Kapolda DIY Irjen Suwondo menanam pohon peneduh dan stok 5.000 ikan di Waduk Sermo - WisataHits
Yogyakarta

Kapolda DIY Irjen Suwondo menanam pohon peneduh dan stok 5.000 ikan di Waduk Sermo

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO – Waduk Sermo yang terletak di Kabupaten Kulon Progo sebagai tempat wisata juga menjadi tempat mencari nafkah dari memancing bagi sebagian masyarakat.

Satuan Brimob, Polairud, Direktorat Samapta Polda DIY dan Polres Kulon Progo melakukan peningkatan kapasitas SAR.

Meninjau pelatihan penanggulangan bencana bagi jajaran Polda DIY, Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan berkesempatan menanam pohon pelindung di Waduk Sermo, Kulon Progo pada Sabtu (26/11/2022).

Selain itu, Kapolda didampingi beberapa pejabat penting Polda DIY juga melakukan penaburan benih ikan nila sebanyak lima ribu ekor di Waduk Sermo yang merupakan tempat wisata sekaligus badan air masyarakat tempat tumbuhnya berbagai jenis ikan.

Dalam keterangannya, Direktur Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto, Kombes Yuliyanto mengatakan, kegiatan penebaran benih ikan ini merupakan bentuk dukungan terhadap ketersediaan dan kelestarian sumber daya ikan di perairan umum.

Waduk Sermo tidak hanya menjadi tempat wisata, tetapi juga tempat sebagian nelayan di Kecamatan Kokap mencari nafkah.

Mereka menangkap ikan di waduk ini dan menjualnya ke pengumpul untuk memberi makan keluarga mereka.

“Kami berharap ikan yang disimpan hari ini tidak langsung ditangkap karena tidak layak konsumsi. Kami berharap ikan yang disimpan dapat dipanen secara ramah lingkungan dalam beberapa bulan ke depan,” harap Kabid Humas.

Yuliyanto menambahkan, penebaran benih ikan sangat perlu dilakukan mengingat ketersediaan sumber daya ikan di perairan umum akan semakin berkurang setiap tahunnya.

“Saya berharap masyarakat sekitar juga ikut terlibat dalam melestarikan sumber daya ikan di Waduk Sermo. Keterlibatan kelompok masyarakat pengawas juga sangat dibutuhkan untuk menjaga sumber daya ikan di waduk ini,” pungkasnya.

Fungsi pencarian dan penyelamatan

Irjen Suwondo Nainggolan, Irjen Polda DIY, memperkuat jajarannya untuk lebih menguasai penanggulangan bencana.

Pasalnya, wilayah do-it-yourself berpotensi rawan bencana alam.

“Mengingat potensi bencana alam di lapangan DIY, maka seluruh jajaran Polda DIY harus berada di garda terdepan sebagai pengayom, pengayom, dan pelayan, menghadirkan rasa aman bagi masyarakat, khususnya mengingat adanya bencana alam,” ujar Polda DIY. Irjen Suwondo Nainggolan pada Pembukaan Pelatihan Kemampuan Pengendalian Kerusakan Polda Tanggap Bencana di Waduk Sermo, Kulon Progo, Sabtu (26/11/2022).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button