7 Daya Tarik Pantai Watu Lawang dengan Panorama Eksotis - WisataHits
Yogyakarta

7 Daya Tarik Pantai Watu Lawang dengan Panorama Eksotis

7 Daya Tarik Pantai Watu Lawang dengan Panorama Eksotis

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang memiliki sederet pantai menawan. Salah satu pantai yang menawarkan pesona alam yang indah adalah Watu Lawang.

Pantai Watu Lawang menawarkan daya pikat tempat wisata yang eksotik. Tak perlu berlama-lama, inilah hidden gems yang ada di Gunungkidul.

1. Air laut berwarna kehijauan dan dikelilingi bebatuan

7 objek wisata Pantai Watu Lawang yang menampilkan panorama indah nan eksotis Pantai Watu Lawang Gunungkidul (instagram.com/solo.foodie)

Pantai Watu Lawang merupakan salah satu pantai di Gunungkidul yang menawarkan banyak daya tarik bagi pengunjung. Salah satu panorama alamnya yang eksotis, pantai ini memiliki pemandangan indah berupa pasir putih dan halus.

Air lautnya yang memiliki warna biru kehijauan yang menyegarkan mata membuat pengunjung betah berada di pantai ini. Selain itu, pantai ini juga dikelilingi perbukitan, tebing dan bebatuan yang menambah keindahannya.

2. Memiliki garis pantai yang panjang

7 objek wisata Pantai Watu Lawang yang menampilkan panorama indah nan eksotis Pantai Watu Lawang Gunungkidul (instagram.com/albertkend)

Pantai-pantai di Gunungkidul cenderung memiliki garis pantai yang sempit, berbeda dengan pantai yang satu ini yang memiliki garis pantai yang cukup panjang.

Di sebelah barat pantai terdapat tebing-tebing karang yang agak kecil dan membentuk genangan, sedangkan di sebelah timur terdapat tebing-tebing karang yang lebar, berukuran lonjong.

Baca juga: Pantai Watu Lawang Jogja: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

3. Pantai permata tersembunyi di Gunungkidul

7 objek wisata Pantai Watu Lawang yang menampilkan panorama indah nan eksotis Pantai Watu Lawang Gunungkidul (instagram.com/wismajogja)

Pantai Watu Lawang adalah salah satunya harta karun sebuah pantai di Gunungkidul yang dikelilingi perbukitan dan tanaman pandan. Pantai ini cukup tersembunyi sehingga cocok dengan spotnya obat dari hiruk pikuk kota.

Nama Pantai Watu Lawang sebenarnya terdengar asing dan belum banyak diketahui wisatawan. Anda bisa merasakan suasana seperti di pantai pribadi.

4. Pantai ini dikelilingi terumbu karang yang megah

7 objek wisata Pantai Watu Lawang yang menampilkan panorama indah nan eksotis Pantai Watu Lawang Gunungkidul (instagram.com/maratul_hasanah3)

Seperti namanya, Pantai Watu Lawang memiliki banyak bebatuan megah yang mengelilingi kawasan pantai. Terdapat dua buah batu besar yang keberadaannya menyerupai pintu, karena itulah pantai ini dinamakan Watu Lawang yang artinya pintu yang terbuat dari batu. Keindahan perbukitan dan bebatuan yang mengapit kedua sisi pantai ini menjadikannya salah satu daya tarik utamanya.

Di satu sisi, gundukan karang dipenuhi tanaman hijau segar yang bercampur dengan birunya air laut untuk gradasi warna yang menarik. Di sisi lain, pengunjung kini bisa melihat beberapa gubuk kayu yang cukup menarik. Gubuk ini berdiri kokoh di tepi bukit berbatu yang terjal, yang membuat pemandangan semakin menarik.

5. Upacara Keramatan di Gua Watu Lawang

7 objek wisata Pantai Watu Lawang yang menampilkan panorama indah nan eksotik Pantai Watu Lawang Gunungkidul (instagram.com/albertkend)

Di antara perbukitan bebatuan yang mengelilingi Pantai Watu Lawang terdapat sebuah gua bernama Gua Watu Lawang yang sudah ada sejak zaman dahulu. Penamaan pantai ini menurut warga sekitar didasarkan pada pintu masuk goa yang menyerupai pintu.

Goa ini biasa digunakan oleh warga sekitar untuk melakukan upacara Nyadran. Baru pada saat upacara dilakukan pintu goa baru dibuka. Namun, tidak semua orang diperbolehkan masuk.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Pantai Ngrawah Gunungkidul, Eksotis!

6. Menikmati keindahan pantai dari ketinggian

7 objek wisata Pantai Watu Lawang yang menampilkan panorama indah nan eksotis Dok. secara pribadi

Letak Pantai Watu Lawang yang diapit perbukitan membuat tempat wisata ini memiliki tebing karst yang eksotik. Di tebing yang menjorok ke laut ini Anda akan menemukan beberapa lokasi yang bisa dijadikan sebagai Pekerjaan mengambil foto Instagram dan luasnya lautan.

7. Jangan lupa untuk mengikuti peraturan di area ini

7 objek wisata Pantai Watu Lawang yang menampilkan panorama indah nan eksotis Pantai Watu Lawang Gunungkidul (instagram.com/mumtazmahfud)

Pantai Watu Lawang memiliki banyak daya tarik sebagai tujuan wisata di Gunungkidul. Tidak ada salahnya menjadikan pantai ini sebagai salah satu pantai rekomendasi tempat obat itu menyenangkan, bukan?

Selain itu, lebih nyaman jika Anda berwisata ke pantai saat cuaca cerah, sehingga Anda bisa leluasa bermain air dan berfoto-foto. Jangan lupa untuk mengikuti peraturan di sekitar pantai dan menjaga kebersihan untuk menjaga keindahan Pantai Watu Lawang.

Baca Juga: 7 Pantai Dengan Spot Mancing Terbaik di Gunungkidul, Hidden Gems!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button