Masjid Agung Purwakarta dibangun pada tahun 1826 menjadi saksi sejarah penyebaran agama Islam - WisataHits
Jawa Barat

Masjid Agung Purwakarta dibangun pada tahun 1826 menjadi saksi sejarah penyebaran agama Islam

Masjid Agung Purwakarta dibangun pada tahun 1826 menjadi saksi sejarah penyebaran agama Islam

INSIDEN24.COM – Purwakarta sebagai salah satu kabupaten di Jawa Barat memiliki berbagai tempat wisata budaya, ada juga Masjid Raya Purwakarta yang dibangun pada tahun 1826 dan menjadi ikon kota berjuluk “Kota Pensiun”. Di lingkungan ini Anda akan merasakan suasana damai dan tenang.

Masjid Raya Purwakarta atau dulu disebut Masjid Raya Baing Yusuf terletak di Jalan Kampung Kaum, Desa Cipaisan, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, dimana masjid ini merupakan salah satu saksi sejarah penyebaran agama Islam khususnya di Purwakarta dan sekarang siap menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H.

Baca juga: Lea Cafe Tasikmalaya, Tempat Ngopi dan Meeting Cozy yang Hadirkan Konsep Unik Ala Santorini Yunani

Sejarah Masjid Agung Purwakarta dibangun oleh Raden Haji Muhammad Yusuf atau lebih dikenal dengan nama Syekh Baing Yusuf sekitar tahun 1826 untuk menyebarkan agama Islam di daerah tersebut.

Masjid Raya Purwakarta telah mengalami berbagai renovasi namun tidak menghilangkan nilai sejarah dari masjid itu sendiri, kini masjid tersebut berdiri kokoh di tempat yang strategis di pusat Kota Purwakarta.

Di sekitar halaman masjid terdapat berbagai taman yang dihiasi dengan berbagai pohon dan rerumputan yang terawat, serta terdapat jalan kecil menuju masjid agar pengunjung tidak menginjak rumput tersebut.

Baca Juga: Dago Dream Park, Tempat Wisata dan Wahana Seru Bak Dongeng di Bandung

Selain itu, terdapat dua menara kembar di kiri dan kanan serta kubah besar di tengah bangunan masjid, serta tempat parkir yang cukup luas sehingga pengunjung dapat memarkir kendaraan dengan leluasa.

Tentunya dengan semakin dekatnya bulan suci Ramadhan 1444 H, Masjid Raya Purwakarta akan semakin ramai dengan berbagai kegiatan keagamaan seperti acara buka puasa bersama, sholat tarawih dan lain-lain yang akan menambah sentuhan tersendiri dalam beribadah.***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button