6 tips liburan hemat di Tulungagung - WisataHits
Jawa Timur

6 tips liburan hemat di Tulungagung

6 tips liburan hemat di Tulungagung

Liburan seru dengan budget pas-pasan.

Salah satu daerah di Jawa Timur yang terkenal dengan segudang destinasi wisata pantainya adalah Kabupaten Tulungagung yang terletak di pesisir Laut Selatan.

Untuk itu tidak heran jika banyak wisatawan yang ingin berkunjung atau berlibur ke kota marmer ini. Selain wisata pantai, Tulungagung juga memiliki banyak wisata menarik lainnya yang dijadikan tujuan liburan.

Tulungagung juga merupakan tempat untuk dikunjungi ketika kantong ketat. Nah, buat kamu yang ingin liburan ke Tulungagung dengan budget pas-pasan, yuk simak beberapa tipsnya di bawah ini!

1. Pilih waktu luang

6 Tips Liburan Murah di Tulungagung, Banyak Tour Gratis!Puncak Jowin Tulungagung (instagram/kacamata_tulungagung)

Tulungagung merupakan daerah yang cukup fleksibel untuk dikunjungi kapanpun Anda punya waktu. Kota kecil di selatan pulau Jawa ini tidak pernah mengalami kemacetan. Bahkan saat liburan, tempat wisata di Tulungagung tetap nyaman dan layak untuk dikunjungi.

Selain itu, tempat wisata di Tulungagung ini memiliki harga tiket yang cukup terjangkau. Beberapa tempat wisata yang paling populer adalah Taman Nangkula, Pantai Gemah, Pantai Kedung Tumpang, Pantai Midodaren, Puncak Jowin, Pantai Sanggar, Gunung Budeg dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Yang Jadi Sorotan Saat Berkunjung ke Tulungagung

2. Kunjungi Wisata Gratis di Tulungagung

6 Tips Liburan Murah di Tulungagung, Banyak Tour Gratis!Taman Alun-Alun Tulungagung (instagram/tulungagung_glasses)

Nah untuk lebih hemat lagi selama di Tulungagung anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata gratis seperti Alun-alun Tulungagung, Taman Hutan Kota, Taman Kali Ngrowo, Pantai Sidem, Taman Bunga Soka, Taman Km 0 Tulungagung dan masih banyak lagi explore lainnya. .

Meski gratis, jangan khawatir dengan fasilitas yang ada di tempat wisata ini. Karena pihak pengelola akan tetap memberikan yang terbaik untuk para pengunjung.

3. Gunakan transportasi pribadi

6 Tips Liburan Murah di Tulungagung, Banyak Tour Gratis!Ilustrasi liburan dengan transportasi pribadi (pixabay/tekhnika)

Kawasan kecil di Ujung Pantai Selatan ini tidak memiliki banyak angkutan umum yang bisa mengantarkan Anda ke tempat-tempat wisata. Jadi akan lebih baik jika anda berkunjung atau berwisata dengan kendaraan pribadi yang anda sewa bersama rombongan.

Selain itu, pergi dengan kendaraan pribadi tentunya membuat Anda lebih hemat dan leluasa untuk mengunjungi tempat-tempat wisata lain atau berjalan-jalan di sekitar pusat Kota Tulungagung.

4. Pilih akomodasi murah di pusat kota

6 Tips Liburan Murah di Tulungagung, Banyak Tour Gratis!Ilustrasi check-in hotel (freepik.com/baarssen)

Berkunjung ke Tulungagung belum lengkap tanpa menikmati suasana malam hari di pusat kota. Jadi pilihlah akomodasi di pusat kota.
Selain itu, tempat wisata di Tulungagung terbentang dari timur, selatan hingga barat. Jadi jika Anda berada di tengah atau di pusat Tulungagung, Anda akan memiliki akses yang lebih baik ke semua tujuan wisata tersebut.

Nah, beberapa pilihan akomodasi di pusat kota Tulungagung ditawarkan mulai dari Rp 100.000, yaitu Sakinah Family Residence, Citra Green House Homestay, Lotus Garden, Kinanti Homestay, Hotel Palapa dan lain sebagainya.

5. Berbelanja di mal tradisional

6 Tips Liburan Murah di Tulungagung, Banyak Tour Gratis!Pasar Upah Tulungagung (instagram/tulungagung_glasses)

Meski terbilang kecil dibandingkan dengan tetangganya yakni Kediri dan Blitar, Tulungagung memiliki pusat perbelanjaan yang tak kalah besar dan lengkap. Jika ingin membeli oleh-oleh, Anda bisa mengunjungi pasar tradisional ini.
Diantara beberapa mall yang sangat lengkap di Tulungagung adalah Pasar Ngemplak yang buka 24 jam dan terkenal dengan pasar sayurnya. Selain itu, ada Pasar Bandung yang terkenal dengan pasar ikannya.

Ada juga Pasar Tenaga Kerja yang terkenal dengan hasil buminya yang murah dan menjadi salah satu tempat belanja favorit para pedagang luar kota seperti Blitar. Saat berbelanja di tempat-tempat tersebut, jangan lupa untuk menawar harga agar lebih hemat.

6. Kuliner nikmat di kios lokal

6 Tips Liburan Murah di Tulungagung, Banyak Tour Gratis!Ngarai Lembu Peteng di malam hari (instagram/kacamata_tulungagung)

Selama berlibur di Tulungagung, Anda juga wajib mencicipi berbagai kuliner yang nikmat. Coba kunjungi warung makan lokal atau warung makan di dekat kampus UIN Sayyid Ali Rahmatullah seperti Warung Mak Tik, Warung Mak Ana, Warung Mak Rip Jamilah dan lain sebagainya.

Sore harinya, Anda bisa berwisata kuliner menyusuri tepian Sungai Ngrowo yang biasa disebut dengan Pinka dan Gor Lembu Peteng. Karena terkenal dengan kota seribu kopi, jangan lupa mampir ke kedai kopi yang bisa ditemukan di setiap sudut Kota Tulungagung, mulai dari Rp 3.000.

Menarik bukan untuk liburan hemat di Tulungagung? Jadi tunggu apa lagi, ayo segera mulai rencanakan tanggal dan tujuan perjalanan Anda!

Baca Juga: 5 Sambal Sego Paling Enak di Tulungagung, Pedasnya Nendang!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button