Pemkab Sleman dan SMAN 1 Cangkringan Tuan Rumah Milenial Kreatif - WisataHits
Yogyakarta

Pemkab Sleman dan SMAN 1 Cangkringan Tuan Rumah Milenial Kreatif

Pemkab Sleman dan SMAN 1 Cangkringan Tuan Rumah Milenial Kreatif

Sleman, IDN Times – Untuk mendorong kreativitas generasi milenial, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman melalui Rumah Kreatif (RKS) Sleman bekerja sama dengan SMA Negeri 1 Cangkringan menggelar Creative Millennialpreneurs Festival 2023 (CMFest 3.0 – ‘SemangArt!’): SMANCA & RKS.

Acara ini akan berlangsung selama 4 hari mulai Kamis (2/2/2023) hingga Minggu (2/5/2023), pukul 10.00 WIB – 22.00 WIB di Atrium Rama, Lantai Dasar, Sleman City Hall (SCH).

Tina Hastani, Sekretaris Disperindag Sleman, mengatakan tahun ini Creative Millennialpreneurs Festival 2023 (CMFest 3.0 – “SemangArt!”): SMANCA & RKS akan diselenggarakan untuk ketiga kalinya oleh Rumah Kreatif Sleman. Creative Millennialpreneur Festival 3.0 diselenggarakan bersamaan untuk memperingati HUT ke-25 SMAN 1 Cangkringan dengan tema “SemangArt!”.

“Slogan ‘SemangArt!’ diambil untuk berpesan kepada para pelaku IKM (industri kecil menengah) dan generasi muda untuk terus semangat berkarya dengan mengembangkan produk-produk yang bernilai seni dan budaya,” ujar Tina saat jumpa pers di Aula Parasamya Pemerintah Kabupaten Sleman, Senin (30/01/2023).

1. Mendukung pemulihan ekonomi

Pemkab Sleman dan SMAN 1 Cangkringan menggelar Festival Milenial Kreatif Ilustrasi Milenial (IDN Times/Nathan Manaloe)

Tina menjelaskan: Creative Millennialpreneurs Festival 2023 (CMFest3.0 – ‘SemangArt!’): SMANCA & RKS bertujuan untuk memfasilitasi akses pasar langsung bagi IKM di Kabupaten Sleman dalam rangka pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

“Tumbuhnya kewirausahaan di kalangan generasi muda, khususnya di kalangan pelajar SMA se-Kabupaten Sleman. Selain itu, tahun ini wawasan siswa SMAN 1 Cangkringan tentang kewirausahaan berbasis teknologi informasi dan digitalisasi akan diperluas,” ujar Tina.

2. Siap memajang berbagai produk kreatif

Pemkab Sleman dan SMAN 1 Cangkringan menggelar Festival Milenial Kreatif Ilustrasi UMKM. (IDN Times/Aditya Pratama)

Direktur SMAN 1 Cangkringan M. Warsun Latif mengatakan SMAN 1 Cangkringan telah memberdayakan siswanya untuk menjadi wirausahawan mandiri sejak dini. Sekolah mendorong siswa untuk membuat produk berkualitas yang dapat dipasarkan. “Banyak produk yang dibuat. Semoga pengunjung pameran bisa menikmatinya,” ujarnya.

Humas Balai Kota Sleman Uray Dewi Utami mengatakan, Balai Kota Sleman mendukung terselenggaranya pameran ini. Dengan meningkatnya jumlah pengunjung mal, diharapkan pengunjung pameran juga meningkat. “Lalu lintas padat pada akhir pekan dengan lebih dari 20.000 pengunjung, 10.000 hingga 15.000 pada hari kerja. Kami sangat mendukung berbagai acara dan kegiatan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: 5 Toko Ikan di Sleman Cocok untuk Makan Malam Keluarga

Baca juga: Agenda Wisata Sleman 2023, Ada 60 Event!

3. Berbagai Perayaan di Creative Millennialpreneurs Festival 2023

Pemkab Sleman dan SMAN 1 Cangkringan menggelar Festival Milenial Kreatif Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman Tina Hastani. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Creative Millennialpreneurs Festival 2023 (CMFest 3.0 – “SemangArt!”): SMANCA & RKS diikuti oleh 24 kelompok wirausaha mahasiswa SMANCA dan 40 anggota IKM dari RKS.

Selain pameran dan lomba, talkshow bertema “Membangun Pola Pikir Bisnis yang Sukses di Era Digital” dibawakan oleh Rifki Ali Hamidi, pengusaha muda sekaligus pemilik Kertabumi Batik. Berkreasi dengan Perca (Maple Sew: IKM didukung oleh RKS). Talkshow sukses menghasilkan uang dari YouTube (Dangang Giri Sadewa: Content Creator Youtube dengan 315K Subscriber). Kemudian talkshow Youngpreneur: Muda Jadi Kaya (Dr. Imam: Business Coach). “Pertunjukan seni dan pertunjukan sulap. Juga bintang tamu Spectacular Show Woro Widowati,” kata Tina.

Untuk memeriahkan kegiatan pameran, berbagai jenis acara didukung antara lain Lomba Senam (SD), Lomba Tie-Dye Fashion Show (SD), Lomba Melukis (TK, SD), Lomba Menyanyi Tunggal (SMP), Kids Modern Dance Lomba (TK) – SD) dan Seni Busana (SMA N 1 Cangkringan).

Baca Juga: 5 Rekomendasi Restoran Itali dengan Rasa Otentik di Sleman

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button