6 Tempat Wisata Populer di Sidoarjo Ada Pulau Sarinah yang terbentuk dari endapan lumpur - WisataHits
Jawa Timur

6 Tempat Wisata Populer di Sidoarjo Ada Pulau Sarinah yang terbentuk dari endapan lumpur

AKURAT.CO Sidoarjo merupakan kabupaten di Jawa Timur yang menawarkan sejumlah tempat wisata menarik. Kawasan yang pernah mendapat predikat “Kota Lumpur” karena menjadi lokasi bencana lumpur PT Lapindo Brantas ini lokasinya persis di sebelah Surabaya. Tak heran jika kemudian Sidoarjo menjadi tujuan wisata bagi masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di Jawa Timur.

Dihimpun AKURAT.CO dari berbagai sumber, berikut daftar tempat wisata populer di Sidoarjo yang wajib dikunjungi.

1. Pulau Sarinah

6 Tempat Wisata Populer di Sidoarjo yang Wajib Dikunjungi - Foto 1
Instagram.com/bobcemong

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan. Sidoarjo juga memiliki pulau unik yang menyuguhkan pemandangan eksotis. Tempat ini populer tidak hanya karena pemandangannya yang indah tetapi juga karena keunikannya karena terletak di tengah kawah lumpur Lapindo.

Baca juga:

Pasca bencana lumpur 2006, beberapa kawasan yang tergenang lumpur justru dijadikan tempat wisata. Salah satunya adalah Pulau Sarinah. Pulau yang terletak di Desa Tlocor, Kecamatan Jabon, Sidoarjo ini terbentuk akibat sedimentasi Aliran Lumpur Lapindo.

Pulau seluas 80 hektar ini ditanami mangrove dan tanaman lainnya. Keberadaan tumbuhan tersebut kemudian menjadikan pulau ini sangat indah dan menawarkan pemandangan yang eksotik. Untuk mengunjungi tempat ini, pengunjung dapat mengikuti paket Wisata Bahari Tlocor.

2. Museum Mpu Tantular

6 Tempat Wisata Populer di Sidoarjo yang Wajib Dikunjungi - Foto 2
Instagram.com

Bagi pecinta wisata sejarah, tempat wisata populer ini wajib dikunjungi saat berlibur di Sidoarjo. Di museum ini pengunjung dapat melihat berbagai peninggalan sejarah seperti peninggalan kerajaan, geologi, biologi, etnografi, dan ilmu numismatik.

Museum yang sangat populer ini telah beberapa kali direlokasi dan dianggap sebagai salah satu museum tertua di Jawa Timur. Lokasi di Jl. Buduran, kota Sidoarjo. Dari alun-alun kota Sidoarjo, museum ini hanya berjarak sekitar 3,5 km dan dapat ditempuh sekitar 5-10 menit dengan kendaraan bermotor. Bagi yang ingin mengunjungi Museum Mpu Tantular dapat mengunjunginya pada pukul 08:00 – 17:00 WIB.

3. Candi Pari

6 Tempat Wisata Populer di Sidoarjo yang Wajib Dikunjungi - Foto 3
Instagram.com

Selain Museum Mpu Tantular, ada juga wisata candi yang populer di Sidoarjo bernama Candi Pari. Berdasarkan catatan sejarah, Candi Pari merupakan bagian dari pola Candi Khamer di Burma (Myanmar) dan Candi Champa di Thailand.

Dibangun pada masa kerajaan Majapahit pada masa Raja Hayam Wuruk, candi ini memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan candi-candi lain pada masa Majapahit. Sampai saat ini Candi Pari masih aktif digunakan sebagai tempat peribadatan oleh umat Hindu di Sidoarjo.

Candi ini terletak di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, Sidoarjo. Jam operasional Candi Pari adalah pukul 07:00 – 16:00 WIB.

4. Wisata Kampoeng Batik Jetis

6 Tempat Wisata di Sidoarjo yang Wajib Dikunjungi - Foto 4
Instagram.com

Meski tidak dikenal sebagai kota batik, Sidoarjo telah menjadi sentra pengrajin batik sejak tahun 1675. Salah satu tempat produksi batik yang cukup populer di Sidoarjo adalah Kampoeng Batik Jetis. Letaknya di Jalan P Diponegoro Lenahputro. Dari pusat kota, tempat ini membutuhkan waktu sekitar 10 menit dengan kendaraan bermotor.

Di desa ini wisatawan bisa membeli oleh-oleh berupa kain batik Sidoarjo dengan harga yang bervariasi. Selain itu, pengunjung juga bisa belajar membatik secara langsung melalui kontak langsung dengan para pengrajin dengan mengikuti kursus pelatihan membatik. Dengan begitu, tempat ini bukan sekadar tempat belanja tapi juga wisata edukasi yang menyenangkan.

5. Pantai bunga

6 Tempat Wisata Populer di Sidoarjo yang Wajib Dikunjungi - Foto 5
Google Maps/VenomNeo

Banyak orang di luar Sidoarjo yang tidak mengetahui bahwa Sidoarjo juga memiliki pantai. Yang juga menarik adalah Pantai Kepetingan, yang populer di kalangan penduduk setempat. Pantai ini terletak di Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Sidoarjo.

Beberapa obyek wisata yang bisa dijumpai antara lain wisata pantai, hutan mangrove, wisata religi hingga wisata budaya. Jika beruntung, berkunjung ke pantai ini memungkinkan wisatawan untuk menyaksikan secara langsung upacara Nyadran. Upacara ini dilaksanakan sebagai ritual tahunan yang merupakan bentuk rasa syukur atas rejeki yang diperoleh.

Saat berkunjung ke pantai ini, wisatawan juga bisa naik perahu menyusuri pantai dan melihat keindahan hutan bakau di sekelilingnya. Seperti, sangat menarik bukan?

6. Alun-alun Sidoarjo

6 Tempat Wisata Populer di Sidoarjo yang Wajib Dikunjungi - Foto 6
Wikipedia

Kunjungan ke Sidoarjo tentunya tidak akan lengkap tanpa mengunjungi pusat kota atau Alun-alun Sidoarjo. Alun-alun ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti tempat duduk, area jogging dan berbagai fasilitas umum lainnya. Selain itu, untuk wisata alun-alun berpemandu ini, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk dan hanya membayar biaya parkir.

Kunjungan ke tempat wisata populer di Sidoarjo ini semakin lengkap dengan mencicipi berbagai kuliner yang dijajakan oleh para pedagang di Alun-Alun, mulai dari jajanan hingga jajanan kaki lima.

Waktu berkunjung di Alun-alun Sidoarjo juga tidak dibatasi. Namun untuk menikmati keramaian dan jajanan yang lengkap, disarankan untuk datang pada pukul 10.00 WIB pagi dan pukul 16.00 sore hingga sore hari.

Itu tadi beberapa tempat wisata populer yang wajib Anda kunjungi saat berada di Sidoarjo. Jangan lupa konfirmasi lokasi pastinya dengan bantuan Google Maps dan cek tarif beberapa destinasi wisata saat ini agar liburan Anda semakin nyaman.[]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button