7 Air Terjun Terindah Di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
Yogyakarta

7 Air Terjun Terindah Di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi

7 Air Terjun Terindah Di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi

TEMPO.CO, jakarta – Pesona alam Indonesia tak perlu diragukan lagi. Banyak daerah di Indonesia yang memiliki keistimewaan alam yang menakjubkan, salah satunya adalah air terjun. Menikmati air terjun bisa jadi cara ampuh melepas penat.

Selain pemandangan yang indah, keindahan alam air terjun juga bisa menenangkan Anda. Maka tidak heran jika air terjun banyak dijadikan sebagai sarana rekreasi atau tempat wisata.

Bagi Anda yang ingin melakukan wisata air terjun saat liburan, berikut daftar rekomendasi air terjun terindah yang menarik dan wajib dikunjungi.

1. Sendang Gile, Lombok

Memang Lombok dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang menawarkan berbagai pemandangan alam yang indah. Di pulau di sebelah barat Nusa Tenggara ini, Anda bisa mengunjungi Air Terjun Sendang Gile. Air terjun cantik ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, NTB. Di sekitar air terjun setinggi 31 meter ini terdapat banyak tumbuhan hijau yang menambah asri suasana.

2. Air Terjun Sibolangit Dua Nada, Sumatera Utara

Seperti namanya, air terjun yang terletak di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara ini memiliki air yang terdiri dari dua warna yaitu biru dan jernih. Perlu usaha ekstra untuk bisa sampai ke lokasi air terjun ini karena berada di hutan yang lebat. Namun, kesulitan itu akan terbayar karena pemandangan yang ditawarkan sangat indah.

Lihat: Air Terjun Tri Sakti menjadi objek wisata utama di Bengkulu

3. Groyogan Sewu, Karanganyar

Air Terjun Grojogan Sewu. Wikipedia

Air terjun cantik di Indonesia selanjutnya terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun ini bernama Grojogan Sewu dan terletak di kawasan hutan Wisata Grojogan Sewu, di lereng Gunung Lawu. Ada banyak air terjun di tempat ini yang bisa dinikmati. Air terjun tertinggi di kawasan ini mencapai ketinggian 80 meter. Namun ada juga air terjun berupa pancuran yang bercabang-cabang.

4. Air Terjun Nglirip, Tuban

Air Terjun Nglirip terletak di Tuban, Jawa Timur, atau lebih tepatnya di Desa Jojogan, Desa Mulyoagung, Singgahan. Di sini Anda akan disuguhi pemandangan air terjun yang tingginya 30 meter dan lebar 28 meter. Selain itu, airnya terasa sangat segar dan jernih karena berasal dari berbagai sumber air di kawasan Hutan Krawak. Di belakang air terjun terdapat sebuah goa yang konon sering digunakan sebagai tempat meditasi.

5. Air Terjun Coban Pelangi, Malang

Keindahan air terjun Coban Pelangi tidak bisa diragukan lagi. Seperti namanya, air terjun ini dapat menampilkan air yang terlihat berwarna-warni seperti pelangi. Jika ingin melihatnya, waktu terbaik untuk datang adalah antara pukul 10.00 hingga 14.00, karena pada saat itulah matahari memantulkan cahaya di sekitar air terjun sehingga menimbulkan pantulan pelangi di dalam air. Air terjun setinggi sekitar 110 meter ini berada di kawasan Taman Nasional Bromo, lebih tepatnya di Desa Gubugklakah, Poncokusumo, Malang.

6. Madakaripura, Probolinggo

Pengunjung melewati patung Gajah Mada di kawasan air terjun Madakaripura di Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (9/5). Air terjun ini konon merupakan tempat bersemedi patih Majapahit. TEMPO/Aris Novia Hidayat

Air terjun terindah di Indonesia lainnya terletak di daerah Probolinggo Jawa Timur. Air terjun ini bernama Air Terjun Madakaripura. Air terjun dengan ketinggian tebing 200 meter ini memiliki air yang sejuk dan dingin. Selain itu, Air Terjun Madakaripura memiliki pesona magis yang begitu kuat. Pesonanya membuat semua orang penasaran untuk mengunjunginya. Di sini terdapat goa yang diyakini sebagai tempat Mahapatih Gajah Mada bersemedi.

7. Air Terjun Sri Gethuk, Gunungkidul

Di Air Terjun Sri Gethuk, Anda bisa menikmati air terjun yang berasal dari tiga sumber yaitu Kedung Poh, Ngandong dan Ngumbul. Anda bisa berenang atau bermain air karena airnya sangat segar. Konon pada saat tertentu terdengar suara gamelan dari arah air terjun milik Jin Anggo Meduro. Air terjun setinggi 25 meter ini terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul.

RIZKI DEWI AYU

Baca: Rekomendasi Wisata Air Terjun, Salah Satunya Dekat Gajah Mada

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button