Curug Cikaracak, nikmati keindahan air terjun yang memanjakan mata anda di Bogor - WisataHits
wisatahits

Curug Cikaracak, nikmati keindahan air terjun yang memanjakan mata anda di Bogor

Curug Cikaracak, nikmati keindahan air terjun yang memanjakan mata anda di Bogor

Curug Cikaracak memiliki pesona keindahan alam yang memukau. Berada di Kota Bogor, banyak orang menyebutnya sebagai surga tersembunyi.

Harga tiket: Rp 8.500 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Cinagara, Kec. Caregin, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Kota Bogor dikenal sebagai surganya wisata alam yang menjadi favorit masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Panorama wisata alam yang menyejukkan hati berpadu dengan suasana asri tentunya membuat hati dan pikiran semakin tentram. Tak heran, Bogor masih menjadi andalan wisata alam terbaik. Salah satunya adalah Curug Cikaracak.

Sebagai kota hujan, Bogor sebenarnya menawarkan segudang wisata air terjun atau curug dengan pemandangan yang begitu memanjakan mata. Jika bingung menentukan destinasi wisata, air terjun yang terletak di kaki Gunung Gede Pangrango ini bisa menjadi salah satu destinasi terbaik untuk dikunjungi.

Karena air terjun ini terletak di kaki gunung, tidak diragukan lagi jika pemandangan di sekitarnya menawarkan pemandangan yang indah dan tenang. Untuk mendapatkan semua pesonanya, Anda harus berjalan kaki sejauh 2,5 km. Namun jangan khawatir karena keindahan air terjun tersebut pada akhirnya akan membayar lelahnya perjalanan.

Daya tarik yang ditawarkan oleh air terjun Cikaracak

Daya Tarik Curug Cikaracak BogorFoto: Google Maps/Pesona Eagle

Sedikit orang yang tahu bahwa keindahan air terjun Cikaracak memang sangat mempesona. Bahkan, tempat indah ini bahkan dijuluki sebagai surga tersembunyi di kaki Gunung Gede. Dengan keindahan yang mempesona tersebut, tidak rugi untuk menempuh jalur trekking sepanjang 2,5 km.

✦ Sensasi trekking di hamparan sawah

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun setinggi 40 meter ini, dibutuhkan usaha lebih untuk trekking ke kaki Gunung Gede. Untuk itu, perhatikan kondisi fisik dan perlengkapan yang memadai sebelum memutuskan berangkat.

Namun, upaya ekstra dijamin tidak akan membuat kerugian. Sepanjang trekking menuju Curug Cikaracak yang menempuh jarak sekitar 2,5 km, pemandangan hamparan sawah penduduk setempat sungguh menakjubkan. Panorama keindahan persawahan yang diapit dua bukit dengan aliran sungai yang mengalir membuat Anda serasa berada di negeri dongeng.

✦ Kawasan hutan alam

Sebelum memasuki kawasan air terjun utama, jalan akan memasuki area persawahan menuju hutan. Sepanjang jalan, Anda akan disuguhi pemandangan sawah serta suara gemericik sungai di sekitarnya. Kemudian perjalanan akan dilanjutkan dengan memasuki kawasan hutan.

Di dalam kawasan hutan, perjalanan menuju air terjun Cikaracak mulai lebih sulit karena melewati lahan basah. Untuk itu, disarankan menggunakan sepatu yang nyaman agar tidak terpeleset. Selama satu jam perjalanan, hutan yang dilalui begitu asri, sejuk dan sejuk sehingga angin sepoi-sepoi terasa begitu alami berhembus di sekitar pori-pori.

✦ Keindahan air terjun yang memanjakan mata

Setelah melintasi jalur melewati pematang sawah menuju hutan, kemegahan air terjun akhirnya tampak di pelupuk mata. Suara gemuruh dan gemericik air terjun berpadu dengan kicauan alami alam membuat hati menjadi lebih tenang. Sebaliknya, percikan air yang berhembus ke segala arah membuat udara menjadi lebih dingin.

Dari segala sisi terlihat jelas bahwa air Curug Cikaracak sangat jernih dan jernih. Panorama keindahan air terjun ini berpadu dengan pemandangan perbukitan hijau yang mengelilinginya. Di mata lensa, pemandangan ini begitu indah dan menenangkan. Tak heran jika air terjun cantik ini dijuluki sebagai surga tersembunyi di kaki Gunung Gede.

