Bank Jateng Tour de Borobudur mempromosikan wisata olahraga - WisataHits
Jawa Tengah

Bank Jateng Tour de Borobudur mempromosikan wisata olahraga

Semarang (ANTARA) – Bank Jateng Tour de Borobudur merupakan program road cycling tahunan di Jawa Tengah. Bank Jateng Tour de Borobudur merupakan wisata olahraga tahunan di mana pengendara sepeda mengendarai sepeda di sepanjang rute yang melewati tujuan wisata di Jawa Tengah.

Bank Jateng Tour de Borobudur 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 5-6 November 2022 bertema “Bulihkan Bersama, Pulihkan Lebih Kuat” dan menjadi Bank Jateng Tour de Borobudur terbesar pascapandemi. Tahun ini, Bank Jateng Tour de Borobudur melibatkan anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam mendesain jersey untuk peserta bersepeda. Sebagian dari hasil penjualan suvenir yang dirancang oleh kru disumbangkan kepada mereka.

1.500 peserta mengikuti Bank Jateng Tour de Borobudur tahun ini. Ratusan pesepeda memeriahkan hari pertama event TDB menempuh jarak 138 kilometer. Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, menyemangati para atlet di titik start Stadion Mahanan, Solo.

Ganjar didampingi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyambut para peserta yang tidak hanya datang dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri. Ganjar mengaku senang karena semakin banyak pesepeda yang mengikuti TDB 2022. Apalagi di balapan pertama, yang khusus untuk atlet profesional.

Baca Juga: Bank Jateng Serahkan Unit Mobil Operasional ke RS Kardinah Tegal

Mereka mengambil rute Stadion Manahan melalui Boyolali, lalu Selo, Salatiga; dan selesai di Museum de Tjolomadoe. Jalur Selo dipilih untuk mendapatkan “Raja Gunung” karena sangat diminati para atlet dengan pemandangan yang indah.

“Kalau saya lihat atlet hari ini, saya bangga sekali dengan King of Mountain yang dipertandingkan oleh teman-teman saya. Atlet profesional, elit hebat, dengan nilai 31 kalau tidak salah. Dagu sudah bisa di palang. dibentengi,” kata Ganjar.

Hari kedua Bank Jateng Tour de Borobudur untuk penghobi hingga 104 kilometer dengan rute Solo-Klaten-Sleman-Candi Borobudur. Dalam sesi ini, Ganjar ikut bersepeda. Di jalur ini, pengendara sepeda disuguhi jalan lurus dan suasana pedesaan yang asri. Para peserta Bank Jateng Tour de Borobudur 2022 merasa puas dengan hal ini.

Baca juga: Rhapsody Nusantara, Konser Bersama Pemkot Surakarta dan Bank Jateng

Salah satu peserta Tour de Borobudur Bank Jateng 2022, Andreas Eko, mengaku sebelum dimulainya Minggu pagi, dirinya telah mengikuti Tour de Borobudur untuk kedua kalinya.

“Saya empat orang dari Pontianak. Treknya oke, pemandangannya indah, tapi kemarin treknya sangat sulit, tapi saya puas, Tour de Borobudur keren,” katanya.

Selain mendukung bersepeda, Bank Jateng Tour de Borobudur 2022 juga mendorong pemulihan pariwisata pascapandemi di kawasan Joglosemar. TDB telah berhasil memutar roda perekonomian. Di setiap pemberhentian, pemerintah kota dan desa liburan berkomitmen untuk menyambut pengendara sepeda.

Keberhasilan penyelenggaraan Bank Jateng Tour de Borobudur 2022 tidak lepas dari partisipasi Bank Jateng sebagai sponsor utama dan kerjasama yang baik antara panitia, pemerintah daerah, kepolisian, sponsorship dan masyarakat Jawa Tengah.

Baca Juga: Bank Jateng Serahkan Dana Sosial Rp 396 Juta untuk Bantuan Ambulans ke RS RAA Tjokronegoro

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button