Pembangunan tanggul 2023, masalah Tambak Lorok Rob harus selesai - WisataHits
Jawa Tengah

Pembangunan tanggul 2023, masalah Tambak Lorok Rob harus selesai

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com – Pemkot atau Pemkot Semarang mengatur pembangunan bendungan di kawasan Tambak Lorok untuk mengatasi banjir rob dan gelombang besar yang kerap melanda kawasan ini.

Seperti diberitakan, gelombang pasang besar dan gelombang tinggi mencapai hampir 4 meter menerjang kawasan Tanbak Lorok atau Desa Wisata Bahari Tambak Lorok dalam beberapa hari terakhir.

Dampak gelombang yang menerjang kawasan milik kawasan Desa Tanjung Mas di Kecamatan Semarang Utara itu tidak hanya merusak rumah warga tetapi juga perahu nelayan.

Baca Juga: Rob Banjir dan gelombang tinggi juga melanda Semarang. Kawasan Lorong Pond segera membutuhkan seawall

Rencananya, tanggul laut atau yang sering disebut dengan beach belt (sheet piling) akan dibangun di sepanjang kawasan Tambak-Lorok sepanjang 1,3 km.

“Sabuk pantai ini akan dibangun oleh BBWS Pemali-Juana dengan anggaran hingga Rp300 miliar,” kata Pj Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu.

Pembangunan tanggul atau sabuk pantai akan dimulai Januari 2023 karena sudah ada pemenang tender.

Mbak Ita, sapaan akrab walikota, mengaku pembangunan sabuk pantai ini dilakukan untuk mengatasi masalah perampokan dan ombak besar di kawasan Tambak Lorok dan sekitarnya.

“Setidaknya dengan dibangunnya garis pantai akan mengurangi dampak perampokan di kawasan Tambak Lorok dan sekitarnya,” ujarnya.

Pemkot sendiri berharap pengerjaan sabuk pantai bisa selesai dalam waktu satu tahun.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button