6 rekomendasi makanan yang wajib dicoba di Solo - WisataHits
Jawa Tengah

6 rekomendasi makanan yang wajib dicoba di Solo

Rekomendasi makanan yang wajib dicoba di Solo/alun-alun selatan solo, foto: google street view Kota Solo terkenal dengan wisata budaya dan sejarahnya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati makanan lezat di sana. Kali ini kami akan memberikan rekomendasi makanan yang wajib dicoba di Solo.

Dikutip dari situs surakarta.go.id, kota ini merupakan salah satu kota besar di Jawa Tengah yang mendukung kota-kota besar lainnya. Sayangnya, Anda harus melakukannya tanpa variasi kuliner jika berlibur ke sana.

6 rekomendasi makanan yang wajib dicoba di Solo

Makanan khas kota Solo memang beragam. Biar nggak bingung mau makan apa, berikut 6 rekomendasi makanan di Solo yang wajib dicoba, di antaranya:

1. Alun-alun Soto Gading Selatan, Keraton Solo

Soto Gading terletak di Jalan Jenderal Sudiarto Pasar Kliwon No. 75 atau hanya di sekitar alun-alun Keraton Solo. Dari sekian banyak penjual soto di kota ini, Soto Gading di Alun-alun Selatan adalah stand yang paling banyak pembelinya.

Hidangan ini sangat cocok untuk menu sarapan Anda. Menurut kabar, warung ini biasa didatangi para pejabat, bahkan Pak Joko Widodo juga mampir dan makan soto di tempat ini.

2. Pecel solo di Warung Ndeso

Warung Ndeso terletak di Jalan Dr. Soepomo No.55 Mangkubumen. Anda juga bisa menikmati makanan tradisional lainnya. Namun, menu yang paling banyak dipesan adalah pecel, garang asem, dan nasi liwet.

Hidangan ini sangat cocok untuk menu makan siang Anda. Rasa pedas-manisnya bikin ketagihan. Stand ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 10 malam Sorabi Notosuman, Foto: Google Street View

Berkunjung ke Solo belum lengkap rasanya tanpa mencoba Sorabi Notosuman. Makanan khas kota Solo ini terbuat dari beberapa bahan yaitu tepung beras, pandan, santan, vanili, gula pasir dan garam.

Salah satu kedai Sorabi Notosuman yang paling populer di Solo adalah Bu Lidia di Jalan Moh Yamin No 28. Ada dua jenis Sorabi, reguler dan cokelat. Menariknya, Anda juga bisa menyaksikan pembuatan Sorabi.

4. Es Dawet Telasih Bu Dermi Pasar Gede

Setelah selesai jalan-jalan keliling kota Solo yang panas, cicipi Es Dawet Telasih Bu Dermi di Pasar Gede Hardjonagoro Jalan Jendral Urip Sumoharjo Sudiroprajan, Kabupaten Jebres. Es krim ini selalu dipadati pembeli.

Hanya dengan 5.000 rupiah, Anda sudah bisa menikmati semangkuk es krim dengan ketan hitam, ketan pita, bubur sumsum, cendol dan biji selasih. Dijamin segar dan enak.

5. Tahu Kupat Sari Pak Brewok

Jika sedang menunggu makan malam, tak ada salahnya makan tahu kupat terlebih dahulu. Salah satu warung tahu yang paling terkenal di Solo adalah Kupat Sari Pak Brewok Jalan RM Said.

Satu porsi tahu kupat berisi tahu goreng, ketupat, mie kuning, dan tauge, di atasnya diberi air bawang dan kecap. Tak lupa irisan seledri dan bawang goreng yang membuatnya semakin nikmat.

Sate Bommel adalah daging kambing cincang yang dibundel atau dibungkus dengan lemak kambing. Makanan umumnya dibakar seperti sate.

Sate Buntel Bu Galak mungkin menjadi santapan malam favorit Anda di Solo. Toko ini berlokasi di Jalan Mangun Sarkoro No. 122, Desa Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

Ini dia 6 rekomendasi makanan yang wajib dicoba di Solo. Makanannya cocok sebagai menu sarapan hingga makan malam disana. Selamat berburu kuliner! (November)

Source: kumparan.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button