✦ Lingkungan Instagramable

Dengan setting yang sangat asri dan asri, tidak diragukan lagi Curug Cikaracak cocok dijadikan sebagai spot foto. Di sana, wisatawan bebas berfoto tanpa harus mengambil angle yang bagus. Pasalnya, setiap sudut air terjun tentu memiliki pemandangan yang Instagrammable.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Curug Cikaracak BogorFoto: Google Maps/Udar1der Channel

Curug Cikaracak terletak di kawasan Dusun Cibeling, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, tepatnya di kaki Gunung Gede Pangrango. Untuk menuju kawasan utama, dibutuhkan sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Bogor, Jawa Barat.

Jika Anda dari arah Ciawi, jalan menuju Curug Cikaracak bisa diarahkan ke Sukabumi. Setelah menempuh jarak 15 km, perjalanan akan tiba di kawasan Cisempur. Dari sana Anda sudah bisa melihat papan petunjuk yang mengarah ke air terjun. Ikuti papan perintah hingga akhirnya sampai di Cibeling. Sampai di Cibeling, kendaraan sudah bisa parkir.

Satu lagi sorotan dalam perjalanan menuju air terjun ini dengan pemandangan surgawi. Sebagian besar akses jalan berupa jalan aspal. Dengan demikian, akses lokasi menjadi lebih mudah dan jarak tempuh menjadi lebih cepat.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga tiket masuk ke air terjun Cikaracak cukup murah dan sangat ekonomis. Pengelola hanya memungut biaya parkir kendaraan dan memasuki kawasan wisata. Untuk mobil dikenakan biaya parkir Rp 10.000 sedangkan sepeda motor hanya dikenakan biaya Rp 5.000.

Karena tidak ada jam buka resmi, kawasan air terjun utama dibuka setiap saat dengan biaya masuk sebesar Rp 8.500 per orang. Jika ditotal, hanya membutuhkan biaya kurang dari Rp 20.000 saja untuk bisa menikmati pesona keindahan surga tersembunyi ini.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru Curug Cikaracak BogorFoto: Google Maps/Dédé Jajuliana

Dengan pemandangan yang begitu luar biasa tentunya tidak akan lengkap jika hanya mengunjunginya saja. Untuk itu, berikut beberapa rekomendasi aktivitas menarik yang bisa dilakukan di kawasan utama Curug Cikaracak.

1. Berenang

Aliran air pegunungan yang jernih dan tenang membuat air terjun cantik ini menjadi tempat terbaik untuk berenang. Selain itu, berendam sambil menikmati suara gemercik air yang selaras dengan kicauan daun juga bisa dilakukan. Untuk itu jangan pernah lupa membawa baju ganti saat datang ke Curug Cikaracak.

2. Memancing

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di air terjun yang terletak di Desa Cibeling, Bogor ini tentunya tak jauh dari memancing. Dengan pesona keindahannya, sedikit orang yang mengetahui bahwa sungai ini merupakan rumah bagi berbagai jenis ikan. Beberapa jenis ikan yang bisa dijumpai adalah ikan Channa limbata hingga berbagai jenis lainnya.

3. Piknik dan berkemah

Tepat di sebelah area air terjun, pihak pengelola telah menyediakan area camping. Karena itulah, Curug Cikaracak sangat cocok untuk piknik dan berkemah. Sambil berkemah, wisatawan bisa menikmati segala keindahan surga tersembunyi ini dari pagi hingga malam hari.

Jika Anda tertarik untuk mencoba berkemah, disarankan untuk datang pada pagi hari agar Anda memiliki cukup waktu untuk mendirikan tenda dan mempersiapkan perlengkapan. Saat malam tiba, suara gemericik air terjun akan memecah kesunyian dan kesunyian.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas Air Terjun Cikaracak, BogorFoto: Google Maps/Muhamad Ilyas

Dibandingkan tempat wisata alam lainnya, Curug Cikaracak memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Alasannya, tempat parkirnya cukup luas, musala, gazebo untuk istirahat, dan kamar mandi. Selain itu, sirkuit alam ini juga dilengkapi dengan bumi perkemahan yang bisa dijadikan tempat berkemah.

Sayangnya, warung makan dan minum di sekitar air terjun hanya melayani saat akhir pekan. Untuk itu, disarankan untuk membawa bekal yang cukup saat berangkat untuk meminimalisir resiko kelaparan di area air terjun utama.

Segala aktivitas mulai dari berpetualang, berenang, berfoto hingga berkemah bisa dilakukan dengan nyaman di air terjun yang disebut surga tersembunyi ini. Dengan pesona keindahan yang memanjakan mata ditambah dengan fasilitas yang cukup lengkap, Curug Cikaracak bisa menjadi pilihan terbaik destinasi wisata alam di Kota Bogor.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button