciremai. Meski berada di taman nasional, aksesnya cukup mudah. Karena letaknya di pinggir jalan raya yang dapat diakses oleh berbagai jenis kendaraan.

Di sekeliling kawasan wisata ini terdapat deretan pohon pinus berusia puluhan tahun. Dengan suasana yang masih alami ditambah dengan keindahan pemandangan menjadi daya tarik utama tempat ini. Sementara bagi yang ingin berkemah, ada Cibeureum Family Camp.

Di kawasan wisata seluas 7 hektar ini, jangan lewatkan melihat berbagai spesies monyet. Mulai dari yang kecil hingga yang besar dan memiliki ekor yang panjang. Jenis mamalia ini cukup jinak bagi wisatawan untuk mendekat dan berinteraksi atau memberi makan.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas CIBULAN TOUR

6. Wisata TNGC Lebak Singkup

Lebak TNGC Tower Kuningan.Lebak TNGC Tower Kuningan. Foto: GMap/Akhmad Hidayat

Berlokasi di Jalan Cirea-Pasawahan, Singkup, Wisata Lebak Singkup resmi berdiri sejak tahun 2014. Kawasan ini menyuguhkan udara yang segar dan asri dengan pepohonan pinus yang rimbun dan menjulang tinggi. Dengan luas minimal 150 hektar, pengelola berafiliasi dengan Taman Nasional Mont Ciremai (TNGC).

Lebak Singkup juga terkenal dengan wisata Durian, karena adanya maskot buah durian di pintu masuk. Saat musim panen tiba, durian Lebak Singkup yang terkenal menjadi salah satu daya tarik tempat wisata ini. Selain itu lokasinya dekat dengan Curug Cisamaya dan memiliki tempat perkemahan permukaan.

Baca : KUNINGAN BOTANICAL GARDEN Tiket Masuk dan Tempat Wisata

7. Obyek wisata Cipaniis

Wisata Kuningan Cipaniis.Wisata Kuningan Cipaniis. Foto: GMap/Ibrahim Art

Obyek Wisata Cipaniis menghadirkan kesegaran mata air alami di kaki Gunung Ciremai. Lokasinya berada di Jalan Cirea-Pasawahan, Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

Kawasan ini tidak pernah sepi pengunjung karena kesegaran air alami dari Wisata Paniis konon berkhasiat bagi kesehatan. Konon, air juga ampuh untuk ilmu kebatinan, bisnis, jodoh, obat awet muda abadi. Mitos yang beredar inipun membuat masyarakat menyendiri dan berendam semalaman di hulu sungai.

Selain itu, gemericik sungai di dekat kawasan tersebut merupakan luapan langsung dari mata air alami. Suasana alam yang mengelilinginya sejuk dengan vegetasi pinus membuat kesejukan semakin terasa.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button