Pembangunan Sirkuit Balap Blackstone Bengkong Golden City di Batam dimulai - WisataHits
Jawa Timur

Pembangunan Sirkuit Balap Blackstone Bengkong Golden City di Batam dimulai

WAKTU INDONESIA, BATAM – Ketua MPR RI dan Ketua Ikatan Pengendara Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau yang juga Ketua dari IMI Kepri Rizki Faisal melakukan peletakan batu pertama pembangunan Sirkuit Balap Blackstone Bengkong Golden City di Batam. Pembangunan sirkuit untuk street racing, drag race dan drag bike berlangsung di atas lahan seluas 5 hektare dan diharapkan selesai tahun depan.

“Sirkuit Balap Blackstone Bengkong Golden City menggunakan konsep one stop entertainment. Selain sirkuit, akan dibangun kafe, restoran, toko merchandise, dan fasilitas pendukung lainnya di area sekitar, yang tidak hanya dapat digunakan untuk balap, lokasi sirkuit juga dapat digunakan untuk komunitas otomotif Kongkow atau Kopdar di Batam. kata Bamsoet usai melakukan ground breaking pembangunan Sirkuit Balap Blackstone Bengkong Golden City di Batam, Minggu (20/11/22).

Turut hadir perintis pemilik lahan Abie dan IMI Kepala Provinsi Kepri Rizki Faisal. Sementara jajaran pimpinan pusat IMI hadir antara lain Dewan Penasehat Robert Kardinal, Tinton Soeprapto dan Andi Rahmat, Wakil Ketua Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis, Hubungan Antar Lembaga Adrys Ronaldi dan Komunikasi dan Media Dwi Nugroho.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI Bidang Hukum, HAM, dan Keamanan itu menyatakan, pembangunan Sirkuit Balap Blackstone Bengkong Golden City dilakukan tanpa menggunakan dana pemerintah, baik APBD maupun APBD. APBN. Pembangunannya dibiayai oleh Abie, pemilik Bengkong Golden City, bekerja sama dengan IMI Kepulauan Riau. Tujuan dibangunnya sirkuit adalah untuk memperluas sarana penunjang olahraga otomotif di Kepulauan Riau dan menjadi salah satu objek wisata otomotif di Kota Batam.

“IMI juga akan membangun Bintan International Green Circuit di kawasan pariwisata Bintan Resort, Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau. Sirkuit Hijau Internasional Bintan akan menjadi sirkuit ramah lingkungan dan akan digunakan sebagai ajang bergengsi balap Formula 1 dan balap internasional lainnya,” kata Bamsoet.

Wakil Ketua Pemuda Pancasila dan Kepala Bagian Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kamar Dagang dan Industri Indonesia itu menambahkan, sekitar 237 hektar lahan akan digunakan untuk pembangunan Bintan International Green Circuit. Biaya pembangunan lebih dari Rp 1 triliun yang berasal dari konsorsium swasta dan tanpa menggunakan APBN/APBD.

“Kehadiran Bintan International Green Circuit akan menempatkan Indonesia sejajar dengan negara-negara besar dunia lainnya dalam menjadi tuan rumah kejuaraan dunia motorsport bergengsi. Selain itu, Formula 1 tercatat telah digelar di 21 negara di 5 benua,” pungkas Bamsoet.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram Update TI. Caranya, klik link ini dan bergabunglah bersama kami. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button